1. Program kerja Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama bidang kesehatan mengalami kendala. Sebanyak 16 rumah sakit swasta menghentikan kerja sama dalam program Kartu Jakarta Sehat (KJS).  2 diantaranya telah resmi mundur, sementara 14 lainnya baru sekedar menyampaikan keinginannya untuk mengundurkan diri. Program kesehatan untuk warga miskin ini sebelumnya sudah diprediksi oleh Ahok akan mengalami kendala, oleh sebab itu Pemprov DKI akan segera mengkaji ulang program yang diperuntukan bagi warga miskin itu.
  2. Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei, warga Solo menggelar aksi membubuhkan tanda tangan di atas spanduk putih berukuran 3×6 meter. Tanda tangan tersebut menjadi bukti penolakan dan melawan korupsi yang banyak terjadi di Indonesia. Selain tanda tangan, warga juga menuliskan pesan yang isinya ajakan untuk memberantas korupsi. Aksi ini sekaligus untuk mengingatkan kepada para penegak hukum agar segera memberantas korupsi yang kian merajalela.
  3. Jakarta akan segera memiliki bus tingkat. Rencananya Pemprov DKI Jakarta akan membeli lima unit bus tingkat pada Oktober 2013 mendatang. Nantinya bus tersebut akan digunakan khusus untuk di tempat-tempat wisata agar mampu mendongkrak daya tarik wisata di Jakarta. Rencananya bus tingkat akan dihadirkan di Kota Tua, Ancol, Taman Mini dan beberapa tempat wisata lainnya.
  4. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali menyatakan komitmennya untuk bersama-sama dengan pemerintah memerangi rokok. Kampanye anti rokok yang diadakan di Bundaran HI Jakarta (19/5) mengkampanyekan bahaya rokok tidak hanya melalui pamphlet, brosur dan pembagian pin kesehatan, tapi juga melalui kegiatan pemeriksaan pasien di layanan kesehatan. Ada tiga pesan penting yang disampaikan ke masyarakat dalam program berbagi kasih di hari bakti ke 105 tahun itu, yaitu hindari tokok, mulailah hidup sehat dan batasi asupan garam mulai dari sekarang.
  5. Sebanyak 1.100 pekerja seks komersial (PSK) dari sejumlah lokalisasi prostitusi di Surabaya, Banyuwangi, Malang akan segera direhabilitasi. Hal ini disampaikan Direktur Rehabilitasi Tuna Sosial Sonny W Manalu, dimana program tersebut dilakukan sesuai arahan kebijakan Menteri Sosial Salim Asegaf Al Jufri yaitu pemulangan dan pemberi biaya jaminan hidup bagi para PSK yang lokasi prostitusinya disteril. Kementerian Sosial bertanggungjawab memberikan bantuan dan melakukan bimbingan sosial, misalnya memberikan pelatihan keterampilan diantaranya tata rias, kecantikan, salon dan menjahit.  Selain itu Kemensos juga akan memberikan bantuan usaha produktif atau UEP, biaya jaminan hidup dan biaya pemulangan.
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) di Yogyakarta pada Oktober 2013 mendatang. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan mengatakan KKI merupakan forum strategis yang sangat penting dalam upaya membangun dialog, komunikasi dan saling tukar pikiran serta pengalaman tentang berbagai persoalan kebudayaan yang dihadapi bangsa. Sejumlah pembicara utama KKI yang akan digelar pada 8-11 Oktober mendatang menghadirkan Sri Sultan Hamengku Buwono x, Ignas Kleden, Asymardi Azra, Yudi Latif, Mendikbud M. Nuh dan sejumlah kementerian dan UNESCO yang diwakili Syarief Oebaidillah.
  7. Jumlah korban tewas dalam reruntuhan tambang bawah tanah Big Gossan milik PT Freeport Indonesia di Papua bertambah lagi menjadi 11 orang. Tim evakuasi insiden tersebut kembali menemukan 3 korban tewas di tambang tersebut. Dalam siaran persnya PT Freeport telah berhasil mengevakuasi 3 tambahan korban yang meninggal. Diperkirakan masih ada 17 pekerja yang masih tertimbun dalam reruntuhan.
  8. Pemerintah berterimakasih kepada TKI. Melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia. Moh Hidayat mengatakan pemerintah sangat mengapresiasi peran TKI. Pemerintah menilai peran TKI tidak hanya mengatasi keterbatasan perekonomian keluarga karena keterbatasan peluang kerja di dalam negeri, tetapi juga bisa mengatasi pengangguran dan kemiskinan. BNP2TKI mencatat sekitar enam juta orang berkerja di 143 negara.
  9. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut positif temuan Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang, Cianjur, yang diinisiasi Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam, Andi Arief. Untuk itu Presiden menginstruksikan semua instansi terkait menyelesaikan riset ini.
  10. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana mendirikan pasar malam di Jakarta dengan konsep Pasar Malam Ngarsopuro yang ada di Surakarta, Jawa Tengah. Konsep Pasar malam Ngarsopuro menurut Jokowi, berbeda dengan pasar malam lainnya, karena selain menawarkan berbagai macam barang dagangan, pasar malam tersebut juga menampilkan pertunjukan seni. Jokowi membuka kemungkinan sejumlah jalan di DKI Jakarta untuk dijadikan pasar malam, salah satunya adalah jalan Sabang, Jakarta Pusat. Rencananya dalam pasar malam itu akan ditonjolkan identitas DKI Jakarta seperti yang dilakukannya di Solo, yakni adanya ketoprak dan keroncong. Meski belum jelas kapan Jokowi akan merealisasikan pasar malam di Jakarta, namun ia mengaku akan melaksanakannya dalam waktu dekat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?55797

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :