1. Seorang pendaki asal Yogyakarta terpeleset dan terjatuh di kawah Gunung Merapi di wilayah Boyolali, Jawa Tengah (16/5). Beberapa keterangan menyebutkan pendaki bernama Erri Yunanto terpeleset saat berfoto dekat kawah dan jatuh. Sebanyak 150 personil SAR dikerahkan untuk mencari korban. Kepala Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sampai saat ini pencarian masih dilakukan. Erri terjatuh ke dalam kawah karena diduga melanggar aturan pendakian. Sebab, pascaerupsi Gunung Merapi 2006 dan 2010 lalu, pendakian tidak diizinkan sampai ke puncak.
  2. Balai Taman Nasional Gunung Merapi menutup sementara jalur pendakian di Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, untuk memudahkan pencarian seorang pendaki yang jatuh ke kawah Gunung Merapi. Kepala Resort Selo, BTNGM Boyolali, mengungkapkan bahwa jalur pendakian Desa Lencoh ditutup sementara sejak Sabtu (16/7). Menurut Sukiwa, pihaknya akan membuka kembali jalur pendakian jika sudah memungkinkan. Jalur pendakian bisa dibuka kembali kemungkinan lima hari ke depan.
  3. Sebanyak 649 PNS dilingkungan Pemprov DKI Jakarta langsung mengikuti tes urine usai dilantik Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. DKI merupakan salah satu provinsi dengan tingkat pengguna narkoba terbesar di Indonesia, untuk itu Pemprov DKI meminta BNNP DKI untuk melaksanakan tes urine guna memastikan jajarannya terbebas dari tindakan penyalahgunaan narkoba.
  4. Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri untuk menangkap dan menutup industri pembajakan agar sektor tersebut dapat tumbuh sehat dan pesat. “Saya memerintahkan Kapolri atasi masalah ini dengan serius” kata Presiden dalam pertemuan dengan ASIRI dan Persatuan Artis Penyanyi dan Pecinta lagu RI di Istana Negara ( 18/5). Menurut Presiden, jika masalah tersebut bisa diatasi maka pertumbuhan industry kreatif akan melonjak karena menghasilkan karya berkualitas dan hak cipta dihargai dan dilindungi.
  5. Presiden ke 42 Amerika Serikat, Bill Clinton menyatakan akan ‘kembali’ ke Gedung Putih jika istrinya Hillary Clinton memenangkan Pilpres AS tahun depan. Dalam wawancara dengan stasiun TV CBS, Clinton ditanya seberapa besar peluangnya ‘kembali’ ke Gedung Putih, Clinton menjawab. “Pertama Hillary harus memenangkan nominasi di Partai Demokrat. Jika dia menang di partai maka dia harus menang di pilpres” kata Clinton. Saat ini, Hillary kandidat utama dari Partai Demokrat untuk maju ke Pilpres yang akan digelar pada 8 November 2016 mendatang.
  6. Dalam rangka memperingati Hari Museum Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Mei, pengelola Unit Pelaksana Teknis Monas mengratiskan siapa saja yang hendak berkunjung ke kawasan wisata yang telah menjadi ikon kota Jakarta. Ada pun syarat pengunjung harus mengenakan batik. Tak hanya Monas, Museum Nasional pun membebaskan biaya masuk museum khusus peringatan Hari Museum Internasional.
  7. Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim akan mengunjungi Indonesia selama empat hari (19-22Mei), sebagai upaya untuk memperkuat kerja sama lembaga multirateral dengan Indonesia. Kim dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan pejabat pemerintah lainnya. selain itu, Kim juga akan mengunjungi proyek rekonstruksi Bank Dunia pasca bencana berbasis masyarakat dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat atau Rekompak, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Pelabuhan Tanjung Priok.
  8. Dalam waktu dekat pemerintah melalui Kemendag akan mencabut izin importasi rokok elektrik. Langkah ini diambil setelah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahaya terkandung dalam rokok elektrik.
  9. Kementerian Agama (Kemenag) memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) pembacaan Surat Yaasin dengan peserta 10.000 orang yang berjajar sepanjang empat kilometer di bibir Teluk Palu, Sulawesi Tengah (17/5). Pembacaan Surat Yasin dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim. Pembacaan Alquran tersebut adalah rangkaian kegiatan pekan ilmiah, olahraga, seni dan riset VII Perguruan Tinggi Islam Negeri se-Indonesia yang diselenggarakan di kota Palu. Surat Yaasin juga diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa daerah yang ada di Indonesia. Kegiatan ini menjadi rekor mengaji dengan baris dan peserta terpanjang di dunia.
  10. Tiga tim pelajar Indonesia meraih penghargaan terbesar dunia dalam ajang Intel Internasional Science and Engineering Fair. Generasi bangsa Indonesia ini mampu mendapatkan penghargaan pada kategori Matematika, Ilmu Material dan Kimia. Tim pelajar pertama Indonesia yang mendapatkan penghargaan adalah I Dewa Gede Ary Palguna dan I Kadek Sudiarsana. Siswa yang berasal dari Bali tersebut mendapat penghargaan keempat dalam kategori karya ilmiah. Penghargaan internasional juga diterima pelajar Surakarta, Jawa Tengah, Luca Cada Lora dan Galih Ramadhan yang berhasil meraih penghargaan keempat untuk kategori ilmu material. Selain Bali dan Surakarta, pelajar dari Pontianak juga menyumbangkan penghargaan pada ajang dunia tersebut, dengan menyabet penghargaan Sertifikat Penyebutan Terhormat (Honorable Mention).

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77285

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1