logo top 10

  1. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara (Sumut), kembali meletus Minggu (15/9) dinihari. Ribuan warga dari enam desa di kaki gunung mengungsi ke daerah Kabanjahe. Status gunung berapi naik level Waspada menjadi Siaga. Akibat letusan tersebut, warga pengungsi mencapai 5000 jiwa. Warga yang mengungsi berasal dari Desa Sukameraih, Kecamatan Payung, Desa Kutarayat, Kutagugung, Simacem dan Bakerah di Kecamatan Namanteran serta Desa Beras Tepu, Kecamatan Simpang Empat.
  2. Mencegah terjadinya pencurian lagi di Museum Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengkaji ulang sistem keamanan di seluruh museum. Kemendikbud akan menambahkan jumlah CCTV di beberapa ruang yang menyimpan benda-benda bersejarah. Sebelumnya telah terjadi pencurian pada 11 September, dilaporkan 4 lempengan emas hilang, dan karena sebab itu pemerintah perlu mengkaji ulang sistem pengamanan museum.
  3. Polda Metro Jaya menolak kebijakan mobil murah yang diterapkan pemerintah. Hal ini sengaja dilakukan karena dianggap dapat menambah kemacetan di Jakarta. Disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo, kebijakan mobil murah bisa berdampak pada kemacetan. Banyaknya minat masyarakat akan mobil murah dapat menambah jumlah kendaraan di jalanan. Hingga data terakhir petumbuhan kendaraan yang melintasi Jakarta mencapai 11,3 persen setiap tahunnya, dan angka tersebut bisa saja bertambah dengan adanya kebijkan mobil murah sehingga bisa membuat Jakarta macet total.
  4. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memberlakukan jam malam bagi anak di bawah umur, dengan melarang anak di bawah umur untuk keluar malam. Meski belum diberlakukan, kebijakan ini mendapat respon baik dari beberapa kalangan. Pemberlakukan jam malam bagi anak di bawah umur dinilai sebagai langkah baik untuk melakukan pembinaan bagi anak dalam mendekatkan diri dengan orang tua masing-masing. Kebijakan ini dilakukan agar kasus yang menimpa anak musisi Ahmad Dhani tidak terulang lagi. AQJ (13)  putra bungsu Ahmad Dhani menjadi tersangka atas kasus kecelakaan di tol Jagorawi yang menewaskan 7 orang.
  5. Banyak pihak kecewa dengan keputusan pemerintah yang akhirnya memutuskan pelaksanaan Miss World 2013 hanya boleh digelar di Bali. Desakan dari berbagai ormas yang menolak ajang internasional itu digelar di Jakarta menjadi pertimbangan pemerintah. Pemerintah melalui Menko Kesra Agung Laksono melarang ajang Miss World digelar di luar Bali. Menurutnya, keputusan itu jalan terbaik mengingat penolakan ormas. Panitia Miss World dengan terpaksa mematuhi keputusan pemerintah
  6. Penembakan anggota polisi oleh orang tidak dikenal kembali terjadi. Kali ini insiden penembakan terjadi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Anggota polisi bernama Briptu Rusian Kusuma, anggota Sabhara Mabes Polri ditembak empat orang tidak dikenal. Kini korban tengah mendapat perawatan di ICU Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Rusian ditembak usai mencuci motor di tempat pencucian sepeda motor di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Usai menembak, para pelaku kabur dan membawa motor korban. Polisi Masih belum memberikan keterangan apakah kasus ini terkait dengan teror penembakan beberapa anggota polisi sebelumnya.
  7. Ribuan buruh dari berbagai organisasi kembali berunjuk rasa di Jakarta (16/9). Buruh melakukan orasi di 3 titik yaitu di Bundaran Hotel Indonesia, Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kompleks Istana Kepresidenan. Dalam aksinya tuntutan buruh masih sama, yaitu meminta penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourcing, upah layak, serta jaminan sosial. Jumlah buruh yang mencapai ribuan membuat arus jalan di Jakarta macet parah. Pada Selasa (17/9) ribuan buruh mengancam akan melakukan aksi kembali untuk menuntut kenaikan upah.
  8. Pengusaha Eka Tjipta Widjaja menempati posisi pertama sebagai orang paling kaya se-Indonesia versi Bloomberg Billionaires Index. Pria keturunan China ini berhasil menggeser duo bersaudara R. Budi Hartono dan Michael Hartono yang tahun lalu dikenal paling kaya di RI. Diprediksi kekayaan Eka mencapai US$ 8,4 miliar dan dinobatkan sebagai orang terkaya ke-139 di dunia. Eka memiliki perusahaan Golden Agri-Resources yang merupakan perusahaan terbesar kedua di dunia yang menghasilkan minyak sawit. Selain itu Eka juga memiliki beberapa perusahaan besar diantaranya perusahaan kertas, bisnis telekomunikasi, pembangkit listrik dan tambang.
  9. Kekeringan di Rembang, Jawa Tengah, kian parah. Warga pun terpaksa menggunakan air dari embung atau semacam kubangan untuk kebutuhan memasak, minum, mencuci, dan mandi. Sumur yang kering membuat warga tak punya pilihan lain, mereka menambil air dari embung dan memindahkannya ke wadah, lalu mengendapkannya selama dua hari baru bisa digunakan. Beberapa kabupaten di Jawa Timur juga mengalami krisis air. Warga harus menempuh jarak jauh untuk mendapatkan air bersih dari sungai. Sayangnya sungai satu-satunya di desa juga mulai kering. Airnya keruh dan berbau sehingga tidak layak dikonsumsi. Pemerintah daerah setempat tengah mengupayakan pengadaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga.
  10. Jelang Pemilu 2014, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar tes integritas calon presiden (capres) 2014 dengan tujuan bisa menghasilkan presiden yang bersih dan berkualitas. Tes integritas dirasa penting untuk mengurangi potensi penyalahgunaan wewenang oleh penyelenggara negara. Tes integritas juga diberlakukan untuk menguji kejujuran capres dan para calon legistaltif.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?58569

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :