logo top 10

  1. Teror bom kembali terjadi di Jakarta. 2 bom meledak di Vihara Ekayana (4/8), Jalan Mangga II/8 RT 08/08 Kelurahan Duri Kepa, Tanjung Duren Barat, Jakarta Barat pada pukul 18.50, ditempat yang berbeda. Saat meledak, di vihara sedang ramai beribadah. Satu bom yang belum sempat meledak, langsung diamankan dan diledakan tim Gegana. Bom yang meledak diduga berkaitan dengan muslim Rohingnya, pasalnya ditemukan sebuah tulisan yang terdapat dilempengan sisa pecahan bom. Pada lempengan tertulis ‘kami balas jeritan Rohingnya Arakan’. Akibat ledakan itu tiga orang luka-luka dan dilarikan ke RS terdekat. Sampai saat ini penyelidikan masih terus dilakukan, apakah peledakan ini terkait dengan teror bom sebelumnya, aparat masih terus melakukan pemeriksaan. Pelaku yang sempat terekam kamera CCTV masih terus diburu aparat.
  2. Aksi peledakan bom di Vihara Ekayana, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (4/8) menjelang perayaan Idul Fitri merupakan perbuatan terkutuk yang tidak bisa ditolerir. Meski berdaya ledak rendah dan tidak memakan korban jiwa, namun aksi tersebut dinilai telah merusak citra negara dan menimbulkan rasa takut di masyarakat, khususnya umat Budha. Demi memberi rasa aman dan meringkus jaringan teroris yang meresahkan, aparat kepolisian terus melakukan penyelidikan. Meski polisi belum bisa menangkap pelaku namun bukti ciri-ciri sudah dikantongi petugas.
  3. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan kepolisian RI agar segera mengungkap pelaku peledakan bom di Vihara Ekayana, Jakarta Barat. Melalui akun twitternya @SBYudhoyono di Jakarta, presiden mengatakan masyarakat sangat terganggu dengan peristiwa itu. “Kita terganggu dengan ledakan di Vihara Ekayana di penghujung Ramadhan. Saya telah intruksikan Polri ungkap pelakunya,” tulis Presiden.
  4. MUI memastikan Hari Raya Idul Fitri 1434 H akan jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum MUI, Ma’ruf Amin. Ma’ruf mengungkapkan pada Rabu (7/8) nanti posisi hilal sudah di atas 2 derajat, sehingga umat Muslim khususnya di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada Kamis 8 Agustus 2013.
  5. Kapolri Jenderal Timur Pradopo memerintahkan anggota kepolisian tidak boleh libur selama operasi Ketupar Jaya 2013 berlangsung. Sebab menurutnya Polri harus mengatur dan mengamankan pemudik dan hari raya Idul Fitri.
  6. Hingga tanggal 4 Agustus (H-4), jumlah pemudik tewas mencapai 212 orang. Jumlah ini menurun dibandingkan tahun lalu yaitu korban meninggal 281 orang. Dari data NTMC Korlantas Polri, hingga Selasa (6/8) kecelakaan yang terjadi selama arus mudik hingga H-4 Lebaran sebanyak 911. Jumlah tersebut juga menurun dari tahun 2012 dengan total kecelakaan hingga 1.290.
  7. Jakarta terlihat berbeda jelang perayaan Idul Fitri. Jika biasanya kendaraan macet, polusi, dan bising tak luput dari Jakarta, untuk satu minggu kedepan Jakarta akan terasa lebih nyaman. Karena di tinggal mudik, keadaan Ibu Kota terlihat lengang. Beberapa jalan di Jakarta terlihat hanya dilintasi beberapa kendaraan.
  8. Dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk melaju ke capres 2014 mendatang kian marak. Kali ini tim relawan Yayasan Panglima Besar Sudirman (YPBS) dan LSM Bangun Gotong Royong Jakarta (Bang Rojak) mentargetkan 60 juta tanda tangan dan fotokopi kartu tanda penduduk bagi Jokowi. Pengumpulan tanda tangan dan foto kopi KTP untuk mendukung Jokowi sudah berlangsung pada 1 Agustus lalu hingga 1 Februari yang dilakukan serentak pada 10 kota besar di Indonesia.
  9. Akan ada sesi berbeda pada ajang bergengsi Miss World 2013 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia. Jika biasanya sesi beach fashion diisi dengan peragaan bikini, kali in akan berbeda, karena khusus di Bali para kontestan akan mengenakan sarung Bali. Tidak hanya untuk menghormati adat istiadat Indonesia yang masih menjunjung adat ketimuran, pengunaan sarung Bali bisa jadi ajang promosi dunia dimana budaya dari Indonesia pun bisa semakin terkenal.
  10. Departemen Luar Negeri AS menutup 21 kedutaan besar dan konsultannya di Timur Tengah akhir pekan ini setelah adanya ancaman dari Kelompok Al-Qaida. Pemerintahan Obama mengumumkan penutupan kedutaan dan konsulat pada Jumat (2/8) lalu, dan Depertemen Luar Negeri menerbitkan sebuah peringatan perjalanan global.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57618

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :