1. Pasca Lebaran, masalah yang kerap dihadapi Jakarta adalah melonjaknya pendatang baru dari desa ke kota yang tidak bisa dibendung. Untuk menghadapi masalah tersebut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo punya cara sendiri. Sejak tahun lalu operasi yustisi kependudukan telah dihilangkan, karena itu pria yang akrab disapa Jokowi itu melakukan program baru untuk mengatasi lonjakan penduduk, yaitu dengan mendorong pemodal untuk berinvestasi di daerah, sehingga masyarakat tidak akan berpikir untuk meninggalkan daerahnya karena banyak lapangan pekerjaan.
  2. Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan, Islamic State of Iraq Syria (ISIS) tak boleh berkembang di Indonesia karena dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat. Hal ini disampaikan Moeldoko saat menggelar acara halalbiahalal bersama prajurit TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Menurutnya, keberadaan ISIS akan memberikan ancaman bagi rakyat Indonesia. Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga menegaskan bahwa ISIS merupakan suatu organisasi pergerakan berpaham radikal, yang menggunakan kekerasan demi memperjuangkan apa yang diyakininya. “Mereka ingin memperjuangkan negara Islam di Iraq dan Suriah. Umat Islam Indonesia tidak perlu terpengaruh dan ikut-ikutan,” papar Menteri Agama. Menurut Menag, Ideologi ISIS bertentangan dengan Pancasila, karena ISIS menyatakan bahwa Pancasila sebagai berhala yang harus diperangi.
  3. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyad Mbai mengatakan masyarakat yang tergabung dengan Islamic of Iraq and Syria (ISIS) bisa dipidanakan. Mereka bisa dicabut izin kewarganegaraannya di Indonesia karena telah bersumpah megabdi pada ISIS. “WNI kehilangan kewarganegaraan jika warga Indonesia bersumpah mengabdi kepada negara asing” ujar Ansyad. Mengacu pada Undang-Undang No 12 tahun 2016 tentang kewarganegaraan RI Pasal 23 huruf f mengatur soal pencabutan kewarganegaran jika ada warga Indonesia yang terbukti secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut.
  4. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyoto menegaskan pemerintah Republik Indonesia tidak akan memfasilitasi WNI yang ingin berangkat ke Palestina untuk ikut berperang (jihad). Lebih jelas Djoko mengatakan, solidaritas masyarakat muslim Indonesia lebih bermanfaat apabila diwujudkan dalam bentuk bantuan kemanusiaan. Pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta dolar AS serta bantuan obat-obatan untuk penduduk di jalur Gaza.
  5. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok siap menindak tegas para pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta yang kedapatan bolos di hari pertama kerja setelah libur Lebaran. Tak hanya sanksi, tapi Ahok juga akan memotong tunjangan kinerja bagi PNS yang tidak masuk tanpa alasan yang jelas.
  6. Gempa besar yang terjadi di China membuat warga dunia berduka. Musibah ini membuat sejumlah negara di dunia prihatin dan menyatakan siap membantu China. Salah satu negara yang siap membantu adalah Amerika Serikat. AS menyatakan rasa belasungkawanya dan siap membantu China. Selain AS, negara-negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga menyampaikan rasa dukanya. Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara PBB Ban Ki Moon. “Sekjen PBB menyampaikan bela sungkawa serta kesedihannya terkait banyaknya korban yang meninggal akibat gempa” paparnya. Gempa berkekuatan 6,1 SR menerjang Yunan dan menewaskan sekitar 380 jiwa.
  7. Sesuai Surat Edaran BPH Migas No.937/07/Ka BPH/2014 tanggal 24 Juli 2014, maka PT Pertamina tidak lagi menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar di wilayah Jakarta Pusat. Selain itu Pertamina juga akan membatasi penyaluran premium. Vice President Coorporate Pertamina, Ali Mudakir, menjelaskan bahwa pada 6 Agustus 2014, seluruh SPBU yang berlokasi di jalan tol tidak akan menjual premium bersubsidi. Dan untuk sosialisasinya, Pertamina telah menyiapkan spanduk yang dipasang di setiap SPBU dan pengumuman mengenai aturan ini.
  8. Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2014. Uang NKRI memiliki desain berbeda dengan uang-uang rupiah sebelumnya. Desain baru yaitu tercantum tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana di rupiah sebelumnya tidak ada. Uang NKRI akan dirilis dengan pecahan seluruh nominal rupiah. Sementara uang NKRI diedarkan, uang rupiah dengan desain lama masih tetap berlaku, dan akan ditarik secara bertahap.
  9. Presiden terpilih Joko Widodo mengaku dirinya akan tetap melakukan blusukan bila telah dilantik sebagai kepala negara. Meski sudah menjadi orang no 1 di Indonesia, ia tidak ingin ada yang menghalangi dirinya untuk mengunjungti setiap wilayah tanah air.
  10.  Selama berlangsungnya proses persidangan sengketa Pilpres 2014, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan telah menyiapkan 22.000 personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar gedung Mahkamah Agung (MK) Jakarta. Pengamanan dilakukan di dalam dan di luar gedung MK, jalan-jalan yang ada disekitar MK. Polri pun memberikan jaminan pengamanan terhadap hakim konstitusi yang terlibat dalam proses persidangan sengketa Pilpres 2014. Kapolri berupaya akan mengamankan setiap tahapan persidangan sengketa Pilpres di MK agar berjalan lancar, aman dan tertib.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?68488

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :