1. Ratusan orang yang tergabung dalam Majelis Tinggi Jakarta Besyariah menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung KPK Senin (4/4). Massa berasal dari sejumlah organisasi masyarakat, seperti FPI, FBR, Forkabi, MMI dan MUI. Aksi ini untuk mendesak KPK menangkap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok karena diduga melakukan tindak pidana korupsi.
  2. Presiden Jokowi meresmikan jembatan terpanjang di Indonesia Timur yakni Jembatan Merah Putih di Kota Ambon, Maluku, dengan  menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian jembatan. Sebelum meresmikan jembatan, presiden mengharapkan Jembatan Merah Putih menjadi ikon pariwisata baru yang bisa dinikmati oleh siapapun yang datang ke Ambon.
  3. Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba penghapusan jalur 3 in 1, Selasa (5/4). Penghapusan ini menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk menerapkan sistem baru yang lebih modern yakni Electronic Road Pricing (ERP). Hari pertama uji coba penghapusan 3 in 1 membuat sejumlah jalan protokol macet parah.  Rencananya uji coba akan dilakukan selama dua pekan.
  4. Pesawat Batik Air mengalami kecelakaan akibat tabrakan dengan TransNusa di Bandara Halim Perdanakusuma Senin (4/4) saat ingin take off. Akibat kecelakaan tersebut, pesawat Batik Air mengalami kerusakan di bagian ujung sayap sebelah kiri, sementara pesawat TransNusa patah pada bagian ujung sayap dan ekor. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tabrak pesawat Batik Air 7703 tujuan Jakarta –Makassar. 49 penumpang dan 7 kru pesawat dalam kondisi selamat.
  5. Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup setiap hari dari pukul 23.00-05.00 WIB mulai Selasa (5/4) sampai 15 Juni 2016. Sesuai Notam Nomor A1007/16, runway Bandara Halim Perdanakusuma ditutup dikarenakan ada pekerjaan overlay. Overlay adalah pekerjaan untuk melapisi kembali permukaan landas pacu yang aus karena terkikis pesawat. Dijelaskan Biro Informasi dan Komunikasi Kementerian Perhubungan JA Barata, bukan karena sempat terjadi kecelakaan pesawat di Bandara Halim, namun perawatan tersebut setiap tahun rutin dilakukan.
  6. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengancam akan mencopot jabatan kepala lembaga pemasyarakatan (kalapas) yang enggan berkomitmen untuk memerangi narkoba. Hal ini dilontarkan karena di sejumlah lapas masih ditemukan penyalahgunaan narkoba. Yosanna merasa lembaga yang dia pimpin selama ini tercoreng dengan ulah oknum-oknum yang memanfaatkan kelengahannya, untuk melakukkan penyalahgunaan narkoba.
  7. Kementerian Keuangan meluncurkan program Dana Ilmu Pendidikan Indonesia (DIPI) yang merupakan lembaga pendanaan bagi penelitian di bidang sains. Lembaga non pemerintah ini akan memberikan pendanaan penelitian tahun jamak bagi ilmuwan-ilmuwan terbaik Indonesia yang pengelolaannya terpisah dari siklus tahunan anggaran negara.
  8. Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wandama, Papua Barat, sebagai bagian dari proyek tol laut di kawasan Indonesia Timur. Pelabuhan Wasior merupakan pelabuhan pengumpul. Pelabuhan dibangun untuk mendukung konektivitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana transportasi masyarakat di wilayah itu, guna menumbuhkan perekonomian dan menekan disparitas harga antar daerah.
  9. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali memusnahkan 23 kapal asing pencuri ikan. Pemusnahan dilakukkan di 7 lokasi di Indonesia. Menteri Susi mengungkapkan, pemusnahan ini merupakan pemusnahan ketiga yang dilakukan di 2016. 23 kapal yang diditenggelamkan. Ia mengungkapkan, pemerintah akan terus melakukkan penindakan tegas terhadap para pencuri ikan, hal ini dilakukan untuk mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa Indonesia.
  10. Tiga putra bangsa kembali mengharumkan Indonesia pra kontes robot internasional di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Atheletic Center, Hartford, Amerika Serikat pada 2-3 April 2016. Tiga wakil dari Universitas Sultan, yaitu Agung Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri berhasil membawa pulang juara umum karena sukses memborong berbagai juara yang bersaing dengan 80 tim kontestan dari berbagai negara lain.