1. Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjalani persidangan yang ke-16 yang digelar di Auditorium Kementrian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2017). Tim kuasa hukum menghadirkan 7 saksi ahli untuk meringankan Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama. Mereka antara Prof Dr Bambang Kaswanti Purwo, ahli bahasa dari Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Dr Risa Permana Deli, ahli psikologi sosial, Prof Dr Hamka Haq, ahli agama Islam (Wakil Ketua Mutasyar Persatuan Tarbiyah Islamiyah-Perti), KH Masdar Farid Mas’udi, ahli agama Islam (Rais Syuriah PBNU 2015-2020 dan Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia), Dr Muhammad Hatta, ahli hukum pidana, Dr I Gusti Ketut Ariawan, ahli hukum pidana dari Universitas Udayana, Dr Sahiron Syamsudin, ahli agama Islam dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Sidang
  2. Agus Martowardojo hadir di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017). Dia siap memberikan kesaksian terkait kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.Dia menyatakan mesti mengingat lagi proses penganggaran pada 2010 hingga 2012. Agus pun menjelaskan tidak ada yang salah dengan proyek multiyears.
    Agus juga menyebut ada banyak proyek yang menggunakan anggaran tahun jamak. Dia juga menyatakan soal realisasi anggaran yang telah disetujui merupakan tanggung jawab dari kementerian. Selain Agus, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga memenuhi panggilan sebagai saksi di persidangan. Dia pun mengaku siap sejak awal untuk dimintai kesaksian. Terkait dokumen yang disebut BAP Miryam S Haryani yang beredar, dia menyatakan kalau itu sebagai salah satu dokumen yang mengonfirmasi dirinya tidak menerima uang korupsi e-KTP. Namun, dia tidak memungkiri saat itu ada yang ingin memberinya uang meski akhirnya ditolak olehnya.
  3. Penyidik senior KPK Novel Baswedan menegaskan keterangan Miryam S Haryani yang mengaku bagi-bagi uang terkait proyek pengadaan e-KTP. Keterangan Miryam itu tertuang dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Bahkan, menurut Novel, keterangan anggota DPR dari Fraksi Hanura itu sangat rinci. Dalam BAP, sambung Novel, tertulis daftar nama-nama anggota DPR yang disebut Miryam terkait bagi-bagi duit dalam proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun. Hal ini dijelaskan Novel Baswedan dalam sidang lanjutan korupsi e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017). Miryam pada persidangan Kamis (23/3) menyebut dirinya ‘mengarang’ menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan penyidik KPK saat dirinya diperiksa dalam kapasitas sebagai mantan anggota Komisi II. Dengan alasan tekanan itu, Miryam membeberkan keterangan yang belakangan diralat. Miryam membantah pernah menerima dan membagi-bagikan duit terkait proyek e-KTP. Tapi ralat Miryam di persidangan tak diterima majelis hakim. Majelis hakim menyoroti rincinya keterangan Miryam soal bagi-bagi duit e-KTP. Hakim juga mengingatkan Miryam mengenai Pasal 22 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang mengatur ancaman pidana bagi pemberi keterangan palsu.
  4. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku bingung karena pengurus selalu memilihnya dalam kongres. Padahal ia berencana pensiun dari Ketua Umum PDIP sejak tahun lalu. Hal ini diutarakan Megawati dalam sambutan HUT ke-17 Banteng Muda Indonesia di Jalan Cianjur, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/2/2017). Menurut Mega, tidak mudah perempuan menjabat ketua umum partai politik. Apalagi Indonesia sudah berubah sejak Presiden RI pertama Soekarno meninggal dunia. Kendati begitu, dia mengaku harus terus mengemban tanggung jawab partai politik sampai jabatan selesai. Sebab, para kader telah memilihnya memimpin partai berlambang banteng ini.
  5. Polda Metro Jaya menangkap lima orang terkait dengan dugaan upaya makar. Salah satu yang ditangkap adalah Muhammad Al-Khaththath, Sekjen Forum Umat Islam (FUI).
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Argo Yuwono mengatakan kelima orang tersebut ditangkap di lokasi berbeda pada Jumat pagi (31/3/2017). Saat ini kelimanya masih diperiksa secara intensif di Markas Komando Korps Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.
  6. Jelang pukul 12.00,  Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat semakin dipadati peserta aksi damai 313 yang akan melakukan Salat Jumat (31/3/2017). Aksi damai 313 merupakan aksi damai-aksi damai sebelumnya yang menuntut Basuki Tjahaja Purnama dicopot dari kursi gubernur Jakarta.
  7. Seorang siswa SMA Taruna Nusantara Magelang meninggal di kamar asrama, tepatnya Barak G17 Kompleks SMA Taruna Nusantara Magelang, Jumat (31/3/2017) sekitar pukul 04.00 WIB. Korban bernama Krisna Wahyu Nur Ahmad, kelahiran Jakarta, 24 September 2002. Ia beralamat di Jalan Sumarsana No 12 RT 3 RW 4 Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Condro Kirono mengatakan tersangka pembunuh Krisna adalah AMR (15). AMR juga merupakan teman satu angkatan korban. Condro mengatakan pelaku membunuh korban lantaran sakit hati karena aksinya mencuri buku tabungan dan uang murid lain diperingatkan oleh korban. Hal tersebut membuat pelaku langsung membunuh korban pada pukul 03.30 WIB.
  8. Bencana longsor melanda Dukuh Tingkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu ( 1/4/2017). Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mengerahkan 1.655 personel tim SAR gabungan mencari korban tanah longsor. Personel gabungan terdiri dari aparat kepolisian hingga Badan SAR Nasional (Basarnas).
  9. Ekonomi Indonesia masih mampu tumbuh tinggi di tengah banyak negara berkembang yang terseret kondisi pelemahan global. Dalam 1 dekade terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,7% per tahun, hanya kalah dari India dan China. Demikian diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam Seminar Ekonomi Makro di Kantor PT Astra Internasional Tbk, Jakarta, Senin (3/4/2017). Namun tingginya pertumbuhan ekonomi ini menimbulkan masalah baru karena belum diikuti dengan pemerataan. Ada ketimpangan, muncul jurang antara orang kaya dan orang miskin akibat pertumbuhan ekonomi yang tidak merata. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, gini rasio Indonesia dalam beberapa tahun terakhir juga meningkat dari 0,35 menjadi 0,41. Artinya, kesenjangan antara si kaya dan si miskin makin lebar.  Kesenjangan di Indonesia memang belum separah di negara-negara Amerika Latin, tapi tanda-tanda menuju ke sana sudah mulai terlihat.  Masalah ini harus segera diatasi. Jika tak segera ditangani pemerintah, situasi sosial bisa rusak, sulit untuk merajut kembali persatuan di masyarakat jika kohesi sosial sudah hilang.  Karena itu, pemerintah menyiapkan program-program pemerataan untuk mengimbangi pertumbuhan ekonomi. Pengentasan kemiskinan juga terus diupayakan. Tingkat kemiskinan yang sekarang mencapai 10,7% ditargetkan bisa tutun hingga di bawah 10% tahun ini.
  10. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Layanan Integrasi Angkutan Lingkungan Pelanggan TransJakarta antara Koperasi Wahana Kalpika (KWK) dan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta). Namun yang bergabung baru mendekati angka 50%. Ke depannya Pemprov akan menyentuh seluruh angkutan lingkungan di DKI Jakarta.
    Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meresmikan Kartu Layanan Integrasi Angkutan Lingkungan Pelanggan TransJakarta di pendopo Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2017) pagi. Sebanyak 6.300 unit angkutan milik KWK akan bergabung secara bertahap. Namun angka ini hanya sebagian dari seluruh angkutan umum di Jakarta yang berjumlah 13.500 unit. Angkutan terintegrasi ini selain untuk mempermudah warga Jakarta menikmati fasilitas transportasi umum yang layak, juga saling mengukuhkan antarmoda dan submoda transportasi. Sesuai nota kesepahaman tanggal 22 Maret 2017 antara Transjakarta dan KWK untuk mewujudkan angkutan lingkungan sebagai pengumpan ke sistem Bus Rapid Transit (BRT). Layanan gratis angkutan lingkungan bagi pelanggan Transjakarta berlaku pada jam 05.00 WIB–09.00 WIB dan pukul 16.00 WIB–20.00 WIB. Pelanggan cukup menunjukkan kartu layanan gratis pelanggan untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Kartu bisa dibeli di seluruh loket TransJakarta seharga Rp 15 ribu per bulan.