1. Memperingati hari Aids Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2015. Komisi penganggulangan Aids Provinsi DKI Jakarta mengadakan tes HIV/Aids untuk masyarakat Suropati, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Sekretaris KPAP DKI Jakarta, Rohana Manggala mengaku Kota Jakarta menempati urutan pertama dari jumlah penderita HIV/Aids. Rohana menjelaskan, di DKI jumlah penderita terinfeksi Aids tercatat sekitar 7.499 orang. Angka ini menempatkan Kota Jakarta sebagai tertinggi penderita HIV/Aids. “Di Jakarta sendiri jumlah penderita terinfeksi Aids ada sekitar 7.499 orang dan sifatnya stabil” kata Rohana.
  2. Ribuan aktivis menggelar aksi bersama di Paris dalam rangka merebut perhatian dunia pada masalah pemanasan global yang dibahas di Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim (COP 21) Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selain berunjuk rasa, mereka mengirimkan ribuan pasang sepatu sebagai simbol solidaritas karena rencana aksi mereka ditolak Kepolisian Paris.
  3. Jawa Barat tercatat sebagai wilayah yang paling banyak terjadi longsor dari tahun ke tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. “Jabar paling banyak terjadi longsor setiap tahun” kata Sutopo melalui akun Twitter (29/11). Longsor paling baru terjadi di Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya yang menelan satu korban jiwa. BNPB mengimbau warga Jawa Barat untuk selalu waspada bahaya longsor khususnya saat puncak musim hujan yang diperkirakan mulai Desember 2015 dan Januari 2016.
  4. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan prilaku membuang sampah sembarangan di laut akan dijadikan sebagai tindakan aktivitas ilegal di laut. Hal ini menyusul program yang akan dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipimpin olehnya untuk mewujudkan ekosistem laut yang sehat, yakni Blue and Healthy Ocean. “Buang sampah ke laut, termasuk illegal Activity, termasuk sampah plastik” katanya.
  5. Pemerintah menginginkan semua nelayan tradisional yang melaut di kawasan perairan Indonesia dapat memperoleh asuransi jiwa sebagai jaminan bagi anggota keluarga bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan saat menangkap ikan. “Nelayan yang memiliki asuransi jiwa selama melaut akan merasa memiliki perlindungan dan keluarga yang ditinggalkan akan memperoleh jaminan uang santunan jika keluarga mereka yang berprofesi sebagai nelayan mengalami musibah atau kecelakaan kerja saat melaut” kata Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.
  6. Sejumlah aktivis politik menantang Ketua DPR Setya Novanto mundur dari jabatannya. Pelanggaran yang dilakukan Novanto terkait pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dinilai sudah fatal. Sebelumnya Menteri ESDM Sudirman Said melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke MKD DPR kerena diduga telah melakukan tindakan tidak terpuji dengan mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla dalam perpanjangan kontrak karya tambang PT Freeport Indonesia.
  7. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih terus menyelidiki kematian 32 balita di Kecamatan Mbuwa, Kabupaten Nduga, Papua. Kemenkes pun sudah mengirimkan tim suveilans untuk mengusut kasus tersebut. Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengaku sangat prihatin dan akan bertanggung jawab terkait indikasi penyebaran epidemi penyakit yang menewaskan 32 balita dengan usia dibawah dua tahun. Dia pun mengaku telah memerintahkan Direktorat Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes untuk mengirimkan tim kesehatan ke lokasi.
  8. Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan menerjunkan tim khusus untuk mengawasi penggunaan dana desa. Pengawasan tersebut diperlukan agar dana desa agar digunakan untuk pembangunan infrastruktur. “Dana desa tidak boleh untuk pilkada. Itu money politics namanya. Kami pun akan terjunkan tim khusus untuk memantau pemakaian dana desa ini” kata Anwar.
  9. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Wakilnya Djarot Saiful Hidayat telah mencoret anggaran tak sesuai skala prioritas dalam RAPBD 2016 sebesar Rp 1,47 triliun. Sebagian besar anggaran yang dicoret ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Djarot menjelaskan dana tersebut nantinya akan dialihkan menjadi biaya rumah susun dan untuk membiayai peningkatan kualitas infrastruktur dan pendidikan, contohnya untuk membanggun sekolah yang rusak dan tidak layak pakai.
  10. Pro-kontra pembelian halikopter VVIP kepresidenan menjadi berita hangat pekan ini. TNI Angkatan Udara berencana membeli helicopter AgustaWestland AW-01 buatan Italia, untuk menggantikan helikopter kepresidenan jenis lama yakni Super Puma, Produksi tahun 1980. Namun rencana pembelian helikopter menuai protes dari banyak kalangan. Komisi I DPR menilai belum perlu membeli helikopter baru, sebab Super Puma yang ada masih bisa digunakan. Menanggapi pro-kontra yang muncul, pemerintah akan membahas ulang rencana pembelian helikopter VVIP AgustaWestland.