1. Sidang perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali digelar, Selasa (31/1). Bertempat di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), sidang kali ini masih beragendakan mendengarkan keterangan saksi. Sebanyak lima saksi dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang hari Selasa, 31 Januari 2017. Salah satu saksi adalah Ketua MUI KH Ma’ruf Amin.
  2. Calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan permintaan maaf kepada Ketua MUI Ma’ruf Amin. Ia meminta maaf kepada KH Ma’ruf Amin apabila terkesan memojokkan Ketua Umum MUI. Ahok menegaskan bahwa apa yang terjadi di persidangan merupakan proses yang ada dalam persidangan. Ahok mengaku sebagai terdakwa sedang mencari kebenaran untuk kasus yang dihadapinya.
  3. Setelah Ahok menyampaikan permintaan maaf kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin terkait pernyataan usai sidang kasus dugaan penistaan agama yang terkesan memojokkan ulama NU itu saat menjadi saksi pada sidang ke-8 (31/1). Ma’ruf pun memaafkan Ahok. Ma’ruf juga berpesan agar umat tenang dan tidak mudah terprovokasi. Selain itu, dia menegaskan bahwa keutuhan, kebersamaan bangsa tidak boleh dirusak oleh isu-isu atau kegiatan yang mengarah kepada tindak kekerasan atau intoleran.
  4. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, menyatakan, isu penyadapan telepon tidak mengganggu kegiatan kampanye mereka. Ia mengatakan hal itu (penyadapan telepon) menjadi koreksi bersama karena penyadapan melanggar undang-undang dan mengancam hak kebebasan sipil. Calon gubernur yang diusung empat partai itu berharap tidak ada penyadapan sewenang-wenang ke depan agar tidak mengganggu demokrasi di Tanah Air.
  5. Konser Gue 2 untuk mendukung kemenangan satu putaran pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) digelar di Ex-Driving Senayan, Jakarta Selatan pada Sabtu (4/2). Acara ini digagas grup musik Slank dan Jay Soebiakto. Sejumlah artis papan atas menghadiri acara ini seperti Sophia Latjuba, Ernest Prakasa, dan Yosi Project Pop. Tak hanya mereka, hadir juga Marcello Tahitoe, Tompi, Once, Dian HP, Sandhy Sondoro, Kikan, Krisdayanti, OM PMR, Dira Sugandi, Shanty, Gita Gutawa, Project Pop, Happy Salma, Zastrouw Al Ngatawi & Orkes Kiganjur, lwa K dan puluhan artis lainnya turut serta naik panggung.
  6. Dalam acara Konser Gue 2, tak hanya dihadiri Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Saiful Hidayat, tapi juga Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri, Ketua DPP Golkar Yorrys Raweyai, senior Golkar Agung Laksono, Ketum PPP versi muktamar Jakarta Djan Faridz, Partai Demokrat Haryono Isman dan masih banyak lagi. Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta para pendukung Ahok-Djarot untuk memenangkan pasangan nomor urut dua dalam Pilgub DKI Jakarta dengan minimal 51 persen suara.
  7. Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, mengaku merasakan aura kemenangan saat menghadiri kampanye akbar yang digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/2) siang. Menurutnya kemenangan akan datang, datang lewat kerja keras.  Anies mengatakan, banyaknya massa pendukung Anies-Sandi di lokasi kampanye bukanlah rekayasa. Ia mengimbau semua pendukungnya untuk mengawasi tempat pemungutan suara pada 15 Februari 2017.
  8. Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengapresiasi hadirnya puluhan ribu kader partai pengusung dan relawan serta warga Jakarta yang memadati lokasi kampanye akbar Anies-Sandi di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/2). Menurut Prabowo, warga datang ke kampanye akbar itu semata-mata menginginkan perubahan nyata di Jakarta. Mantan Danjen Kopassus mengatakan, hingga kini banyak fenomena dengan pemimpin yang gemar memaki-maki, tidak menghormati ulama dan guru-guru dihina. Prabowo mengingatkan, bangsa Indonesia tidak bisa dibeli dengan uang.
  9. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat sambutan meriah ketika menghadiri perayaan hari ulang tahun (HUT) Partai Gerindra di Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Senin (6/1). Massa partai Gerindra yang hadir memakai baju putih dan celana cokelat muda berbaris menunggu kedatangan pimpinan mereka Prabowo Subianto. Saat Prabowo hadir di lokasi acara, massa Gerindra meneriakkan yel-yel Prabowo Presiden. Acara perayaan ini tertutup bagi media itu dihadiri ribuan kader Gerindra dari seluruh pelosok Nusantara.
  10. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut rumahnya di Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (6/2) sore ini ‘digeruduk’ ratusan orang. Massa berteriak-teriak. Hal ini diketahui melalui kicuan SBY lewat akun Twitter resminya @SBYudhoyono. (Kabari1009/foto:ist)