logo top 10

  1. Sejumlah penggiat antikorupsi yang terdiri dari Tangerang Public Transparency Watch, Perkumpulan Masyarakat Untuk Demokrasi dan Indonesian Corruption Watch membangun Sekolah Anti-Korupsi Tangerang. Sekolah Anti-Korupsi Tangerang ini dibangun untuk menguatkan kapasitas gerakan masyarakat sipil, khususnya pada isu pencegahan, pengawasan, serta pengungkapan kasus korupsi. Program sekolah anti korupsi ini tidak dipungut biaya, sementara kegiatan akan dilakukan dua bulan sekali atau enam angkatan dalam setahun. Nantinya peserta sekolah anti korupsi akan mempelajari materi seperti tinjauan umum kasus korupsi, modus korupsi, identifiasi korupsi anggaran, metode advokasi korupsi dan laporan korupsi serta investigasi.
  2. Pemerintah negara bagian New York, Amerika Serikat berencana melonggarkan aturan terkait peredaran ganja agar penderita sakit parah dapat memanfaatkannya dalam jumlah terbatas. Sebanyak 20 negara bagian di AS telah mengizinkan pemanfaatan ganja untuk alasan medis.  Awalnya, Gubernur Andrew Cuomo, menentang pengesahan ganja untuk tujuan medis, namun pekan ini diperkirakan akan segara diumumkan rencana baru. Meski legal untuk medis, rencananya di New York ganja hanya disediakan di 20 rumah sakit dalam jumlah terbatas, khusus untuk pasien kanker, glukoma, dan sakit berat lainnya yang memenuhi standar  yang telah ditetapkan.
  3. Suhu dingin di sebagian wilayah Amerika Serikat diperkirakan akan semakin buruk dengan temperature yang terus menurun, bahkan kemungkinan menembus rekor terendah. Badai dingin terjadi di Kanada dan bagian timur laut AS dengan ketebalan salju mencapai 60 cm. Cuaca dingin tersebut telah menyebabkan 16 orang tewas dan lebih dari 5.000 penerbangan ditunda, sejak Rabu(1/1) waktu setempat. Salju tebal juga menyelimuti AS terutama di New York, Connecticut dan Massachusetts.
  4. Kondisi Gunung Api Sinabung, Sumatera Utara semakin mengkhawatirkan, hal ini secara langsung dapat mengancam kelangsungan mahluk hidup di sekitarnya, terutama ternak dan ladang pertanian penduduk yang tinggal di sekitar lereng gunung. Minggu (5/1) malam, gunung tertinggi di Sumut ini sempat meletus beberapa kali dan menyemburkan debu vulkanik serta material kecil juga lava pijar. Penduduk yang saat ini masih tinggal dipengungsian meresahkan harta benda milik mereka. Pemerintah terus mengupayakan memberikan bantuan dan perlindungan dengan meminta penduduk untuk tetap sabar dan tinggal dipengungsian.
  5. Menteri Agama Suyadhama Ali mendukung rencana Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) untuk membangun penjara khusus bagi para teroris. Menurut Suryadharma terpidana kasus terorisme perlu mendapat penanganan khusus dan tidak boleh dicampur dengan narapidana kasus lain. Rencananya penjara khusus teroris akan dibangun di Sentul, Bogor.
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) targetkan pembangunan 200 Community Learning Center (CLC) baru di Malaysia sepanjang tahun 2014. Penambahan fasilitas layanan pendidikan bagi anak tenaga kerja Indonesia (TKI) tersebut diharapkan bisa memperluas kesempatan belajar bagi anak-anak TKI. Mendikbud mengungkapkan, selama ini anak-anak TKI di Malaysia mengalami kendala mengakses pendidikan karena kebijakan pemerintah Malaysia yang tidak membolehkan mereka sekolah di sekolah negeri atau disebut sekolah kebangsaan di Malaysia. Pendirian CLC baru ini merupakan kesepakatan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Perdana Menteri (PM) Dato Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak pada pertengahan Desember 2013.
  7. Polri telah menyiapkan 20.000 personel yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (pemilu) 2014. Hal ini dilakukan sebagai tahap awal persiapan pemilu di seluruh Indonesia. Diungkapkan Kapolri Jenderal Pol Sutarman, Polri telah menyiapkan delapan persiapan guna mengamankan jalannya pemilu agar berjalan kondusif dan tidak ada aksi-aksi yang merugikan masyarakat. “Polri akan mengamankan pemilu sehingga kita bergandengan tangan menciptakan kondisi pemilu yang aman adil dan jujur” papar Sutarman.
  8. Presiden Amerika mendesak Kongres untuk memulihkan perpanjangan tunjangan pengangguran darurat yang merupakan tunjangan penting bagi lebih dari satu juta warga Amerika. Dalam pidato mingguannya, Sabtu (4/1), Obama menyampaikan pesan bahwa mengabaikan jaminan keamanan finansial bagi orang-orang yang mencari kerja atau mempelajari keahlian baru merupakan sikap yang kejam. Menurut Obama, mengakhiri tunjangan itu justru memperlambat pemulihan ekonomi yang dapat menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru yang dibutuhkan.
  9. Mulai tanggal 12 Januari 2014 sebanyak 82 penerbangan di Bandara Soekarno Hatta akan dialihkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Menteri Perhubungan E.E Mangindaan mengatakan, pengoperasian Bandara Halim saat ini sudah dalam tahap persiapan sejak 5 Januari lalu. Menurutnya, pengalihan ini merupakan solusi sementara untuk mengurangi kepadatan di Bandara Soetta.
  10. Masyarakat Jakarta berkesempatan menyaksikan dari dekat trofi Piala Dunia yang akan diperebutkan di Brasil pada Juni-Juli mendatang. Senin (6/1/2014) ini, trofi itu tiba di Jakarta setelah tiga hari mampir di Malaysia dan dipertontonkan kepada masyarakat di negeri jiran. Acara penyambutan trofi dipimpin oleh Ketua Umum PSSI DJohar Arifin Husin dan perwakilan Kedutaan Besar Brazil di Bandara Soekarno Hatta. Nantinya Trofi akan dipajang di sebuah ruangan di JCC Jakarta.  Selama tiga hari trofi Piala Dunia akan ‘menginap’ di Jakarta, setelah itu akan dibawa menuju Cile dan keliling dunia untuk dipamerkan kepada seluruh penggemar sepak bola.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60975

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :