1. Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) di Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakart Timur, dilalap si jago merah, Sabtu (27/6) malam. Banyak dokumen penting yang menyangkut pengaduan di Komnas PA habis terbakar. Empat ruangan di Komnas PA ludes terbakar. Empat ruangan tersebut adalah ruang Sekretaris Jenderal, gudang penyimpanan data dan dua rungan khusus untuk pegawai menginap. “Data-data termasuk dokumen Kombas habis. Dan yang paling menyedihkan adalah gudang penyimpanan data, pengaduan masyarakat kita simpan di situ” kata Ketua PA Arist Merdeka Sirait. Peristiwa terbakarnya PA merupakan kejadian kedua sejak 2009.
  2. Sejumlah advokat NTT di Kupang dan Jakarta bakal menggugat secara class action Gubernur NTT dan Bupati bahkan Presiden Joko Widodo karena sebanyak 1.918 balita di NTT menderita gizi buruk. Menurut Salestinus, Gubernur NTT Frans Leburaya bisa digugat dalam perbuatan melawan hukum karena selama 15 tahun dalam memimpin Provinsi NTT telah lalai mengatasi keadaan busung lapar atau gizi buruk yang menimpa ribuan balita NTT selama 15 tahun. Di dalam gugatan juga diduga dana APBD yang setiap tahun dianggakan untuk bidang kesehatan dan kesejahteraan rakyat diduga diselewengkan.
  3. Wajib hati-hati membeli beras organik meski di supermarket. Polda Metro Jaya berhasil membongkar sindikat beras oplosan. Sekitar 50 ton beras oplosan yang diklaim beras organik ternyata mengandung insektidisa dan pewangi buatan. Modus sindikat beras oplosan adalah mencampur beras yang dibeli di Pasa Induk Beras Cipinang dengan zat kimia berbahaya, kemudian dikemas sebagai beras organik dan dijual dengan harga berlipat. Kapasitas produksi beras oplosan mencapai 100 ton per bulan.
  4. Pengamanan zona merah erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara diperketat. Hal ini dilakukan untuk mencegah warga nekat memasuki kawasan yang sangat berbahaya, pasalnya selama beberapa hari ini intensitas erupsi gunung berapi cukup tinggi dan setiap hari terus meluncurkan awan panas dan semburan debu vulkanik. Personel TNI AD disiagakan untuk menjaga pengamanan bencana alam tersebut, sekitar 500 anggota ditempatkan di daerah yang rawan.
  5. Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar meminta pemerintah segera melakukan pemetaan terhadap industri-industri yang berpotensi tinggi terkena dampak signifikan dari krisis ekonomi atau pelemahan ekonomi tengah terjadi di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gelombang PHK yang mulai terjadi. Tidak hanya itu, pemerintah juga harus sigap mengantisipasi terjadinya calon pengangguran baru. Timboel mengatakan, sejumlah Balai Latihan Kerja (BLK) mendesak untuk dimodernisasi, sehingga bisa merespon perkembangan industri baru. Khusus untuk Kementerian Tenaga Kerja dan dinas tenaga kerja, Timboel mengingatkan agar mengawasi proses PHK yang terjadi.
  6. Perburuan besar-besaran narapidana pembunuhan yang kabur dari penjara New York, AS telah berakhir. Satu narapidana yang masih kabur ditembak dan ditangkap. David Sweat ditangkap di lokasi berjarak 3 kilometer dari selatan perbatasan Kanada pada Minggu (28/6). Dia ditembak oleh salah satu petugas kepolisian dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis. Otoritas setempat menyatakan, Sweat dalam kondisi stabil di rumah sakit. Sweat melarikan diri bersama Richard Matt dari Lembaga Pemasyarakatan Clinton, New York pada 6 Juni. Perburuan kedua naripidana ini melibatkan 1.300 personel kepolisian dan penegak hukum lainnya selama 3 minggu. Matt lebih awal tertangkap, ia tewas karena ditembak oleh agen federal AS karena melakukan perelawanan.
  7. Menteri Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chirsnandi bersikeras tak akan mengubah keputusannya mengizinkan para PNS menggunakan mobil dinas untuk mudik lebaran. Namun dengan tegas KPK mengingatkan, bahwa pejabat negara yang dibayar dengan uang negara seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat, jangan memakai mobil dinas untuk keperluan pribadi, termasuk mudik. Plt Pimpinan KPK, Johan Budi mengingatkan, para penyelenggara negara, termasuk PNS sudah dihidupi dari uang negara. Jangan sampai para penyelenggara negara dan PNK malah menyalahgunakan wewenang dengan memakai aset negara untuk kepentingan pribadi dengan alasan apapun. “Jangan memakai fasilitas negara, yang seharusnya untuk kepentingan tugas itu digunakan untuk kepentingan pribadi” tegas Johan.
  8. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melarang para PNS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima bingkisan Lebaran dan parsel Hari Raya. Ahok merujuk kebijaksaan pada surat edaran yang dikeluarkan KPK pada 2013. Rujukan edaran KPK juga diterapkan Pemrov DKI terkait larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran. “Kita tetap ikuti imbauan KPK” kata pria yang akrab disapa Ahok itu.
  9. Jelang pilkada serentak pada Desember 2015, dimanfaatkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk membuka sekolah partai calon kepala daerah. Tidak hanya kader internal PDIP sendiri, sekolah partai juga diikuti kader parpol lain yang maju sebagai kepala daerah dari PDIP. Sekolah partai ini akan dilakukan dengan dua tahap. Pertama dilaksanakan pada 28 Juni – 3 Juli 2015. Para calon kepala daerah akan diberikan pelatihan untuk pemenangan saat bertarung di pilkada. Sebanyak 137 calon kepala daerah mengikuti sekolah partai ini.
  10. Indonesia, bersama 56 negara pendiri Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) pemimpin China, menandatangani pasal-pasal mengenai asosiasi pendirian lembaga baru itu, di Balai Agung Rakyat, Beijing (28/6). Penandatanganan dilakukan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78186

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1