1. Mulai tahun depan tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Pengumuman tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo. “Dengan mengucapkan rasa syukur dan seraya membaca Bismillah, 1 Juni ditetapkan dan diliburkan sebagai hari lahir Pancasia” kata Presiden.
  2. Presiden Jokowi dilaporkan gabungan LSM terkait terbitnya Perppu Kebiri. Jokowi dilaporkan ke Ombudsman, pasalnya dalam Perppu tidak diatur tentang hak korban berupa pencegahan dan rehabilitasi. Menurut kalangan LSM, Perppu yang diterbitkan tidak efektif menekan angka kejahatan seksual terhadap anak di Indonesia, karena tak memperhatikan rehabilitasi. Menanggapi laporan tersebut pihak Istana tidak melarang siapapun melaporkan presiden. Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi menerangkan Perppu yang dikeluarkan presiden merupakan bagian dari revisi Undang-undang Perlindungan Anak yang pada akhirnya diputuskan DPR.
  3. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan kesiapannya untuk ikut serta dalam upaya melawan kebangkitan paham komunisme atau Partai Komunis Indonesia (PKI). Pada simposium antikomunisme yang diikuti berbagai organisasi masyarakat, anggota petimbangan MUI Kholid Ridwan menyatakan jihad melawan PKI. Ormas yang tergabung dalam gerakan bela negara menyelenggarakan simposium nasional antikomunis bertajuk ‘Mengamankan Pancasila Dari Ancaman Kebangkitan PKI dan ideologi lain’.
  4. Selama Ramadan, Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan BPOM DKI untuk mengawasi peredaran takjil. Sesuai intruksi gubernur mengenai peredaran takjil dan penegakan zat-zat berbahaya, pengawasan akan dilakukan untuk mencegah peredaran makanan berbahaya selama bulan Ramadan.
  5. Polda Metro Jaya siap mengantisipasi potensi meningkatnya kriminalitas jelang bulan puasa. Kapolda Metro Jaya, Irjen Moechgiarto dalam mengantisipasi tindak kejahatan, akan ada patroli dalam skala besar, selain itu aparat keamanan juga akan melakukan strategi keamanan untuk agar masyarakat lebih nyaman dalam menjalani ibadah puasa.
  6. Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat pada Minggu 5 Juni di Jakarta untuk mengetahui penetapan awal puasa Ramadan. Sejumlah pihak turut diundang dalam sidang tersebut. Menteri Agama Lukman Hakim berharap pelaksanaan sidang isbat berlangsung lancar. Sehingga setelah itu pemerintah bisa menentukan dan mengumumkan 1 Ramadan.
  7. Bali akan menjadi tuan rumah penyelenggara Forum Antarparlemen Dunia pada 20-21 September 2016 mendatang. Acara akbar yang baru pertama kali diadakan ini akan dihadiri sekitar 500 delegasi dari seluruh dunia. Kedepannya forum ini diharapkan dapat menjadi tonggak terjalinnya hubungan erat antar parlemen seluruh dunia.
  8. Ribuan warga Malang, Jawa Timur yang tergabung dalam Pilar Penengak dan Penyelamat Pancasila mendatangi gedung DPRD setelap mengusung petisi “Selamatkan Pancasila” yang berisi penolakan terhadap segala bentuk ideologi komunisme dan radikalisme di Indonesia, menolak segala pencabutan Tap MPRS XXV/1996 tentang Penyebaran Paham Komunisme. Ribuan warga dari berberbagai organisasi meminta petisi ditandatangani oleh seluruh anggota dewan. Petisi ini nantinya akan dikirimkan ke DPR RI dan istana negara.
  9. Latihan gabungan bersama Angkatan Laut (AL), Rim of The Pacific (RIMPAC) akan segera digelar di Hawaii, Amerika Serikat pada 30 Juni – 4 Agustus 2016. Tahun ini akan menjadi tahun latihan AL terbesar di dunia yang diikuti 27 negara. Diperkirakan ada 45 unit kapal, lima unit kapal selam, lebih dari 200 unit pesawat dan 20 ribu personel yang mengikuti RIMPAC 2016. Indonesia akan menurunkan kapal pertama dari korvet kelas SIGMA TNI AL yaitu KRI Diponegoro-365.
  10. Legenda tinju dunia, Mohammad Ali meninggal dunia Jumat (3/6) waktu setempat akibat komplikasi penyakit parkinston yang dideritanya selama 12 tahun. Mohammad Ali akan selalu dikenang lebih dari ‘sekedar’ juara tinju kelas berat dunia yang pernah disandangnya. Kebijaksanaan dan kemurahan hatinya menjadikan pria kelahiran 1942 itu sebagai sosok panutan.