1. Jelang Pemilu, berbagai cara dilakukan partai politik untuk mendulang suara. Salah satunya, merekrut artis sebagai calon legislator. Sebagai contoh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menggandeng Raja Dangdut Rhoma Irama, beserta anaknya Ridho Irama. Dari Partai Golkar, ada Nurul Arifin yang didaulat kembali mencalonkan diri sebagai caleg. Demokrat juga tak mau ketinggalan, pemain sinetron sekaligus pengacara Ruhut Sitompul pun akan dicalonkan kembali. Fenomena artis ‘nyaleg’ menimbulkan pro kontra, sebagian mendukung namun ada juga yang meragukan kinerja mereka.
  2. Kementerian Kesehatan RI mulai meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah kemungkinan masuknya virus korona di Indonesia setelah Arab Saudi kembali mengumumkan adanya korban tewas akibat penyakit tersebut. Surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan Novel Corona Virus tanggal 3 Mei 2013 tersebut melanjutkan surat edaran sebelumnya perihal kewaspadaan virus korona pada 13 Februari 2013. Gejala penyakit  yang ditandai secara umum adalah demam tinggi, sesak nafas, batuk dan berujung pada gangguan paru dan saluran napas yang berat.  Badan Kesehatan Dunia (WHO) menduga adanya kemungkinan virus korona dapat menular antar manusia.
  3. Joko Widodo, masih menjadi satu-satunya tokoh yang paling menarik perhatian masyarakat. Berdasarkan survei Pol-Tracking Institute, nama Jokowi masih unggul sebagai salah satu calon presiden idaman Indonesia. Survei yang dilakukan selama empat bulan terakhir, Jokowi mendapat suara hingga 82,54 persen. Nama Jokowi berada di atas nama-nama pemimpin lainnya. Meski diidolakan, Jokowi tidak menanggapi survei secara serius. Mantan Wali Kota Solo itu mengaku hanya ingin fokus membenahi masalah Jakarta.
  4. Mantan Presiden BJ Habibie menyatakan komitmennya untuk merintis industri pesawat terbang di Batam. Habibie mengatakan hanya akan mempersiapkan perusahaan, dengan harapan nantinya pemerintah dapat mengambil alih perusahaan industri itu. Ia pun menyatakan hanya akan merintis selama tiga tahun, setelah itu pensiun dan menyerahkan pada anak-anak terbaik bangsa ini. Tujuan lain Habibie merintis perusahaan pesawat di Batam karena strategis, dengan demikian Batam dapat lebih mendapat manfaat.
  5. Sejumlah aktivis HAM dan mahasiswa menutup mata dengan kain hitam saat menggelar deklarasi menolak politisi bermasalah di depan Kantor Kontras, Jakarta (5/5). Mereka menolak pencalonan politisi baik eksekutif maupun legislatif yang memiliki catatan pelanggaran HAM dan menuntut penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu.
  6. Peringatan 50 tahun Papua bergabung dengan NKRI digelar di Bundaran HI. Acara hadiri rakyat Papua dari berbagai pelosok. Peringatan tersebut disambut gembira oleh warga Papua, mereka mengenakan atribut adat saat menghadiri acara yang bertajuk ‘Soul of Papua’ di Kawasan Bundaran HI. (5/5).
  7. Institute Pertanian Bogor, dalam waktu dekat ini akan meluncurkan buku yang berjudul ‘Revolusi Oranye’. Buku tersebut berisikan tentang pemikiran dan gagasan dalam meningkatkan konsumsi buah lokal Indonesia. Ketidakmampuan buah lokal bersaing dengan buah impor menjadi landasan diterbitkannya buku ini. Di dalam buku tersebut juga akan dibahas beberapa isu diantaranya pasokan buah nusantara ke pasar ditenggarai kurang berkualitas, kurang berlanjut dan kurang konsisten.
  8. Pemerintah Indonesia memprotes keras dan keberatan menanggapi berita pembukaan Kantor Free West Papua di kota Oxford, Inggris. Pembukaan kantor tersebut jelas tidak sesuai dan bertolak belakang dengan hubungan persahabatan yang selama ini terjalin antara kedua negara, bahkan posisi Pemerintah Inggris turut mendukung integritas wilayah NKRI termasuk di dalamnya Papua Barat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
  9. Band asal Amerika Serikat Aerosmith dipastikan batal menggelar konser di Jakarta Karena alasan keamanan. Meski Jakarta dinyatakan aman, pihak manajemen Aerosmith tetap membatalkan konser. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menjelaskan, koordinasi antara Direktorat Intelejen Polda Metro Jaya subdit perizinan dengan penyelenggaraan konser, sejauh ini cukup baik. Perizinan konser tidak ada masalah, bahkan petugas siap mengamankan konser yang rencananya akan digelar pada 11 Mei di Kemayoran, Jakarta. Meski batal konser, promotor berjanji akan menjadwalkan ulang konser band rock asal Negeri Paman Sam itu.
  10. Sekitar 4 juta murid sekolah dasar (SD) seluruh Indonesia, Senin (6/5) secara serentak mengikuti ujian nasional (UN) yang tersebar di 7.000 gedung SD, baik sekolah yang dikelola pemerintah (negeri) maupun swasta.  Proses UN akan berlangsung hingga tanggal 8 Mei, ada 3 mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?55390

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :