1. Pelajar Kota Yogyakarta akan menggelar aksi mengumpulkan 10.000 buku, sebagai salah satu wujud kegiatan Fertival Pelajar, dan bagian dari rangkaian kegiatan memperingari Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2012. Buku-buku yang dikumpulkan akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu panitia masih membuka kesempatan kepada masyarakat umum yang berminat menyumbang buku sampai akhir Mei nanti. Purwoko Aji selaku ketua panita pelaksana mengatakan, kegiatan ini adalah kesempatan untuk mengumpulkan 10.000 buku yang akan diberi tajuk ‘Bendungan Buku’ yang sampai saat ini sedang dalam tahap pengumpulan. Ini merupakan wujud apresiasi pelajar terhadap kreativitas dan dan daya cipta, untuk itu perlu didukung.
  2. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) begitu menetapkan politikus Partai Demokrat Angelina Sondakh sebagai tersangka kasus suap di Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Seperti tak mau kehilangan kesempatan atau membuang waktu, KPK akan mengumpulkan bukti dan segera menjerat mantan Putri Indonesia itu dengan pasal-pasal pencucian uang.
  3. Ribuan penari memeriahkan acara “Solo Menari 24 Jam” dalam rangka peringatan Hari Tari Sedunia di beberapa titik keramaian di kota Solo, Minggu (29/4). Sebanyak 3.000 penari dari 84 sanggar tari yang ada di Solo, menampilkan tarian karya mereka.
  4. Rencana pemerintah mengontrol impor produk pertanian lewat pembatasan pelabuhan tak berjalan mulus. Selain mendapat penolakan dari importir, kebijakan pembatasan pelabuhan impor itu juga memicu munculnya gugatan terhadap aturan tersebut ke Organisasi Perdangan Dunia (WTO). Hal tersebut membuat Menteri Pertanian Suswono geram, ia mengatakan pihaknya bukan ingin membatasi impor, melainkan hanya melakukan kontrol. Kementerian Pertanian telah menyiapkan peraturan soal pembatasan pelabuhan impor berbagai produk pertanian seperti sayur dan buah. Kebijakan ini rencananya akan diberlakukan resmi pada 19 Juni mendatang. Dijelaskan Suswono, aturan baru ini nantinya akan ada 4 pelabuhan impor yang boleh melakukan kegiatan pemasukan produk pertanian. Keempat pelabuhan itu adalah Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Soekarno-Hatta, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Makasar. Pelanggaran terhadap ini akan ditindak tegas, hingga mencabut izin operasional impor, bahkan pengusaha importir yang bersangkutan juga akan diproses sesuai aturan yang berlaku.
  5. Semarang Night Carnival 2012 berlangsung meriah, dengan diikuti sekitar 1.500 orang. Dengan tema bunga, karnaval ini berlangsung seru dan penuh warna.Sejak Sabtu (28/4) sore ribuan warga Semarang berkumpul memadati jalan utama kota Semarang antara Jalan Pemuda hingga kawasan Simpang Lima. Inilah tempat dimana berlangsungnya Semarang Night Carnival atau yang disingkat SNC.
  6. Kasus yang melibatkan anggota DRR Fraksi PDIP terkait beredarnya video porno yang kini sudah bukan rahasia umum itu, telah disoroti oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SBY meminta dengan tegas kasus itu diusut dengan tuntas. “Saya melihat kasus perbuatan asusila yang dilakukan oleh anggota DPR fraksi PDIP ini sangat disayangkan sekali, padahal rakyat telah memberikan kewenangan yang besar pada wakilnya yang ada di DPR, itu artinya perbuatan tersebut melanggar sebuah kepercayaan rakyat,” paparnya. SBY meminta kepada jajaran aparat hukum untuk menindak kasus ini sampai tuntas. Ia pun mengatakan bila pelaku memang anggota DPR sepatutnya diberikan sanksi yang tegas dengan menonaktifkannya sebagai anggota DPR. “Kiranya memang pemerintah harus melakukan tindakan tegas, dan kami sebagai rakyat merasa kecewa atas perlakukan wakil rakyat ini. Saya juga menyarankan kepada semua aparat berwenang untuk menindaklanjuti kasus tersebut”.
  7. Ratusan ribu buruh dari berbagai elemen buruh akan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2011. Ribuan buruh tersebut akan
    melakukan aksi damai untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada pemerintah. Ketua Umum Komando Buruh Revolusioner (Kobar) Muhammad Rodja mengatakan, pada 1 Mei yang jatuh pada Selasa besok, buruh dari berbagai elemen akan mewarnai Jakarta. Aksi akan dibagi per wilayah di Jabodetabek dan akan terkonsentrasi di Jakarta. Pada perayaan May Day kali ini akan difokuskan hak-hak buruh, terutama tanggung jawab pemerintah dalam kepastian kerja dan upah layak secara nasional.
  8. Keterlibatan anggota DPRD dalam kasus hukum menjadi sisi gelap kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah pasca-reformasi 1998.Sepanjang 2004-2012 tercatat 431 orang anggota DPRD provinsi dan 998 orang anggota DPRD Kabupaten/Kota tersangkut berbagai status hukum. Kapuspen Kementerian Dalam Negeri Raydonnyzar Moenek, mengakui rekapitulasi data tersebut belum lengkap karena keterbatasan kualitas dan kuantitas data yang dikirim provinsi ke Kemendagri. Dari sebanyak 431 orang anggota DPRD provinsi bermasalah hukum terbanyak (83,76 persen) terkait korupsi.
  9. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memprioritaskan bidang pendidikan guna mensejahterakan warga Ibu Kota di masa mendatang. Karena itu, Pemprov DKI melalui Yayasan Putera Bahagia Jaya berkomitmen memajukan program tersebut.Yayasan ini telah membantu setidaknya sepuluh ribu lebih siswa tak mampu diberi pendidikan agar bisa lebih percaya diri, berani dan meningkatkan potensi masing-masing. Demikian dikatakan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam acara peluncuran logo baru dan perayaan hari ulang tahun ke-60 Yayasan Putra Bahagia Jaya di Silang Monas, Jakarta,(29/4). “Setiap siswa di Jakarta yang berasal dari keluarga tidak mampu sekalipun tidak memiliki alasan lagi tidak mendapatkan pendidikan yang baik. Siapa pun memiliki kesempatan dan peluang yang sama, dengan catatan mau bekerja dengan tekun memgembangkan diri untuk menjadi manusia yang berkualitas bagi Ibu kota” papar Gubernur DKI Fauzi Bowo.
  10. Sebanyak 12 warga Sulawesi Tenggara, memperoleh penghargaan SBY Award dari Partai Demokrat karena dinilai berhasil membantu pemerintah dalam menjalankan program pro-rakyat yang dilakukan pemerintah. Pemberian penghargaan SBY Award tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat Demokrat, Anas Urbaningrum yang didampingi oleh Sekjen DPP Demokrat Edhie Baskoro. Ke 12 warga yang memperoleh SBY Award tersebut untuk 12 kategori program pro- rakyat.