1. Badai Sandy sudah berlalu, namun masih ada bahaya mengintai puluhan ribu penduduk New York, Amerika Serikat. Minggu (4/11) waktu setempat diinformasikan suhu di Kota New York dari 4 derajat celcius ke minus satu derajat. Untuk itu pemerintah New York membuka tempat penampungan penghangat untuk para pengungsi. Sejumlah aula dan hotel dijadikan sebagai tempat penampungan. Gubernur New York, Michael Bloomberg memperingatkan warganya yang tidak memiliki pemanas untuk meninggalkan rumah dan tinggal di penampungan. Tercatat masih ada 30 -40 ribu warga yang mengungsi. Sementara sekitar 730 warga masih belum bisa mendapatkan listrik.
  2. Sekitar 113 orang tercatat tewas dalam badai Sandy yang memporak-porandakan Amerika Serikat dan Kanada, pekan lalu. Hampir separuh korban berada di Staten Island, pemukiman yang berada di seberang New York Harbor dari Lower Manhattan. Sebanyak 24 korban jiwa dilaporkan Pemerintah AS, pada Minggu (4/11). Sementara di Pennsylvania melaporkan 13 orang tewas, Karabia 69 jiwa, Haiti 54 jiwa, dan Kuba 11 jiwa.
  3. Keluarga miskin ibukota akan memiliki dokter pribadi. Itulah janji Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, yang mengatakan program tersebut merupakan upaya maksimal pelayanan kesehatan bagi warga miskin. Setelah kartu sehat diluncurkan, dalam pelaksanaannya nanti Pemprov DKI Jakarta akan melibatkan mahasiswa fakultas kedokteran di beberapa di seluruh Jakarta.
  4. Indonesia berpeluang besar menjadi pusat pengembangan vaksin di dunia dengan Bio Farma sebagai satu-satunya produsen vaksin di Tanah Air yang telah mengekspor vaksin ke 117 negara di dunia. Dijelaskan  Direktur Utama PT Bio Farma, Iskandar, diantara 14 negara berkembang yang menjadi produser vaksin, Indonesia merupakan negara yang memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin yang sangat dibutuhkan dunia, khususnya negara-negara berkembang. Selain menjadi produsen vaksin dunia, Indonesia juga berpeluang menjadi pusat untuk penelitian, dan berperan sebagai mitra peneliti vaksin bagi negara berkembang.
  5. Ribuan TNI disiagakan untuk memperketat pengamanan Bali menjelang pelaksanaan kerja sama politik dan demokrasi, Bali Democracy Forum (BDF) V yang di gelar di Nusa Dua, pada 8-9 November 2012. Pertemuan tahunan yang akan dihadiri  12 kepala negara dan kepala pemerintahan akan dipastikan mendapat pengamanan ketat di beberapa pintu masuk. Selain Nusa Dua, beberapa pintu masuk menuju Bali seperti Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Pedangbai akan dipantau. Selain mengerahkan personel, TNI juga mengerahkan beberapa peralatan seperti kendaraan lapis baja, hingga kapal perang yang disiagakan di Pelabuhan Benoa, dan berpatroli di perairan selatan Bali.
  6. Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung penetapan tahun Sunda. Rencananya budayawan Sunda akan menggelar prosesi menyambut Tahun Baru Sunda 1947. Kegiatan akan digelar di Kota Bandung dan di kabupaten/kota lainnya. Tahun Baru Sunda dipastikan akan jatuh pada tanggal 15 November. Penanggalan Sunda sampai saat ini masih digunakan kalangan petani dan nelayan, terutama di kampung adat seperti di Badui, Kampung Naga, dan Cipta Gelar.
  7. Kalangan pengusaha yang tergabung dalam lintas asosiasi pengusaha mengancam akan menutup pabrik mereka. Ancaman tersebut serius sebagai respons dari demo buruh yang dinilai anarkis dan tidak ada kepastian hukum yang jelas dari pemerintah. Pekan lalu kalangan pengusaha mengancam akan menutup pabrik mereka secara serentak karena dinilai merugikan, pasalnya tindakan buruh saat ini sudah mengarah ke kriminal antara lain pengerusakan fasilitas pabrik atau perusahaan dan penganiayaan. Para pengusaha yang tergabung dalam 23 asosiasi mengancam akan menghentikan operasi usahanya kalau tidak ada kepastian hukum atau aksi buruh yang berujung kriminal.
  8. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji siap menyediakan ruang terbuka hijau lebih banyak di Jakarta. Dalam lima tahun kepemimpinannya mendatang, Jokowi menargetkan 20 persen RTH. Saat ini Jakarta hanya memiliki 10 persen ruang hijau. Untuk mencapai target itu, Jokowi siap membeli lahan sebanyak mungkin. Ia akan menggunakan lahan-lahan yang belum terpakai dengan konsisten terhadap rancangan tata ruang yang ada. Bahkan Jokowi pun berencana mendesain ulang rencana tata ruang hijau Jakarta.
  9. Indonesia akan melakukan lobi intens kepada 45 negara Asia agar bisa terpilih menjadi tuan rumah Asia Games ke-18 tahun 2019 yang rencananya akan digelar di Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan Rita Subowo selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat bertemu Wakil Presiden Boediono. Rita mengatakan Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games 50 tahun yang lalu sehingga sudah saatnya bisa terpilih lagi menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Rita juga menambahkan Indonesia khususnya Jawa Timur layak jadi tuan rumah mengingat memiliki infrastruktur yang baik seperti ada tiga bandara, yaitu Surabaya, Malang, dan Madiun, begitu juga pelabuhan Tanjung Perak yang besar. Jaminan lain adalah siatuasi Indonesia yang kondusif sehingga memang Indonesia layak jadi tuan rumah. Selain Indonesia, negara Vietnam dan Uni Esmirat Arab juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Asia Games ke-18.
  10.  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya sepakat memfokuskan penyelesaian sebanyak 70 titik kemacetan di Jakarta. Penanganan titik kemacetan akan dilakukan secara bersamaan dengan menempatkan personel kepolisian maupun aparat Pemprov DKI. Kesepakatan tersebut diperoleh setelah Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno bertemu Gubernur DKI Joko Widodo di Balaikota, Jakarta.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50162

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :