logo top 10

  1. Buntut dari aksi mogok nasional oleh serikat buruh pada 31 Oktober lalu, banyak perusahaan merugi. Sekitar 97 perusahaan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) menelan kerugian hingga sebesar Rp 48,5 miliar. Dari data yang diterima Kamar Dagang Industri (KADIN) DKI Jakarta, saat aksi mogok berlangsung, hampir seluruh perusahaan industri padat karya yang berlokasi di KBN tidak ada yang produksi. Hal tersebut mengakibatkan stok produksi perusahaan mengalami kerugian hingga Rp 500 juta. Kerugian tersebut belum termasuk pinalti dari pembeli akibat keterlambatan pengiriman barang dan juga adanya sarana dan prasarana perusahaan yang rusak akibat amukan demonstran.
  2. Aktivitas Gunung Sinabung, Sumatera Utara meningkat, hal ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terpaksa mengungsikan sekitar 1.293 warga ke tempat yang lebih aman. Pengungsi berasal dari dua desa yakni Desa Mardinding sebanyak 891 orang dan Desa Suka Meriah sebanyak 402 orang. PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM telah menaikan status Sinabung dari wasapda (level II) menjadi siaga (level III).
  3. Menyingkapi banyaknya pelanggaran lalu lintas, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyiapkan situs daring atau website khusus untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaporkan tindakan pelanggaran lalu lintas. Melalui website nantinya masyarakat bisa melaporkan pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan dengan cara memotret lalu menggunggahnya dalam situs itu. Dari hasil laporan masyarakat yang diunggah, polisi akan langsung menindaklanjuti dengan mengecek ke lapangan dan memberikan sangsi tilang kepada pelanggar yang bersangkutan. Cara ini dianggap lebih efektif, terlebih dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi peristiwa di jalan raya. Sebagai imbalannya, kepolisian akan memberikan sejumlah imbalan berupa poin atau tingkatan level yang bisa ditukar dengan voucher tertentu.
  4. Pagelaran kesenian dan kebudayaan yang bertema Jakarta Big Kampoeng  hadir di Jakarta pada 3- 5 November. Pameran ini merupakan ajang mempertemukan seniman antar generasi dari seniman muda hingga seniman senior di Indonesia yang digagas oleh para alumni ITB.  Pasar Seni Jakarta yang digelar di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) ini menampilkan berbagai wahana atraksi dari karya seni yang dibagi menjadi empat zona kehidupan, yaitu angin, api, air dan tanah.  Empat zona tersebut menjadi simulasi dari kehidupan masa lalu Jakarta yang dulu bernama Sunda Kelapa, tempat persinggahan pedagang dari  berbagai etnis dan bangsa di dunia. Pasar Seni Jakarta 2013 sengaja digelar agar seni dan budaya Indonesia dapat semakin diapresiasi oleh masyarakat, khususnya warga Jakarta.
  5. Bahasa Indonesia saat ini mengalami perkembangan pesat dan punya peranan penting dalam pergaulan internasional. Sebanyak 45 negara di dunia dan ratusan tempat sedang mengikuti program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). BIPA meliputi pendidikan berupa mendengarkan, berbicara-produktif dan interaktif, membaca dan menulis. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbut, Mahsun. Mahsun mengatakan, saat ini sedikitnya ada 45 negara telah menyelenggarakan program BIPA, dengan 174 tempat pelaksanaan yang tersebar di negara-negara di dunia. Australia termasuk negara yang paling banyak mempelajari bahasa Indonesia.
  6. Kinerja pariwisata Indonesia menaglami peningkatan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan kenaikan jumlah wisatawan dalam beberapa bulan belakangan ini didukung oleh banyaknya kegiatan. Selain Miss World 2013 yang digelar di Bali pada September lalu, sejumlah pertemuan yang diadakan diberbagai kota di seluruh Indonesia dalam kaitan APEC 2013 juga memberikan kontribusi terhadap kenaikan kunjungan wisman. Berdasarkan data BPS dan Pusat Data dan Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia bulan September 2013 mencapai 770.878 wisman, naik 12,8% dibandingkan September 2012 yang jumlahnya 683.584 wisman.
  7. Pemprov DKI berencana menerapkan sistem pembelajaran elektronik atau electronic learning (e-lerning) di sekolah-sekolah di wilayah Jakarta. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok ini menginginkan Jakarta menjadi kota pintar untuk itu perlu diterapkannya e-learning di sekolah. Guna mewujudkan impian tersebut, Pemprov DKI mulai membangun sambungan fiber optic serta antenna telekomunikasi mikro selural di sekolah yang ada di DKI. Kerjasama dengan PT BIT Teknologi Nusantara pun telah dijalin untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota pintar. “Dengan cara tersebut, maka kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berlangsung dengan sistem online” papar Ahok.
  8. Sekelompok peretas (hecker) yang menamakan dirinya ‘Anonymous Indonesia’ membajak ratusan situs Australia. Hal ini dilakukan untuk memprotes Australia yang dikabarkan melakukan penyadapan ke Indonesia. Melalui akun Twitter,  ‘Anonymous Indonesia’ memposting daftar situs-situs yang dibajak. Ada lebih 100 website yang dibajak dan kebanyakan situs bisnis Australia. Dalam postingannya jaringan kelompok aktivis internasional Anonymous menuliskan “Stop Spying on Indonesia”. Menindaklanjuti kejadian ini Kementerian Luar Negeri RI telah memanggil Dubes Australia Greg Moriarty menyusul laporan bahwa Kedubes Australia di Jakarta dipakai untuk kegiatan mata-mata.
  9. Jumat lalu, Amerika dibuat heboh dengan kasus penembakan yang terjadi di Bandara Internasional Los Angeles, AS. Paul Cancia tersangka penembakan di Bandara LA kini tengah menjalani pemeriksaan karena menembak mati seorang petugas keamanan transportasi dan melukai enam lainnya. Polisi belum mengetahui motivasi pelaku dalam penembakan ini. Atas aksinya ini Paul akan dijerat dengan ancaman hukuman mati.
  10. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan membuat terobosan gerakan 1 juta relawan pengawas pemilu. Hal ini bertujuan untuk menciptakan penyelenggaraan Pemilu 2014 yang lebih baik dari pemilu-pemilu sebelumnya. Dibuatnya relawan pengawas pemilu untuk menekan angka golput, dimana angka golpun pada umumnya dipicu oleh pemilih-pemilih pemula yang belum paham teknis pemilu dan belum memahami urgensi pemilu yang demokratis. Untuk menyukseskan programnya ini Bawaslu menggandeng para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia agar aktif dan ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan pemilu 2014.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59711

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :