1. Sedikitnya kelompok buruh di 20 provinsi melakukan aksi mogok nasional, Rabu (3/10), terkait tuntutan penghapusan outsourching, penolakan upah murah dan jaminan kesehatan pada 2014. Aksi mogok kerja terjadi di beberapa kawasan industri. Mereka mendesak pemerintah untuk mengeluarkan permenaker mengenai pelanggaran outsourcing di luar 5 jenis pekerjaan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 yaitu : tenaga kebersihan, tenaga keamanan, tenaga catering, tenaga driver, dan jasa penunjang di perusahan pertambangan.Para buruh pun menuntut agar pemerintah menghentikan dan mencabut izin perusahaan outsourching selambat-lambatnya pada pertengahan Oktober 2012. Diperkirakan karena 80 kawasan industri se-Indonesia lumpuh karena para buruh menggelas aksi demonstrasi nasional.
  2. Mogok nasional menuntut penghapusan sistem kerja outsourching dan kontrak, penghapusan politik upah murah dan jaminan bebas berserikat, yang terjadi Rabu (3/10) ternyata menjadi permasalahan yang kerap dilaporkan ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. LBH menilai hampir tidak ada tindakan dari pemerintah terhadap pelanggaran sistem kontrak dan outsourching. Pemerintah justru semakin melegalkan dan mempermudah pelaksanaan outsourching. LBH menilai tuntutan para buruh tidak melanggar Undang-undang, bahkan diperbolehkan dan tanpa anarkis.
  3. Tak digubris dengan aksinya, serikat pekerja mengancam akan menggelar aksi lanjutan mogok kerja apabila pemerintah tidak merespon tuntutan buruh secara cepat. Andi Gani, Presiden Pekerja Seluruh Indonesia, mengatakan siap mengerahkan lebih banyak buruh untuk melanjutkan aksi mogok kerja tersebut. “Kalau belum ada progress, kami akan melanjutkan aksi mogok nasional. Sebanyak 10 juta buruh akan kami kerahkan,” paparnya.
  4. Sebanyak 15.020 persenel dikerahkan untuk mengamankan demo buruh sepanjang hari ini, Rabu (3/10). Aparat keamanan disebar di sejumlah titik di Jakarta. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan aparat keamanan sebanyak 15. 020 personel terdiri dari gabungan Polda Metro Jaya, BKO Mabes Polri, Polres, Brimob, dan BKO TNI. Sekitar 23.000 buruh melakukan unjuk rasa, dan sekitar 10.000 menuju Bundaran HI, Istana Negara dan kawasan Monumen Nasional.
  5. Alat musik tradisional, sasando, berasal dari Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, diusulkan mendapat penghargaan konservasi budaya dari badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan (UNESCO). Alat musik petik tersebut bahkan sudah menjadi ikon nasional, bahkan dunia, selain Komodo dan Kelimutu di NTT, sehingga dianggap perlu mendapat penghargaan dari badan PBB.
  6. Pemerintah AS, melalui badan bantuan USAID meluncurkan program pendidikan untuk meningkatkan kualitas lebih dari 100 Kabupaten atau kota di Tanah Air. Menurut Kedutaan Besar AS di Jakarta, program pendidikan yang diberi nama PRIORITAS ini mendapat kucuran dana senilai US$83,7 juta atau sekitar Rp 803 miliar. Targetnya program ini bisa memberi manfaat untuk sekitar 300 ribu murid.  Dalam program ini, USAID akan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas mengajar dan belajar di 1.400 sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan madrasah di 110 kabupaten/kota dengan fokus pada daerah penghasilan rendah.
  7. DPR resmi memberhentikan Angelina Sondakh. Politikus Demokrat yang terjerat kasus dugaan korupsi itu diberhentikan sementara hingga ada putusan pengadilan yang bersifat final dan mengikat. Pemberhentian sementara Angelina didasarkan pada keputusan Badan Kehormatan yang kemudian disetujui para anggota DPR dalam sidang paripurna. Sesuai UU No 27/2009 tentang DPR, MPR, DPD dan DPRD serta Kode Etik DPR, Angelina yang telah berstatus terdakwa diberhentikan sementara.
  8. Sejumlah karyawan perusahaan telekomunikasi membentangkan kain batik saat memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada hari Selasa, 2 Oktober 2012. Di mana-mana batik. Di rumah, sekolah, perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, panggung hiburan, hingga Istana Kepresidenan batik menjadi pemandangan dominan. Busana batik bahkan tak hanya hadir di dalam dunia nyata, namun juga ramai di media social. Itulah warna yang hadir dalam peringatan Hari Batik Nasional, kemarin. Kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap berbusana batik memang seperti mengalir.
  9. Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Mitt Romney gencar melakukan kampanye di Denvar, Colorado. Dalam kampanyenya, Romney sempat menyebarkan selebaran yang berisi janji Romney dan calon wakilnya Paul Ryan bila terpilih nanti. Lewat selebaran itu, Romney menyebutkan apa artinya kepemimpinannya untuk AS dan memaparkan janji-janjinya kepada calon pemilihnya. Salah satu janjinya adalah ia ingin menciptakan lapangan pekerjaan hingga 12 juta. Dirinya pun menjanjikan akan memberi gaji tinggi yang akan diberikan kepada rakyat dan masa depan yang lebih cerah untuk usaha kecil menengah.
  10. Akibat aksi mogok nasional yang dilakukan buruh di Kawasan Industri Pulogadung, diprediksikan potensi kerugian perusahaan mencapai ratusan miliar rupiah. Ketua Hubungan Industrial Dewan Pengurus Kota Jakarta Timur Apindo, Bambang Adam mengatakan, akibat aksi mogok kali ini hampir semua perusahaan atau pabrik di kawasan Industri Pulogadung mengalami kelumpuhan. Ia berharap aksi mogok tidak berlanjut. Pasalnya selain merugikan perusahaan, aksi mogok juga merusak iklim investasi di Indonesia. “Semoga cukup sampai hari ini buruh melakukan demo, kalau demo dan mogok terus bisa-bisa investor pada kabur semua karena dianggap investasi di sini tidak kondusif,” paparnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49501

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :