1. Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Tim Advokasi Koalisi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk kesejahteraan rakyat, melayangkan somasi kepada Ketua DPR. Somasi tersebut terkait dengan pembangunan gedung baru DPR RI yang diperkirakan menelan anggaran hampir Rp 1,2 triliun.
Mereka menilai bahwa pembangunan gedung baru ini telah melanggar undang-undang dan bukan untuk kepentingan rakyat.
“Pembangunan ini melanggar Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 23 ayat 1, yang berbunyi bahwa APBN dilaksanakan untuk kemakmuran rakyat. Dengan ini kami mensomasi Pimpinan DPR, Ketua, Wakil Ketua Beserta Seluruh Anggota Badan Urusan Rumah Tangga, Presiden, Menteri Keuangan, dan Pimpinan Fraksi DPR,” ucap anggota tim advokasi aliansi LSM, Janses Sihaloho, saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Minggu (03/04).
2. Tangki bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, meledak pada hari Sabtu (02/03). Ledakan ini diduga berasal dari api di tangki penampung komponen pemacu kenaikan gas oktan (high octane mogas component/HOMC) yang terbakar pada Sabtu pagi.
Meski demikian, pihak Pertamina menegaskan bahwa kejadian ini tidak akan mengganggu pasokan BBM.
“Kami memastikan bahwa pasokan BBM tidak akan mengalami gangguan akibat kebakaran ini,” ungkap Vice President Komunikasi PT Pertamina, M Harun, di Jakarta.
3. Seorang nasabah Citibank diduga tewas usai menjalani interogasi oleh tiga orang yang berprofesi sebagai jasa penagih hutang (debt collectors). Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Pol Gatot Edi Pramono mengungkapkan bahwa korban yang bernama Irzen Octa ini diduga tewas akibat penganiayaan yang dilakukan tiga orang penagih hutang Citibank. Ketiga tersangka yang telah diketahui identitasnya ini selanjutnya dikenakan Pasal 351 ayat 3 KUHP tentang penganiayaan yang mengakibatkan kematian dengan acaman hukuman 7 tahu penjara.
4. Pihak kepolisian terus menyelidiki kasus penggelapan dana nasabah Citibank sebesar Rp 17 miliar yang melibatkan manajer Citibank, Inong Melinda alias Melinda Dee (47).
Setelah menyita aset Melinda, tim penyidik Polri kini berhasil menyita kembali aset pegawai Citibank tersebut berupa tiga unit mobil yakni dua mobil dengan merek Ferari dan satu mobil Mercedes-Bens E-Class 350.
5. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat mengangkat Mas Bekel Anom Suraksihoni atau yang akrab disapa Asih (46) sebagai Juru Kunci Gunung Merapi. Pengumuman pengangkatan ini disampaikan Tim Seleksi Kawedanan Agung Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Minggu (03/04).
Asih tidak lain merupakan putra dari juru kunci Gunung Merapi sebelumnya, Mbah Marijan, yang tewas saat gunung berapi tersebut meletus pada bulan Oktober 2010 lalu.
6. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Pakistan terkait kabar tertangkapnya Umar Patek oleh pihak keamanan Pakistan pada tanggal 2 Maret lalu.
Umar Patek diduga terlibat dalam aksi pengeboman di Bali pada tahun 2002 silam dengan target Sari Club dan Paddy’s Bar di Kuta, Bali.
Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutanto menerangkan bahwa Umar Patek yang selama ini dicari pihak keamanan Indonesia berhasil ditangkap di Pakistan. Selain di Indonesia, Umar Patek juga diburu oleh pihak keamanan Filipina, Australia dan Amerika Serikat.
7. Pernikahan sesama jenis antara Muhammad Umar dengan Fransisca Anastasya Octavianti alias Rahmat yang terjadi di Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, menghebohkan banyak pihak.
Berdasarkan keterangan Kapolsek Jatiasih, AKP Karosekali, Rahmat diduga melakukan pemalsuan dokumen pernikahan dan wali nikah. Kasus ini terungkap setelah selama enam bulan pernikahan Umar curiga akan perilaku pasangannya tersebut yang selalu menolak saat hendak diminta berhubungan suami-istri. Setelah dilakukan penyelidikan oleh pihak keluarga dengan dibantu Ketua RT setempat, Fransisca yang bernama asli Rahmat ini akhirnya mengakui bahwa dirinya adalah laki-laki.
8. Harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi kembali naik terhitung mulai tanggal 1 April 2011. Kenaikan ini meliputi BBM jenis Pertamax, Pertamax Plus dan Bio Pertamax untuk wilayah Jakarta dan beberapa kota besar lainnya.
9. Lagi, tenaga kerja Indonesia (TKI) meninggal dunia di Arab Saudi. Aan Darwati binti Udin Encup (37) diketemukan dalam keadaan tidak bernyawa dengan kondisi mengenaskan di dalam toilet rumah majikannya. 
Kabar tewasnya Aan ini terungkap setelah sebuah situs yang beralamat di www.sabq.org memberitakan kematian TKI asal Majalengka, Jawa Barat, tersebut.
Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jumhur Hidayat, mengutuk keras kasus yang menimpa Aan ini. 
Menurut situs Al-Sabq, Aan ditemukan dengan kondisi tubuh penuh luka memar dan terdapat bekas luka tusukan benda tajam. Selain itu pada beberapa bagian tubuh korban juga tampak mengelupas.
10. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutanto, mengungkapkan bahwa teror bom buku yang terjadi pada bulan Maret lalu tidak ada kaitannya dengan isu politik saat ini. Sutanto menyampaikan bahwa teror tersebut dilakukan oleh para pelaku yang selama ini menjadi target pihak keamanan.
“Pastinya ini dilakukan oleh pelaku teror jaringan lama. Jadi tidak ada kaitannya dengan

perkembangan politik saat ini,” ucap Sutanto di Gedung DPR, Jakarta, Senin (04/04).

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36536

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini


Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :