1. Dukungan bagi Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok untuk maju sebagai calon gubernur indipenden pada Pilkada 2017 telah tembus 1 juta KTP. Jumlah KTP yang dikumpulkan mencapai 1.024.632. Ahok yang hadir di lokasi perhitungan pun langsung mengucapkan terimakasih kepada TemanAhok dan warga Jakarta yang telah ikut berpartisipasi mengumpulkan KTP untuk mendukung dirinya. Dukungan ini, menurut Ahok adalah sebuah momentum yang menyadarkan bahwa rakyat memiliki peranan dan mengontrol negara. Ahok juga mengatakan tak ingin ambil pusing apabila nanti dirinya gagal di jalur independen.
  2. Jalan bagi Ahok menuju DKI 1 semakin terbuka lebar setelah TemanAhok sukses menggumpulkan 1 juta KTP. Bicara soal proses dan dana kampanye nanti, Ahok menyatakan akan mengandalkan sumbangan dari pendukungnya. Alasannya mengandalkan dana sumbangan pendukungan, Ahok mengatakan ingin menghapus stigma di masyarakat selama ini yang menyebut maju menjadi calon gubernur perlu banyak uang. Tentang kampanye, ia tidak akan menerapkan kampanye tradisional yang dilakukan politisi, Ahok mengatakan tidak ada pengerahan massa.
  3. Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan sistem ganjil genap di kawasan bekas 3in1 pada 20 Juli mendatang. Teknis penerapan sistem ganjil genap akan dilakukan melalui sistem manual yang disesuaikan dengan kalender berjalan, misal tanggal satu hanya boleh dilalui kendaran berplat nomor akhir ganjil, tanggal dua hanya boleh dilalui kendaraan berpelat genap, begitu seterusnya.
  4. Pemerintah Australia mengeluarkan peringatan (travel advaice) kepada semua wisatawan khususnya wanita hamil yang hendak bepergian ke Indonesia khususnya Bali, untuk melindungi diri dari nyamuk dan penyebaran virus Zika di Indonesia. Menyusul imbauan Australia yang dikeluarkan pada 17 Juni 2016, Kemenkes membantah adanya penyebaran virus Zika di Bali. Kepala Biro Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan Indonesia bukanlah daerah endemis dan bukan daerah tertular Zika. Oskar mengklaim hingga saat ini hanya ada satu kasus virus Zika di Indonesia yang menyerang warga Jambi pada 2015. Menurut dia, dari laporan Laboratorium Biomedis Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, saat ini belum ada warga yang dinyatakan terkena virus Zika.
  5. Hujan lebat sejak Sabtu 18 Juni 2016 menyebabkan sejumlah wilayah di Jawa Tengah bagian selatan terendam banjir hingga menyebabkan longsor. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di 30 desa atau 16 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah menyebabkan 35 korban tewas, 25 orang hilang dan 14 korban luka-luka. Selain itu ratusan rumah rusak dan kerugian ekonomi mencapai miliaran rupiah.
  6. Presiden Joko Widodo menyatakan sangat berduka atas jatuhnya korban luka dan meninggal dunia dalam bencana longsor dan banjir di beberapa daerah di Jawa Tengah. Hal itu disampaikannya melalui akun twitternya. “Banjir, tanah longsor melanda beberapa daerah. Duka cita atas jatuhnya korban tanah longsor di Jateng. Kita bergerak bersama membantunya –Jkw,” tulis Presiden. Staf Khusus Presiden juga menyatakan, tak lama setelah mendengar laporan bencana, presiden mengintruksikan menteri terkait dan Pemda setempat untuk berkoordinasi mengatasi bencana.
  7. Paska tragedi Orlando, Amerika Serikat yang menewaskan 49 orang (12/6), Senat AS mengajukan usulan untuk memblokade penjualan senjata api dan memperluas pemeriksaan pembeli senjata api di AS. Keputusan disetujui atau tidak usulan tersebut, dijadwalkan akan digelar pemungutan suara pada Senin (20/6) waktu setempat.
  8. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melarang PNK dan pejabat di lingkungan Pemkot Bandung menerima parcel lebaran. Dia menyebutkan lebaran merupakan salah satu bentuk gratifikasi melalui pemberian hadiah. Pihaknya akan memberi sanksi tegas kepada PNS yang diketahui menerima gratifikasi.
  9. Bakal calon presiden Partai Republik, Donald Trump kembali membuat kontroversi. Selain melarang Muslim masuk Amerika, Trump menyebutkan akan menggunakan profiling agama untuk menggagalkan serangan teroris di masa depan. Profiling adalah tehnik mengidentifikasi pelaku kriminal berdasarkan kultur, perilaku, ras dan agama. Trump mengusulkan untuk memeriksa setiap masjid yang dilakukan diseluruh negara bagian. Pernyataan Trump tersebut muncul pasca tragedi Orlando.
  10. Politehnik Maritim Negeri Indonesia mengusulkan Presiden Joko Widodo menjadi Bapak Maritim Indonesia. Penghargaan akan diberikan bertepatan dengan perayaan Hari Maritim Dunia yang diperingati pada 29 September yang tahun ini akan dipusatkan oleh PBB Turki. Keseriusan Presiden Jokowi terhadap sektor maritim di Tanah Air menjadi alasan dirinya didaulat menjadi Bapak Maritim Indonesia.