logo top 10

  1. Pengamanan Lebaran tahun ini, Polda Metro Jaya bersama TNI akan menurunkan 8.645 personel kemanan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Humas Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto. Ribuan personel gabungan terdiri dari 3.276 personel petugas Polda, 4.724 personel satuan petugas Polres, 645 Personel gabungan dari TNI AD,AU, AL dan Dinas Perhubungan. Satuan personel pengamanan Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa dikenal ‘Ketupat Jaya’ akan mulai dilaksanakan pada 2 Agustus hingga 15 Agustus 2013. Selain memberikan pengamanan di ruas jalur mudik, petugas juga akan turut menjaga rumah-rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya mudik. Selain itu satuan juga akan dikerahkan dibeberapa titik keramaian, seperti tempat ibadah, pusat perbelanjaan, taman rekresasi dan obyek wisata lainnya.
  2. Rencana Raja Dangdut Rhoma Irama melaju ke bursa pemilihan Capres kian mantap, hal ini diungkapkan Rhoma Irama kepada media. Ia mengatakan akan terus melakukan konsolidasi di seluruh jajaran untuk mendukung pencapresannya. Bahkan Rhoma mengaku akan memasang baliho dengan gambar dirinya di seluruh Indonesia. Namun calon dari PKB ini mengaku belum memikirkan siapa tokoh yang akan menjadi wakilnya. Berbeda dengan pernyataan pembesar PKB, Muhaimin Iskandar yang menyatakan belum menentukan siapa yang akan melenggang ke kancah pilpres. Ketika ditanya apakah PKB secara penuh mendukung pencapresan Rhoma, Muhaimin tidak mengiyakan secara langsung.
  3. Komunitas Pengkaji Pergantian Nama Provinsi Jawa Barat mengusulkan agar Provinsi Jawa Barat diubah menjadi Provinsi Pasundan, alasannya nama Jawa Barat tidak mencerminkan ciri khas Kesundaan, sehingga menilai warga Jawa Barat kehilangan jati diri dan tidak punya kekuatan berarti untuk berperan di tingkat nasional. Terkait usulan tersebut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan enggan terlibat. Menurutnya hal tersebut biarlah menjadi urusan masyarakat. sebagai gubernur Aher mengaku lebih memilih bekerja ketimbang terlibat dalam urusan pro dan kontra. Saat ini usulan diserahkan Komunitas Pengkaji Pergantian Provinsi Jawa Barat ke Komisi A DPRD Jabar.
  4. Pencurian minyak mentah milik PT Pertamin EP masih terus terjadi, kali ini pencurian di jalur Tempino- Palju. Diduga Illegal tapping ini dilakukan oleh warga sekitar yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 290 miliar. Disampaikan Direktur Eksekutif Reforminer Institute Pri Agung Rakhmanto, pencurian minyak mentah telah mengganggu keamanan pasokan energi nasional dan juga lifting minyak nasional. Kejadian ini juga dapat menghambat implementasi Intruksi Presiden nomor 2 tahun 2012 tentang peningkatan produksi minyak nasional hingga mencapai 1 juta barel per hari. Untuk kasus ini Reforminer Institute meminta Presiden SBY beserta jajaran Kementerian terkait dan kepolisian agar bisa menyelesaikan masalah pencurian minyak mentah.
  5. Komitmen pemerintah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri dengan menggelar kegiatan Pasar Murah di berbagai wilayah di Indonesia cukup membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Pelaksanaan Pasar Murah kerjasama antara Mendag dan beberapa perusahaan swasta dan koperasi. Harga yang dijual di pasar murah lebih rendah daripada harga jual rata-rata, sehingga dapat membatu masyarakat yang kurang mampu.
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan dirinya tidak akan mentoleransi aksi kekerasan di bulan Ramadhan oleh elemen masyarakat mana pun. Untuk itu presiden memerintahkan aparat kepolisian untuk bertindak tegas dan profesional serta mampu mencegah terjadinya kerusuhan dan kekerasan yang lebih luas. SBY juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menghormati bulan suci Ramadhan, apalagi aksi kekerasan yang mengatasnamakan Islam tidak dibenarkan, termasuk tindak kekerasan, aksi perusakan dan main hakim sendiri. Presiden mengharapkan dukungan rakyat Indonesia guna menciptakan negeri tentram dimana masyarakatnya patuh terhadap hukum dan saling menghormati. Pidato presiden ini dilontarkan pasca kerusuhan di Kendal yang melibatkan Ormas FPI dengan masyarakat Kendal yang menewas 1 korban.
  7. Dugaan penyadapan oleh Australia terhadap pimpinan-pimpinan di negara Asia Pasifik termasuk SBY saat menghadiri KTT G-20 di London, Inggris mencuat setelah media Australia memberitakannya. Aksi penyadapan tersebut dikritisi banyak pihak termasuk Istana, Sementara SBY sendiri belum menanggapinya kendati sudah tahu berita itu sejak Juni lalu. Sejak kabar ini beredar, Badan Intelejen Negara (BIN) tengah menelusuri tindakan penyadapan terhadap Presiden RI. Seperti ditulis Sydney Morning Herald, penyadapan dilakukan kepada pemimpin termasuk SBY yang rencananya ingin menjabat sebagai Dewan PBB.
  8. Indonesia menyerukan agar aksi kekerasan di Mesir dihentikan. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa juga mengimbau agar negeri itu menghormati hak-hak asasi manusia serta menyelesaikan konflik secara damai dan konstitusional. Pernyataan Presiden SBY pun jadi perhatian media Mesir, SBY meminta agar WNI terus berkordinasi dengan KBRI dan jangan melibatkan diri dalam konflik yang tengah memanas. Tanggapan SBY terkait konflik Mesir merupakan tanggapan dari pernyataan Syeikh Qardhawy dan penasehat Syeikh Agung Al Azhar yang mendesak dunia internasional terutama negara-negara sahabat terdekat Mesir seperti Indonesia dan Malaysia untuk berperan aktif dalam mengakhiri krisis multidimensi di Mesir.
  9. Mengantisipasi arus mudik, Dinas Perhubungan DKI dan Polda Metro Jaya membuat posko untuk menjaring pengendara motor yang melintasi Jakarta dan sekitarnya. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan akibat banyaknya pemudik bermotor yang membawa muatan berlebih, padahal peraturan untuk lebih mengutamakan penumpang dan tidak diperkenankan membawa barang melebihi kapasitas. JIka kedapatan pemudik motor dengan muatan lebih, maka terpaksa akan diturunkan dan tidak boleh melintas. Larangan mudik dengan sepeda motor sebenarnya sudah diinformasikan, namun diperkirakan pada mudik jelang lebaran kali ini, jumlah pemudik bermotor akan tetap ada, untuk itu petugas tetap mengatisipasi agar kecelakaan tidak terjadi. Mudik 2012 angka kecelakaan mencapai 5.013, untuk itu tahun ini antisipasi terus ditingkatkan demi kenyamanan bersama.
  10. Pasca kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta, Medan pada 11 Juli 2013 menyebabkan 212 orang narapidana kabur. Sebanyak 111 orang narapidana telah tertangkap termasuk yang menyerahkan diri, sementara 110 orang narapidana yang diantaranya 4 teroris masih berkeliaran bebas diluar bui. Upaya pencarian terus digiatkan, baik dari Polri, Kementerian terkait, masyarakat serta keluarga narapidana diminta kerjasamanya agar narapidana yang kabur kembali menjalani sisa masa hukuman. Kerusuhan dan pembakaran Lapas Tanjung Gusta bermula ketika narapidana protes karena kehabisan air dan menyusul mati listrik jelang buka puasa. Kondisi tidak ada air dan matinya listrik diduga menbuat amarah narapidana memuncak sehingga merusak dan membakar Lapas.  Hingga kini tim penyidik tengah mendalami dan menyelidiki kasus ini.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57546

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :