logo top 10

  1. Empat kementerian menandatangani keputusan bersama kampanye anti korupsi. Tujuanya untuk menjalankan aksi anti korupsi di kementerian masing-masing. Keempat kementerian yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pandayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ketua KPK dan Kementerian Dalam  Negeri. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring pertimbangan penandatanganan ini untuk melaksanakan intruksi presiden no. 1 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi.
  2. Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz menyatakan pemerintah akan membebaskan uang muka rumah murah atau bersubsidi pada tahun 2014 mendatang. Hal ini merupakan insentif yang akan dikeluarkan sebagai kompensasi atas kenaikan harga rumah mudah dan lonjakan tingkat suku bunga perbankan. Djan menjelaskan, insentif tersebut akan mulai diberlakukan pada Januari 2014. Dengan keringanan ini, Djan berharap kenaikan harga rumah murah tidak terlalu membebani masyarakat. Selain pembebasan uang muka , Djan melanjutkan insentif pembebasan Pajakan Pertambahan Nilai (PPN) rumah murah juga akan segera direvisi. Kementerian Keuangan akan memperluas kategori rumah murah yang dibebaskan pajaknya.
  3. Untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2014 di Bali, Polda Bali akan mengerahkan 12 personel, gabungan TNI Polri. Peningkatan keamanan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya terorisme, pasalnya beberapa minggu terakhir sejumlah terduga teroris kembali ditangkap petugas dibeberapa daerah. Untuk itu Polda berharap semua pihak tetap waspada akan muncul ancaman teror.
  4. Masih tingginya aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, membuat pemerintah memperpanjang status darurat Sinabung yang saat ini masih dalam status ‘awas’. Masa tanggap darurat diperpanjang kembali dari 22-12-2013 hingga 4-1-2014. PVMBG masih menetapkan  radius aman lebih dari 5 km dari puncak kawah, saat ini pengungsi mencapai 18.166 jiwa yang tersebar di 31 titik. Belum dapat dipastikan hingga kapan masyarakat harus terus mengungsi. Hingga Minggu (22/12), telah terjadi 93 kali gempa frekuensi rendah, delapan kali gempa guguran. Akibat bencana ini, aktivitas ekonomi dan matapencaharian masyarakat jadi terganggu.
  5. Cuaca buruk melanda wilayah Pesisir Timur, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (22/12), mengakibatkan tujuh orang tewas. Cuaca buruk termasuk tornado hingga hujan es, melanda wilayah seperti Philadelphia, New York, dan New England. Temperatur mendadak turun drastis di sebagian besar wilayah tersebut. Deretan cuaca buruk tersebut merusak persiapan warga jelang Natal. Pemerintah setempat mengeluarkan peringatan untuk berhati-hati menghadapai kemungkinan terburuk. Gubernur New York Andrew Cuomo menyatakan, darurat badai di empat wilayah yang berada di New York.
  6. Warga negara Indonesia (WNI) yang menjual anggur atau “wine” palsu di Amerika Serikat (AS) divonis bersalah oleh pengadilan New York. Rudy Kurniawan dinyatakan bersalah atas dua dakwaan yang diajukan di pengadilan federal. Pria berusia 37 tahun itu dituduh menipu pembeli dengan mengatakan bahwa “wine” buatannya adalah jenis yang langka. Ditangkap pada 2012, WNI itu dituduh menjual “wine” palsu hingga mencapai USD1,3 juta atau sekira Rp15,7 miliar (Rp12.128 per USD). Penjualan “wine” palsu tersebut berlangsung antara 2004 hingga 2012.
  7. Pembenahan pasar tradisional bukan hanya mencakup pada infrastruktur. Namun juga pada pelayanan dan kenyamanan pengunjungnya. Untuk merealisasikan hal tersebut Pemprov DKI bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk menjalin kerjasama pengamanan pasar tradisional.  Tidak dipungkiri bahwa pasar tradisional sampai saat ini masih menjadi ‘lahan basah’ bagi pelaku kejahatan dan preman. Penjualan dan pengusaan lapak menjadi salah satu indikasi yang saat ini masih marak, juga kasus pencopetan dan masih banyak lagi. Pengamanan tersebut akan menjadi fokus dari kerjasama kemanan.
  8. Rencana relokasi 36  perusahaan padat karya  asal Jakarta  ke Jawa Timur, didukung Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A. Muhaimin Iskandar. Relokasi dilakukan, karena puluhan perusahaan tersebut tidak sanggup membayar upah karyawan sesuai upah minimum DKI Jakarta  sebesar Rp2,4 juta/bulan yang akan berlaku pada tahun 2014. Pernyataan ini diungkapkan Muhaimin menanggapi adanya 36 perusahaan yang sedang mengurus izin prinsip untuk mendirikan pabrik di Jawa Timur. Faktor lain yang  dipertimbangkan pengusaha selain tingginya upah di Jakarta, adalah stabilitas hubungan industrial yang  terjadi antara  pengusaha dan pekerja.
  9. Menghadapi Asean Economic Cummunity atau masyarakat ekonomi Asean, Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) membuat enam pernyataan sikap diantaranya mendesak  DPR RI segera mengesahkan RUU Perdagangan dan Perindustian untuk menjamin kepastian hukum bagi para pelaku usaha nasional di kancah international.Sekjen BPP GINSI  Achmad Ridwan Tento menegaskan enam sikap pernyataan tersebut merupakan hasil Rakernas tanggal 19 Desember 2013 membahas berbagai masalah ekonomi yang tengah melanda Indonesia. Selain mendesak pengesahan RUU Perdagangan dan Perindustrian, kelima sikap lainnya yakni mendesak pemerintah  bersikap tegas dalam menegakkan UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dimana dalam undang-undang tersebut disebutkan  pembayaran seluruh jasa penanganan barang dan petikemas di pelabuhan laut dan udara harus menggunakan mata uang rupiah.
  10. Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya), Inspektur Jenderal Polisi Putut Eko Bayuseno, menjamin perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru berlangsung aman. Putut mengaku telah memerintahkan Kapolsek dan Kapolres untuk mendatangi setiap pendeta gereja di wilayahnya guna berkoordinasi sejak pekan lalu. Polda Metro Jaya mendirikan 165 posko komando keamanan. Polda Metro Jaya juga mengerahkan sekitar 10.000 personel untuk mengamankan 1.680 gereja yang tersebar di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60811

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :