logo top 10

  1. Hari pemungutan suara atau pencoblosan untuk Pemilu Legislatif 2014 bagi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negari lebih cepat dibandingkan dengan di Tanah Air. Pelaksanaan pencoblosan itu dimulai Minggu (30/3) yaitu di Beijing, Shanghai, Hong Kong (China), Kopenhagen (Denmark), Brasil dan di Santiago, Chili. Sedangkan di Indonesia secara nasional ditetapkan pada 9 April 2014.
  2. Memperingati Hari Raya Nyepi, sejak 31 Maret, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup selama 24 jam. Sebanyak 400 jadwal penerbangan pun tutup. Sebelum ditutup, Angkasa Pura I bekerja sama dengan Air Navitigation telah mengirimkan notice to airman (NOTAMN) ke maskapai penerbangan dan bandara di seluruh dunia agar seluruh maskapai bisa mengatur dari jauh hari untuk tidak menjadwalkan penerbangan ke Bali selama penutupan yang rutin dilakukan setiap tahunnya.
  3. Pelaksanaan kampanye earth hour selama satu jam pada Sabtu (29/3) telah menurunkan beban listrik hingga ratusan megawatt di daerah Jawa, Madura dan Bali.  PLN telah menghitung penghematan yang terjadi ketika beban listrik diturunkan sebanyak 507 MW. Hasilnya dapat menghemat biaya hingga 1 miliar.  “Pada pelaksanaan kampanye earth hour atau jam bumi pada Sabtu 29 Maret 2014 pukul 20.30-21.30 waktu setempat, beban listrik Jamali turun hingga 509 MW atau 2,56 persen jika dibandingkan beban yang sama pada minggu lalu,” ujar Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto dalam keterangan tertulisnya.
  4. Akibat aksi sekelompok orang yang membakar kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) (28/2), logistik untuk pelaksanaan pemilu legislatif habis terbakar. Kepala Biro Logistik KPU Boradi mengatakan, mulai surat suara, sampul, formulir, hingga hologram dan kotak suara musnah terbakar. Bordi mengatakan, terdapat sekitar 800 ribu lembar surat suara dan 400 buah kotak suara hangus.
  5. Belasan proyek dan prototype karya anak bangsa dipamerkan dalam Makers Fair yang pertama kali diselenggarakan di @America membuat Wakil Duta Besar AS di Indonesia Kristen Bauer terkesima khususnya pada robot-robot buatan anak Indonesia. “Saya terkesima dengan apa yang dibuat oleh anak-anak muda. Kalau saya harus bikin sendiri, saya tidak tahu harus memulai dari mana” ungkapnya.  Dia mengatakan pameran inovasi seperti Maker’s Fair sudah lazim diadakan di AS dan berharap Makers @America Fair dapat memperbesar kesempatan para pelajar Indonesia untuk memamerkan hasil inovasi.
  6. Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) sedunia telah dan sedang melakukan penggalangan bantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Sinabung. Direktur Lembaga Sosial PPI Dunia, Muhammad Dhiya, Direktur Lembaga Pers PPI beserta relawan Kabanjahe datangi tujuh lokasi posko bencana erupsi G.Sinabung. Bantuan yang diberikan merupakan kontribusi dari PPI dunia, diantaranya PPI Tunista, PPMI Sudan, PPI Turki, PPI Maroko, PPI Rusia/PERMIRA dan PPI Australia. Dalam siaran persnya bantuan lain akan menyusul dari PPI negara di seluruh dunia.
  7. Satinah, tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Semarang ini didakwa membunuh majikan dan mengambil hartanya. Dia terancam hukuman pancung pada 3 April 2014. Ia telah mengakui perbuatannya dan telah dipenjara sejak 2009. Divonis pada 2011. Telah mengalami 3 kali penangguhan hukuman mati pada Desember 2011, 2012 dan terakhir Juni 2013. Keluarga korban meminta uang ganti uang darah/ denda atau diyat sebagai pengganti nyawa sebesar Rp 21 miliar. Hukumannya bisa ditangguhkan apabila uang diyat segera dibayarkan. Untuk membayar diyat, banyak kalangan berkerjasama mengumpulkan dana sebagai aksi sosial menyelamatan Satinah dari hukuman pancung. Kini nasib Satinah tinggal menghitung hari.
  8. Satinah bukan satu-satunya TKI yang terancam hukuman mati di luar negeri, karena masih banyak ratusan TKI yang bernasib sama.  Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2TKI) Gatot Abdullah Mansyur mengatakan, ada sekitar 248 TKI yang terancam mati di luar negeri, dan kini tengah menjalani proses hukum. Gatot menjelaskan, sejauh ini pemerintah telah berhasil membebaskan 176 TKI dari jeratan hukum melalui sejumlah negoisasi, termasuk 48 TKI yang dibebaskan dari hukuman di Arab Saudi.
  9. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat ini tengah berupaya mengembangkan potensi destinasi di Indonesia bagian timur. Salah satu yang dilakukan KKP adalah dengan mengembangkan beberapa wilayah Indonesia Timur, seperti di Republik  Maldives. Direncanakan pembangunan penginapan pada tiga kawasan, yaitu di Raja Ampat, Manado Utara dan Sulawesi Utara. “Kita akan kembangkan di Raja Ampat seluas 300 hektare, puluhan tempat. Dan juga di Ambas. Kita akan bangun Maldives di tiga kawasan. Sekarang ada 30 cottage yang dibangun” ungkap Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau kecil KKP, Sudirman Saad.
  10. Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat Asap Riau menyatakan sekitar 228 titik api kebakaran hutan dan lahan seluas 21.221 hektar (ha) sudah berhasil dipadamkan di Provinsi Riau, sejak operasi terpadu digencarkan pada akhir Februari hingga 31 Maret. Berdasarkan data Satgas, total luas lahan kebakaran di Riau sudah mencapai 21.768 ha. Pantauan Satgas Darah dan Satelit Terra dan Aqua menyatakan masih ada sekitar 12 titik api yang tersisa. Untuk menuntaskanya sebanyak 2.8556 pasukan gabungan dari Satgas Darat kini masih berusaha memadamkan kebakaran di lokasi titik api dan asap yang tersisa, serta melakukan operasi penegakan hukum.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62704

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :