1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertolak ke Australia untuk menghadari pertemuan tahunan dengan Perdana Menteri Australia Julia Gillard. Selain pembahasan ekonomi, SBY-Gillard juga akan menyinggung masalah penegakan hukum dan keamanan. Menurut SBY, kunjungannya ini merupakan kunjungan berkala, dan akan ada pembahasan terkait kerjasama penanganan kejahatan teroris.
  2. Menurut survei Indonesia sempat masuk sebagai salah satu negara gagal di dunia, namun hal itu ditolak oleh sebagian pengamat. Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ke-8 era pemerintahan Presiden Soeharto, Siswono Yudo Husodo dengan tegas membantah hal itu. Siswono mengatakan ditengah krisis global yang menimpa negara-negara kawasan Eropa dan Amerika, memang akan berpengaruh pada ekonomi Indonesia, namun tidak parah. Menurutnya saat ini perekonomian Indonesia tumbuh dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari produksi kelapa sawit terbesar saat ini mencapai Rp 50 triliun.
  3. Pro dan kontra rencana pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergulir. Meski DPR bersikeras menolak, namun sebaliknya masyarakat justru mendukung rencana KPK, bahkan banyak masyarakat menggalang dana untuk pembangunan gedung baru KPK. Dari berbagai golongan masyarakat mulai artis, mahasiswa, pejabat, dan masyarakat umum mengumpulkan sumbangan untuk membantu pembangunan gedung baru KPK. Namun dengan alasan tidak adanya undang-undang yang mengatur perihal sumbangan masyarakat untuk pembangunan, KPK terpaksa menolak niat baik masyarakat.
  4. Dukungan agar DPR mencairkan anggaran untuk pembangunan Gedung KPK masih terus berjalan. Kali ini bukan hanya melalui ‘kotak amal’ melainkan dunia maya, yakni petisi online yang nantinya akan disampaikan ke Komisi III DPR. Petisi ini dibuat oleh Rendy Ahmad, melalui petisi yang beralamat di www.charge.org/savekpk ia mengajak pengunjung untuk ikut berpartisipasi mendukung rencana pembangunan KPK. Pengunjung website itu harus mengisi identitas lengkap terlebih dahulu baru mengklik tombol tanda tangan. Bagi pendukung yang ingin menuliskan testimonial juga diperbolehkan.
  5. Wilayah Timur Amerika Serikat, Sabtu (30/6) waktu setempat dihantam badai hingga menewaskan 12 orang. Tak lama dari musibah itu wilayah negara bagian Indiana sampai Maryland juga diserang gelombang panas. Demi keselamatan dan keamanan warga, lebih dari tiga juga warga kawasan  tersebut harus hidup dengan pasokan listrik yang terbatas. Gelombang panas yang menyerang mencapai suhu 38 derajat celcius. Karena musibah tersebut Pemerintah Amerika Serikat memberlakukan siatuasi darurat sejak hari Sabtu. Status itu berlaku untuk kawasan Washington DC, Ohio, Virginia, dan Virginia Barat. Sementara itu Presiden Barack Obama menugaskan Badan Penanganan Bencana Alam Federal untuk berkoordinasi dengan negara-negara bagian yang diserang bencana alam tersebut.
  6. Sejumlah kalangan mendesak agar DPR dan pemerintah merevisi sistem pengajuan calon presiden (capres) yang tercantum dalam Undang-undang Pemilihan Presiden (UU Pilpres). Sistem pengajuan capres dalam UU tersebut tidak membuka peluang munculnya capres alternatif. Dengan direvisinya UU Pilpres dinilai dapat membuka peluang untuk pemimpin muda.
  7. Empat bendera Bintang Kejora berkibar di Abepure, Jayapura, Papua. Pengibaran itu untuk memperingati Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang tertepatan pada 1 Juli. Bendaera itu berkibar di Perbukitan Kamkei, Tanah Hitam dan Enggross ( Senin (2/7). Pengibaran bendera dimulai kemarin. Polda Papua dan Kodam 17 Cenderawasih tidak mengizinkan pengibaran bendera OPM, sehingga bendara-bendera itu pun diturunkan.
  8. Maraknya praktik korupsi yang dilakukan sejumlah pejabat negara dan politisi, termasuk aksi korupsi dana pengadaan Alquran di Kementerian Negara yang dilakukan anggota Komisi III DPR, Zulkarnaen Djabar dan putranya Dedy Perasetya Zulkarnaen, membuat Majelis Utama Indonesia (MUI) angkat bicara. MUI berpendapat negara diperbolehkan menyita aset pelaku tindak pidana koruspsi dan perampasan harta hasil korupsi tidak menghilangkan hukuman pelaku kejahatan tersebut.  Menanggapi korupsi Alquran yang terjadi di Kemeneg, ketua MUI bidang fatwa KH Ma’ruf Amin mengatakan, kasus korupsi itu menggambarkan moral para pelaku dari oknum legislatif, pengusaha, dan pemerintah sudah sangat parah dan tidak bermoral.
  9. Aktivitas pembelian tiket kereta api untuk mudik Lebaran sudah mulai berjalan bahkan jauh sebelum Ramadhan tiba, ratusan pembeli tiket mengantre. Peningkatan antrean pembelian tiket terjadi sejak akhir Juni, calon penumpang rata-rata membeli untuk keberangkatan 16- 17 Agustus. Sedangkan pihak petugas mengumumkan tiket keberangkatan pada hari tertentu menjelang hari H Lebaran telah habis.
  10. Ribuan petani tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah akan berangkat ke Jakarta untuk berdemonstrasi menolak rencana pengesahan rencana peraturan pemerintah (RPP) tentang tembakau. Para petani asal Temanggung itu nantinya akan bergabung dengan rombongan petani dari Wonosobo, Kendal, Boyolali, Jawa Timur, dan Jawa Barat, untuk berunjuk rasa. Jadwal selama berada di Jakarta pun telah direncanakan, di hari pertama massa akan mendatangi Kementerian Koordinator Kesejahteraan, Kementerian Hukum dan Ham, juga Kementerian Kesehatan. Di hari kedua, demonstran rencananya juga akan melakukan aksi damai di beberapa lembaga antitembakau, yaitu Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia dan Indonesia Corruption Watch. Mereka menuntut agar RPP tembakau tidak disahkan dan meminta dilibatkan dalam penyusunan RPP baru.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?46356

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :