Ingin suasana berbeda dalam liburan ? Cobalah melakukan traveling sendirian. Jangan canggung atau takut.

Karena ternyata, bepergian sendiri juga tidak kalah seru. Anda jadi lebih fleksibel mengatur waktu karena tidak perlu tergantung siapapun atau saling tunggu. Ini juga saat yang tepat untuk melatih kemampuan berkomunikasi. Lebih banyak bertemu orang asing, dan berinteraksi dengan mereka.

Ini tips, saat Anda harus bepergian sendiri.

Hati-hati kriminalitas

Hati-hati dengan keamanan diri. Waspada itu penting. Setiap kali meletakkan barang di manapun, jangan lengah. Biasanya karena asyik memotret, kita meletakkan tas begitu saja. Juga saat berada di keramaian, biasanya di tempat seperti itu banyak copet berkeliaran. Hindari juga penampilan yang berlebihan, seperti mengenakan perhiasan mencolok agar tidak menjadi sasaran empuk tindak kejahatan.

Gunakan fasilitas backpacker

Agar perjalanan lebih murah,  kita bisa menggunakan fasilitas backpacker. Komunitas backpacker akan sangat terbuka pada orang yang bepergian sendiri. Mereka mengenal tempat-tempat tertentu seperti penginapan yang lebih murah, aman dan nyaman.

Hormati norma setempat

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Ini yang perlu diterapkan saat Anda bepergian. Pahami budaya setempat. Misalnya, jika bepergian ke daerah yang konservatif atau religius, tentu jangan memakai pakaian yang minim seperti yang biasa Anda kenakan untuk berlibur ke Bali.

Tetap terhubung dengan “dunia” Anda

Tetaplah membawa telepon seluler atau perangkat apapun yang membuat tetap “terhubung” dengan dunia. Jika terjadi sesuatu, kita ntinggal memencet nomor darurat atau nomor siapapun yang diandalkan. Tetap beri kabar pada keluarga selama berlibur.

Saat dalam keadaan sendirian

Jika harus makan sendirian di tempat makan umum, jangan makan bersama orang yang belum dikenal. Carilah kursi terdekat dengan counter. Atau jika berada di tempat makan outdoor, sibukkan diri dengan membaca atau memperhatikan orang-orang. Kegiatan itu juga bisa menghindarkan kita dari rasa bosan.

Begitu pun jika kita memang sendirian di tengah keramaian. Yang paling penting adalah, jangan terlihat atau bersikap sebagai orang asing. Andalkan kepercayaan diri untuk mengunjungi tempat-tempat baru.