Sampai sekarang penduduk setempat masih salah menyebut nama danau yang satu ini.

Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg adalah nama sebuah danau di Massachusetts, AS.

Makanya biar lebih gampang penduduk setempat menyebutnya dengan sebutan danau Danau Webster saja. Habis perkara.

Karena begitu rumitnya kumpulan huruf itu untuk dibaca dan ditulis maka kerap terjadi salah ucap dan eja, tak terkecuali pada papan petunjuk arah menuju lokasi danau itu. Atas kesalahan itu, demikian diwartakan Associated Press, Selasa (21/4). Sebagaimana hasil riset Telegram & Gazette Worcester, huruf “o” di huruf ke-20 seharusnya “u” dan “h” di huruf ke-38 semestinya “n”.

Menurut pemerintah setempat, dari ejaan huruf-hurufnya itu jelas ciri khas nama yang biasa diberikan oleh suku Indian. Menurut  mitos, kata panjang itu memiliki arti: “Kamu mancing di sisimu, aku mancing di sisiku, dan tak ada orang yang mancing di tengah-tengah.”

Danau itu memang tempat memancing utama yang berada di perbatasan daerah tempat tinggal beberapa suku asli, dan merupakan lokasi pertemuan berbagai jalan setapak yang menjadi sarana perhubungan suku asli di sekeliling danau. Berdasarkan alasan tersebut, dana ini juga sering digunakan sebagai tempat pertemuan.

Meski sulit dibaca dan dieja,  penduduk dan pemerintah setempat enggan mengganti nama danau nan panjang dan unik itu. Mereka justru bangga dan beralasan nama itu menjadi ke-khasan daerah mereka. Bahakn hingga kini, danau itu menjadi satu-satunya nama danau yang terpanjang di dunia.

Sebuah peta kota Dudley dari tahun 1795 menulis nama danau ini sebagai Chargoggaggoggmanchoggagogg. Lalu pada tahun 1830 nama danau ini ditulis Chaubunagungamaugg. Hingga akhirnya kemudian menjadi Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg seperti sekarang.

Aya-aya wae…kalau kata orang Sunda

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32964

Untuk melihat Berita Indonesia / Unik lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket