Katering sehat

Asupan gizi yang baik didapatkan oleh tubuh manusia melalui makanan sehat, tak terkecuali bagi mereka yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan. Lantas bagaimana caranya mengatur gizi ataupun kalori dari makanan yang akan dikonsumsi bagi mereka yang diet?

Nah, salah satu solusi jitunya adalah dengan melalui katering diet. Pasalnya, katering diet hadir seraya mempunyai fungsi sebagai ‘teman pendamping’ dalam pengaturan jumlah kalori pada makanan yang disajikan, sekaligus memberikan cara pengolahan yang benar agar kandungan nutrisi di dalam makanan benar-benar terjaga. Pun dengan sistem pola makan yang bisa diterapkan ditambah dengan mengirimkan makanan ke kantor atau rumah setiap hari.

Di Jakarta tempat-tempat katering diet setali tiga keping dengan di Amerika Serikat, keberadaan terbilang lumayan banyak. Hanya saja ada perbedaannya antara katering diet di Indonesia dan Amerika, yaitu katering diet di Amerika Serikat mempunyai kendala yakni harga pengirimannya. “Di sana tidak bisa mengirim makanan fresh dengan ongkos yang murah, sedangkan di sini masih terjangkau harganya, selain itu makanan yang disajikan juga lebih ke makanan frozen. Jadi, makanan disediakan dari hari Senin sampai Jumat, dikirim satu hari kepada klien dan klien memasukkan makanan itu ke kulkas”, kata Kenneth Arnan (Direktur Slim Gourmet) kepada Kabari.

Diakui Kenneth untuk urusan katering diet, Indonesia sendiri sedikit terlambat dibanding di Amerika Serikat. Baru dalam dua tahun terakhir ini kesadaran masyarakat akan makanan sehat itu dirasa sangat penting. Sebelumnya seperti yang diketahui, Kenneth mencontohkan jika orang sakit untuk menyembuhkan adalah mengkonsumsi obat, tanpa mengindahkan bahwa sakit itu diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat.

Slim Gourmet

Chef Katering Sehat

Slim Gourmet sebagai salah satu usaha katering diet yang dimiliki oleh Kenneth, menyediakan jasa untuk mempermudah masyarakat dengan katering diet yang didalamnya terdapat makanan sehat dan membantu mereka yang ingin menurunkan berat badan secara natural. “Salah satu jaminannya adalah 24 jam makanan yang segar,” kata Kenneth. Segala macam pengaturan kalori, apa yang organik dan non-organik, kuantitas konsumsi apa yang harus dikurangi dan ditambah diatur oleh para ahli-ahli gizi atau nutrisis yang dimiliki oleh Slim Gourmet.

Sebagai “oase” bagi mereka yang ingin melakukan diet. Dalam memanjakan konsumennya, Slim Gourmet memberlakukan Knowing Your Client. “Kita harus tahu siapa konsumen kita, bukan hanya tinggi berat badan, hobinya apa, aktivitasnya apa. Apakah jogging, futsal dan yang lainnya. 80 persen dilakukan lewat telepon,” jelasnya. Kalau ingin lebih mendalami lagi, seperti penurunan berat bedan misalnya lima hingga sepuluh kilo, Slim Kenneth mengatakan diperlukan data lebih detail lagi. “Biasanya mereka akan datang sendiri ke kitchen Slim Gourmet atau kami yang akan mendatangi mereka,“ kata dia.

Ahli gizi mendatangi mereka dengan membawa alat timbangan, di mana bisa diketahui seluk beluk tubuh mereka. “Dengan kunjungan tersebut, kami pun jadi tahu detail dari mereka. Tujuan mereka apa, dari situ kita dalami,” katanya. Pihaknya pun akan membuat jadwal untuk program, karena menurutnya semua akan percuma jika yang bersangkutan sering berpindah-pindah tempat. “Slim pun meminta komitmen sebulan harus stay di satu tempat. Karena siapa yang bisa mengontrol, jika mereka makan di sembarang tempat yang justru merusak program diet yang mereka lakukan. Dan keberhasilan tergantung dari motivasi dan komitmen dari mereka sendiri,” papar Kenneth.

Slim Gourmet

Program Slim Gourmet terdiri dari tiga program yang meliputi Healthy Package(lebih untuk mengontrol berat badan, dan lebih cenderung ke menu makanan sehat), Regular Slim (rasanya tasty, porsi bahan yang dipilih yang tidak mengandung lemak), dan Power Slim (rendah kalori dan rendah karbohidrat). “Bisa juga terjadi mix diantara program tersebut. Hal ini berlaku bagi mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan. Program diet dibuat standar, setelahnya diberikan program ektsrim demi goal yang ingin dicapai oleh mereka,” tutur Kenneth.

Tak hanya menawarkan program diet saja, slim juga memberlakukan pengawasan terhadap program yang dijalankan oleh konsumen. Pertama konsultasi dengan ahli gizi, pilih produk kemudian diambil alih oleh konsultan. Kenneth mengatakan, konsultasi terserah konsumen dan slim membimbing dalam masa diet sampai tujuan mereka tercapai. Selain itu, juga ada consumer care yang menyediakan jadwal pengantaran dari makanan-makanan diet untuk diberikan kepada konsumen.

Mengenai daging yang digunakan dalam menu sehat, Slim menggunakan 100 persen import dari Amerika, Australia, dan New Zealand. Beras yang digunakan, baik itu beras merah atau putih adalah beras organik yang sudah disetujui oleh USDA. Minyaknya sendiri diimpor dari Itali. “Bisa dikatakan 80 persen organik. Untuk menjaga variasi, otensitas menggunakan bahan organik, karena tidak semua barang ada organiknya. Berikut dengan rasa dan presentasi dari makanan adalah penting bagi Slim Gourmet. “Semua itu dilakukan untuk menghilangkan kebosanan, karena katering itu musuh terbesarnya adalah kebosanan. Jadi se-kreatif mungkin Slim Gourmet berupaya untuk memecahkan kebosanan dari konsumen,” jelas Kenneth.

Blekros Diet

Blekros Diet

Selain Slim Gourmet, ada pula Blekros Diet. Adalah Vita Siregar sebagai pendiri Blekros Diet yang kehadirannya di Jakarta lebih muda dibandingkan dengan Slim Gourmet. Blekros menyajikan menu makanan yang diciptakan sendiri oleh pemiliknya. Tujuannya agar orang-orang yang sedang melakukan program diet tidak merasa tersiksa dengan makanan yang mereka konsumsi. Vita mengatakan, apa yang akan diberikan pada tubuh tentunya harus makan makanan yang enak, bukan memberikan makan yang kurang enak sehingga tubuh menjadi benar-benar terasa tersiksa.

Apel

Blekros Die memiliki aturannya tersendiri dalam memilih konsumen. Misalnya, untuk ibu hamil biasanya dibolehkan untuk menjalankan program diet yang ditawarkan jika ada surat ijin diet dari dokter. Blekros Diet, ujar Vita mampu menurunkan berat badan para konsumennya dengan menu makanan yang lebih enak tapi tetap menyehatkan. Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari nasi merah, ayam rica-rica, telur rebus, yogurt, ikan dori, tumis-tumisan, mayonaise dan masih banyak menu-menu lainnya. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?62988

Untuk melihat artikel Utama lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________________________

Supported by :