KabariNews – Indonesia adalah negara unik, besar dan luas serta memiliki  kekayaan alam. Jumlah penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa. Hal ini memberi peluang untuk menjadi negara yang hebat.

Dikatakan Imam Masjid Al-Hikmah New York, Amerika Serikat, Imam Shamsi Ali bahwa Indonesia memiliki banyak keunikan. Salah satunya hubungan yang rukun antara mayoritas dan minoritas. Karena itu, ia mengajak warga Indonesia untuk saling mempelajari satu sama lain agar terus tercipta kerukunan antar umat beragama.

“Salah satu keunikan di Indonesia itu walaupun mayoritas Muslim tapi di beberapa daerah ada juga yang mayoritas non muslim. Nah, keduanya ini harus belajar bahwa saat kita menjadi mayoritas itu  menjadi pengayom kepada minoritas. Di saat kita minoritas bagaimana cara kita membangun komunikasi dengan yang mayoritas,” ujar Shamsi kepada KabariNews.

Ditengah  arus globalisasi, Indonesia harus menyadari betapa pentingnya menjalin komunikasi dengan dunia luar, apapun agama, etnis ataupun rasnya. “Media sosial menjadikan hubungan kita dengan siapapun di dunia ini cepat, sebelum mata kita berkedip kita sudah bsia berkomunikasi. Nah inilah dunia kita saat ini. Indonesia sebagai negara harus disadari bahwa ini adalah milik bersama, semua manusia apapun agamanya, rasnya, etnisnya itu hidup dalam satu atap yang sama,” katanya.

Lebih lanjut Presiden Nusantara Foundation ini mengajak warga Indonesia agar tidak menjadikan agama sebagai pemisah namun dijadikan sebagai pemersatu antar satu dengan yang lain.

“Agama itu jangan dijadikan sebagai pemisah tapi agama dijadikan sebagai pemacu untuk kita bisa melihat teman kita yang kebetulan beragama lain dan tujuan agama itu untuk kebaikan kita semua, nah ini yang harus kita bangun,” tutupnya. (Reportase : Aryo/penulis :Kabari1006/foto:ist)