KabariNews –  Amerika Serikat menjadi negara tujuan ekspor terbesar Indonesia. Disusul Tiongkok dan Jepang. Berkait dengan ekspor Indonesia di Negeri Paman Sam, ada dua badan yang bertanggungjawab. Yakni Atase Perdagangan dan Pusat Promosi Perdagangan Indonesia.

“ Atase Perdagangan berlokasi di KBRI Washington DC dan juga dua kantor Pusat Promosi Perdagangan Indonesia atau Indonesian Trade Promotion Center (ITPC). Berlokasi di Chicago dan Los Angeles. Jadi ada 3 kantor yang terkait perdagangan. Pada dasarnya 3 kantor ini melakukan hal yang sama yaitu bagaimana mempromosikan produk Indonesia agar bisa masuk ke pasar Amerika dengan tujuan untuk meningkatkan ekspor,” kata Reza Pahlevi, Atase Perdagangan KBRI  Washington DC.

Lanjut Reza, khusus untuk Atase Perdagangan ada tugas tambahan. Yakni berkaitan dengan diplomasi perdagangan. “Jadi misalkan ada hambatan-hambatan teknis, seperti dumping, non-tariff barriers yang bersifat hubungan antar pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika. Itu melalui konsultasi dengan Atase Perdagangan,” tutup Reza. (Kabari1009)