KabariNews – Bagi pengusaha kecil atau menengah, menembus pasar global tentu bukan hal mudah karena memiliki keterbatasan modal dan kapasitas produksi.

Melihat hal tersebut, Atase Perdagangan KBRI  Washington DC, Reza Pahlevi menawarkan tiga bantuan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin mengekspor hasil karyanya ke kancah internasional khususnya Amerika Serikat.

“Pertama, kami memberikan bantuan berupa penyelenggaraan kontak bisnis, jadi kami memberikan informasi –informasi mengenai para importir yang ada di Amerika. Kedua, kami pelayanan informasi pasar berupa market brief,  jadi kami membuat sekilas pasar di Amerika bagaimana populasinya, penduduknya, tingkat daya beli dan hambatannya. Itu kami membuat market brief untuk komoditi tertentu. Ketiga kami memberikan promosi ekspor, misalnya berpartisipasi dalam pameran dagang Internasional yang ada di Amerika,” ujar Reza.

Menurut Reza, mengikuti pameran dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kebutuhan, selera dan menjajaki peluang dagang dengan konsumen di Amerika.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara  mendapatkan informasi, silahkan hubungi Kantor Pusat Promosi Perdagangan yang ada di Los Angeles dan Chicago. Informasi penting, tahun 2017 Atase Perdagangan KBRI bekerja sama dengan kantor pusat perdagangan Indonesia di LA untuk berpartisipasi dalam beberapa pameran.

“Bulan Maret tanggal 19-21 di Boston Convention Center itu ada pameran seafood.  Seafood merupakan ekspor keempat terbesar ke pasar Amerika. Bulan April bertempat di Washington State Convention Center Seattle di tanggal 20-23 April akan adakan pameran special tea cofee Asossiation Of America. Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Kita terus mempromosikan kopi ini sebagai branding Indonesia, ” tutupnya.

Anda ingin mendapatkan informasi tentang peluang bisnis di Amerika, bisa menghubungi Atase Perdagangan KBRI Washington DC di nomor telepon +1 (202) 775-5200 dan  website : http://www.embassyofindonesia.org. (Kabari1006/foto:ist)