KabariNews – Dari namanya saja sudah tertera ada kemiripan, sudah jelas bahwa ia memiliki hubungan darah dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ya, Basuri Tjahaja Purnama atau biasa disapa Yuyu memang adik kandung Ahok. Dokter gizi ini memiliki jabatan yang sama dengan jabatan Ahok dulu sebagai Bupati Belitung Timur (Beltim) salah satu kabupaten di provinsi Bangka Belitung.

Yuyu kini mendapat tantangan baru dan beralih profesi sebagai pekerja swasta di Jababeka Morotai setelah kekalahannya maju pada Pilkada kemarin, “saya sekarang kerja di swasta, ini suatu tantangan baru membuat satu daerah namanya Morotai, jadi pulau Morotai menjadi daerah tujuan wisata baru, “ ungkap Basuri, saat wawancara bersama kabari.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa project yang sedang dikerjakannya ini merupakan tempat wisata baru di daerah pulau Halmahera, Maluku Utara. Dan menurut beliau, Morotai akan dibuat seperti daerah wisata di Bali.  Ia juga berharap secepatnya mendapat investor dari luar dan semoga diberi kelancaran prosesnya agar dua tahun kedepan sudah terealisasi.

Dari seorang dokter kemudian terjun ke dunia politik, bagi Basuri adalah proses atas ijin Tuhan. “Semua itu proses dan Tuhan ijinkan, saya dokter yang sebenarnya sama sekali saya tidak berpikir untuk maju ke politik, “ ujar Basuri

Saat dirinya ditanya mengenai maju ke babak selanjutnya untuk selevel Gubernur, lagi-lagi ia menjawab semua atas ijin Tuhan, “Waktu menang 2010 saya juga tahu persis itu seratus persen Tuhan yang kasih kok, “ katanya.

Ketika masih menjabat sebagai Bupati Beltim, dia melakukan blusukkan turun kampung, namun ada hal cerita lucu yang ia temui, “Waktu saya sudah jadi Bupati, waktu saya turun dikampung, ada orang kampung yang tidak mengenali saya,  padahal saya dari kampung saya, “ kata Basuri sambil tersenyum.

Pasalnya, pada saat masih duduk dibangku SMP, Basuri pindah ke Jakarta dan balik ke Beltim lagi saat dirinya sudah menjadi seorang dokter. Dan saat yang bersamaan, ia juga sibuk dengan gelar dokternya di pedalaman kampung tepatnya di kota Gantung sementara Yuyu mendapat tugas di daerah Sukamandi Mengkubang. Ia berkata, bahwa nama dirinya Basuri (Yuyu) lebih dikenal dengan sebutan dr. Yuyu.

Pernah mencoba untuk maju menjadi Gubernur lewat jalur independen, sama seperti sang kakak ketika maju menjadi Gubernur DKI dengan mengumpulkan sejuta KTP menjadi “Teman Ahok”, pun demikian sang adik ikuti jejak sang kakak, namun berbeda dengan Ahok, di daerahnya dia hanya menerima kumpulan KTP untuk mendukung beliau maju menjadi Gubernur Bangka Belitung sekitaran seratus sebelas ribuan dan sayangnya, diakui Yuyu ada kekurangan waktu untuk input, dengan demikian ia memutuskan untuk mundur.

Menurutnya, semua sudah ada jalannya dan Tuhan yang atur, jika memang Tuhan ijinkan bisa jadi Gubernur, pasti dilancarkan segala urusannya dengan baik, kini ia lebih fokus menekuni kegiatannya sebagai karyawan swasta. (Kabari1008)