Australia — Monique Arianto, seorang diaspora Indonesia di Australia, bermimpi untuk terus menyemangati anak-anak di seluruh Indonesia.Melalui bukunya yang berjudul Kamu Anak Hebat yang diterbitkan oleh Gramedia pada Agustus lalu, Monique ingin menyemangati para orang tua untuk menabur hal-hal yang positif dengan membacakan cerita-cerita yang sederhana, mudah dimengerti, tapi padat dalam hal pembangunan karakter.

Monique, yang sehari-hari bergerak di bidang di bidang kuliner di Perth, adalah ibu dari dua anak perempuan. Meskipun tak memiliki latar belakang pendidikan di bidang tumbuh kembang anak, Monique mengaku berani membuat buku ini karena merasa dirinya adalah seorang ibu yang menyadari bahwa pembentukan karakter berasal dari rumah.

Seperti dikutip Metrotvnews.com, Monique mengatakan bahwa, “Anak butuh kasih sayang dan hubungan yang baik dengan orang tua. Buku ini adalah hasil karya seorang ibu yang ingin anaknya menjadi anak yang hebat.”

Definisi anak hebat dalam buku ini bukanlah memiliki anak yang sempurna melainkan karakter yang baik seperti berani mengakui kesalahan, tidak mudah putus asa bila gagal, tidak membedakan orang lain, dan lain sebagainya.

Buku tersebut memiliki empat cerita yang mengandung pesan moral dan disertai ilustrasi gambar agar anak tak bosan membacanya, yaitu Aku Keren (I am Cool), Kue Ulang Tahun (Birthday Cake), Arti Sahabat (What Friends Are For), dan Biarkan Ia Terbang (Let It Go).

Buku karya Monique mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan, termasuk dari Kak Seto, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Ia mengatakan bahwa buku Kamu Anak Hebat “sangat bagus dan edukatif untuk putra-putri kita semua. Selain menarik jalan ceritanya sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak, juga memiliki pesan moral yang indah. Penggunaan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, akan memudahkan anak-anak mengembangkan kemampuan menguasai kedua bahasa tersebut yang sangat dibutuhkan saat ini.”

Kak Seto juga berharap dengan hadirnya buku Kamu Anak Hebat dapat membawa kembali keakraban dan kemesraan suasana dalam keluarga di tengah era digital yang sering dikhawatirkan oleh para orang tua.

Adopt a Book Program

Pada bulan Juli lalu, Monique mengadakan soft-launching dengan meluncurkan program “Adopt A Book” di mana setiap orang bisa mengadopsi buku untuk anak-anak yang kurang beruntung, yang mungkin seumur hidup mereka tidak mempunyai kesempatan memiliki buku. Melalui program ini, 346 buku Kamu Anak Hebat diadopsi oleh para diaspora di Perth dan telah diserahkan ke sekolah-sekolah di NTT, Papua, Cirebon, Kupang, Sorong, Bali, dan Jakarta. ( Astrid Vasile, Presiden IDN-Western Australia)