KabariNews – Elon Musk terus membuat gebrakan dengan ide barunya di bidang transportasi. Perusahaan miliknya, The Boring Company diam-diam merilis simulasi dari kendaraan umum untuk sistem terowongan bawah tanahnya. ┬áMemang, ide ini belum diwujudkan di luar kantor pusat SpaceX di Hawthorne, California. Malah, belum tentu proyek ini akan diizinkan.

Tapi, pria di balik kesuksesan Tesla (NASDAQ: TSLA) dan SpaceX, plus pengusul hyperloop, ini tidak gentar. Ia berkukuh untuk mendesain kendaraan-kendaraan untuk sistem terowongan di lorong-lorong bawah tanah Los Angeles.

Kendaraan-kendaraan konsep tersebut ditampilkan secara singkat dalam sebuah simulasi video, sebagai bagian presentasi Elon Musk dalam Ted Talk bulan lalu (lihat video di bawah). Ilustrasi-ilustrasi yang belakangan muncul lebih memperjelas pilihan-pilihan apa saja yang bisa dinikmati masyarakat untuk sistem terowongan tersebut, di antaranya, semacam boks transparan yang menampung enam penumpang yang duduk dan berdiri, dan juga sepeda.

Seperti mobil pribadi, kendaraan-kendaraan umum tersebut menaikkan dan menurunkan penumpang di atas tanah di tempat-tempat parkir yang sekaligus merupakan elevator menuju sistem rel berjajar dan bertumpuk. Kendaraan-kendaraan ini tidak akan dikendarai, tapi diluncurkan di atas papan — atau “seluncur” — dengan kecepatan hingga 125 mil per jam, dengan demikian akan menyingkat perjalanan ke bandara menjadi beberapa menit saja. Sistem ini akan dikontrol oleh sebuah superkomputer.

Beberapa minggu yang lalu, Musk merilis satu video lagi yang menunjukkan tampilan dari tumpangan ini dengan menyertakan peringatan bahwa cuplikan video ini “dapat menyebabkan mabuk kendaraan atau kejang.”