KabariNews – Kuman berevolusi menjadi semakin kuat dan beragam,  alhasil semakin banyak orang yang terinfeksi  penyakit, tak terkecuali anak-anak.

Agar terlindung dari kuman, setiap anak harus  mempunyai daya tahan tubuh cukup baik. Caranya memberikan makanan yang seimbang,  tinggi vitamin dan mineral. ” Membiarkan anak tidur cukup, dan harus dibiasakan anak untuk beraktifitas fisik, olah raga, bukan olah raga serius tapi paling tidak harus dibiasakan bergerak,” kata Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K)

“Jadi anak  jaman sekarang kebanyakan pakai gadget,  jadi tidak banyak bergerak. Nah mereka harus dibiasakan memilki aktifitas fisik rutin, “ sambung   Dr. Ariani di sela acara peluncuran Lifeboy dengan ActivSilver Formula di Jakarta, Kamis (30/3).

Sangat dianjurkan,  bahwa mencuci tangan merupakan hal yang sangat penting agar terhindar dari kuman yang berevolusi. “Cuci tangan itu sangat penting, karena dapat mencegah penularan bermacam-macam penyakit, dan dilakukan setiap sebelum dan setelah makan, “ katanya

Selain itu, cuci tangan juga harus dilakukan setelah kita memegang benda-benda kotor, dan hal lain yang bisa mengandung kuman atau bakteri.

Pentingnya cuci tangan dapat dilakukan di berbagai tempat dalam kegiatan manusia sehari-hari. Misalnya, sebagian dari orangtua juga membiasakan anak untuk mencuci tangan setelah memegang uang, karena uang itu juga bisa dianggap penyebaran bakteri, melalui dari tangan ke tangan sehingga dapat menimbulkan kuman. Hal serupa juga dapat ditemui di rumah sakit yang merupakan tempat yang selalu dijaga kebersihannya. Cuci tangan dilakukan sebelum memegang pasien agar tidak terjadi penyebaran penyakit antar pasien satu dengan pasien lainnya. Kemudian jika Ibu sedang memasak di dapur, cuci tangan juga perlu  dilakukan. Misalnya sebelum mengolah makanan harus cuci tangan yang bersih, hal ini dilakukan bukan hanya untuk anggota kelurga saja, namun  dianjurkan kepada pekerja rumah tangga untuk selalu cuci tangan yang bersih sebelum melakukan aktivitas yang berhubungan dengan tangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kuman yang berevolusi dapat ditemui pada benda-banda yang kotor. Misalnya saat anak bermain di lantai atau tanah, dan mungkin saja terkontaminasi. Untuk mengatasi kuman tersebut, tentunya dengan menjaga kebersihan, salah satu hal utamanya adalah mencuci tangan sesering mungkin pada saat tangan berkontak dengan benda yang ada di sekeliling kita. Dengan demikian kuman tidak menempel, sehingga pada saat akan melakukan aktivitas selanjutnya tidak akan menyebar.

Dijelaskan Dr. Ariani, sistem imun pada anak relatif lebih rendah daripada orang dewasa. Kebanyakan anak paling cepat terkena penyakit. Untuk mengatasi dengan baik secara perventif yakni dengan mencuci tangan yang baik dan pada waktu-waktu yang tepat, anak-anak dibiasakan tidur yang cukup, makan yang seimbang serta aktifitas fisik yang baik.

“Untuk anak-anak Indonesia, sebaiknya membiasakan untuk hidup sehat dengan gaya hidup yang baik, misalnya makan seimbang , tidur teratur, dan juga aktifitas fisik  dan pastinya jangan lupa untuk selalu cuci tangan, “ pungkas Dr. Ariani. (Kabari1008/foto&video:1008)