KabariNews – Masa keemasan anak dari usia 0-6 tahun. Karena itu, masa ini disebut masa krusial.  “Kenapa disebut keemasan, karena perkembangan otak anak itu terjadi 85% dibawah usia 2 tahun,”  ujar Widodo Suhartoyo dalam acara talkshow ‘Mendukung Pencapaian Potensi Terbaik Setiap Anak’ yang digelar Groupon dan Fave by Groupon bersama dengan UNICEF Indonesia.

Perkembangan anak dibawah usia 6 tahun akan menjadi fondasi yang kuat bagi masa depannya. “Kalau kita bicara 1000 hari kehidupan manusia, itu diawali sejak pembuahan. Jadi anak sejak dalam kandungan. 9 bulan dikandungan ibunya, lalu sisanya 2 tahun.  Ini disebut sebagai periode yang sangat krusial, karena kalau tidak hati-hati, maka anak menjadi tidak cerdas, tidak sehat, pemalas dan lain,” terang Widodo.

Karena itu, Widodo menganjurkan saat Ibu hamil,harus makan 2 kali lipat dari biasanya. “ Zat besi harus tiap hari, jangan minum yang beralkohol, soda atau pun merokok. Lalu ikuti senam hamil. Dan yang  lebh penting, periksa minimal 4 kali selama kehamilan,” ucapnya.

Nah, saat bayi lahir, yang pertama kali dilakukan adalah IMD (Inisiasi Menyusui Dini).  “Sebetulnya IMD itu setelah lahir anak ditaruh di dada ibunya, ia akan mencari sendiri puting ibunya. Kemudain berikan ASI secara eksklusif 6 bulan tanpa tambahan apapun.  Setelah 6 bln baru diberi makanan tambahan,” jelasnya.

Acara talkshow ini diakhiri dengan penyerahan donasi secara simbolik kepada UNICEF Indonesia oleh Yew Wai Kong selaku General Manager Groupon Indonesia dan Fave by Groupon.(Kabari1009/foto&video:1006)