KabariNews – Kebijakan anti-imigran gelap yang diluncurkan Presiden AS Donald Trump mulai dijalankan dengan tegas oleh otoritas imigrasi negara itu. Petugas imigrasi federal telah melakukan razia di banyak tempat dan menangkap ratusan imigran gelap.

Jason Lie, pengacara Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat membagi tips bagi Anda menghadapi petugas imigrasi. “Jika petugas imigrasi datang ke rumah dan minta untuk masuk, maka Anda harus tanya apakah ada surat perintah. Surat perintah itu ada dua macam. Satu surat perintah yang menyatakan siapa yang dia  cari, harus ada namanya. Yang kedua, di bagian rumah mana yang ingin diperiksa oleh imigrasi. Nah kalo petugas imigrasi ini tidak punya surat perintah sama sekali, Anda berhak melarang dia masuk dalam rumah,” terang Jason.

Namun, jika petugas imigrasi yang datang dan nama Anda tercantum dalam surat tersebut, akan lebih baik, jika Anda menelepon konsulat atau pun pengacara untuk meminta bantuan. “Kalau ditanya di luar dari rumah oleh petugas imigrasi, Anda berhak untuk tidak memberikan informasi kepada petugas. Jadi Anda tidak perlu memberikan nama, asalnya dari negara mana, apakah ijin tinggal masih berlaku atau tidak. Anda berhak tidak menjawab sama sekali. Jadi imigrasi itu harus membuktikan bahwa Anda itu siapa, datang dari negara mana. Mereka harus bekerja keras untuk membuktikan, tapi Anda tidak perlu membantu mereka, untuk mendeportasi,” terang Jason.

Dalam beberapa kejadian yang dialami, Jason meminta agar setiap orang yang berhubungan dengan petugas imigrasi untuk jangan takut dan meminta bantuan. “Sering terjadi klien saya waktu didatangi imigrasi, contohnya di airport, ditanya namanya siapa, statusnya masih legal, jawabnya masih legal. Padahal sudah (imigran) gelap sih. Petugas imigrasi ini akan mendampingi kita untuk pulang kle rumah kita untuk membuktikan kita ini masih legal di Amerika atau tidak. Kalau ternyata tidak demikian, itulah ditangkap, dipenjara dan dideportasi,” akunya.

Lanjut Jason, jika Anda imigran gelap, memberikan informasi atau pun tidak kepada petugas imigrasi, tetap diproses untuk dideportasi. “Jadi kenapa kita mempermudahkan orang imigrasi. Jadi jangan bicara sama sekali dengan petugas imigrasi. Bicara dengan pihak konsulat atau pengacara dan biarkan mereka membantu Anda,” terangnya. (1009)