KabariNews Untuk pertama kalinya, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr kunjungi kota Surabaya, semenjak ia diangkat menjadi Duta Besar (Dubes).

Rasa penasaran dan ketertarikannya akan kota Surabaya, terobati setelah Joseph didampingi istri dan Konsulat Jenderal (Konjen) AS di Surabaya, Heater Variava beserta rombongan mengunjugi Ekowisata Mangrove Wonorejo Rungkut-Surabaya. Setelah sebelumnya bertemu dengan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya, Rabu (01/03).

Dalam kunjungannya ke Ekowisata, Dubes beserta rombongan disambut oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Di kesempatan tersebut, Joseph menanam pohon mangrove di lokasi ekowisata yang kemudian diikuti oleh istri dan Konjen AS di Surabaya, Heater Variava.

“Ini pertama kali kunjungan semenjak saya menyerahkan surat kuasa ke Presiden Jokowi. Saya bersama istri di sini baru tiga bulan. Kami sengaja berkunjung ke Surabaya karena kami tertarik dengan program lingkungan walikota yang sadar lingkungan,” kata Joseph saat ditemui awak media.

Joseph menuturkan, sangat terkesan dengan program  walikota yang hendak membuat kota Surabaya menjadi hijau dan menjadi kota yang layak untuk hidup.

“Kami jadi banyak belajar dari apa yang dituturkan oleh ibu walikota yang melindungi lingkungan di kota Surabaya,” tutur Joseph. “Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada beliau di depan rekan-rekan wartawan atas dukungan dan bantuan beliau terhadap Konsulat Jenderal kami Heater Variava dan kami mengapresiasi terhadap dukungan ibu walikota,” ucap Joseph.

Saat berada di Ekowisata Mangrove, Dubes AS beserta rombongan diajak berkeliling dan bersantai sambil menikmati suasana sore hari di Ekowisata Mangrove. Dubes juga banyak menerima penjelasan dari Walikota Tri Rismaharini tentang program ekowisata beserta ekosistem kehidupan yang sudah mulai terbentuk semenjak dicanangkannya program ekowisata.

Sementara itu, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengucapkan terima kasihnya atas kehadiran Dubes ke kota Surabaya dan berkenan mengunjungi Ekowisata Mangrove. “Dan karya kita walaupun masih jauh dari kekurangan sudah mendapatkan apresiasi,” ungkap Risma.

Saat ditanya soal apa pentingnya hutan mangrove terhadap kota Surabaya, Risma menjawabnya. “Betapa pentingnya keberadaan hutan mangrove. Jika suatu saat nanti saya sudah tidak ada akan terasa sekali manfaatnya untuk kota Surabaya dan bahkan untuk dunia,” tutur Risma.

Mangrove sangat penting, disamping tempat untuk pemijahan ikan, mangrove juga melindungi kota Surabaya dari tsunami dan rob air laut. Jika mangrove tidak ada, ikan pinggiran pun akan tidak ada. Karena menjadi  salah satu tempat memijah ikan. (Kabari1003/foto&video:1003)