KabariNews – Dalam rangka memperingati 17-Agustusan tahun ini, Indonesian Diaspora Network NYC, KJRI NYC, dan BeKraf dari Jakarta mengadakan tiga-hari Indonesian Film Festival di downtown Manhattan. Festival tahun ini, yang diselenggarakan di SVA Theatre di downtown Chelsea – suatu tempat yang bergengsi, mendapat antusiasme yang besar sekali dari masyarakat di New York City. Manhattan Borough President, Hon. Gale M. Brewer, juga sudah memberikan pendapat dan membuka acara ini, disertai juga dengan kehadiran dari beberapa orang penting dari NYC Mayor Office of Media and Entertainment, Tribeca Film Festival, dan sebagainya.

Dengan bertemakan BEYOND DIVERSITY, IFF 2017 mempunyai berbagai tujuan yang sinergis: pertama-tama memperkenalkan kepada masyarakat dunia di New York City akan keberagaman budaya, toleransi budaya – ekonomi – agama di Indonesia. Kemudian juga memperkenalkan kemampuan dahsyat dari pembuat film Indonesia, dari short art films, film animasi, dan juga film full length feature. Dan yang ketiga adalah untuk mempromosikan budaya, kekayaan alam dan keindahan Indonesia. Orang BeKraf Indonesia berpendapat bahwa semoga hal ini bisa mendatangkan lebih banyak turisme dari dunia, atau dari masyarakat New York City, ke Indonesia. ┬áBerbagai film yang ditayangkan – yang tentunya sudah mendapat berbagai penghargaan internasional – mengetengahkan berbagai keindahan alam Indonesia.

Hari pembukaan pertama sukses besar, dengan dihadiri sekitar 250 orang yang memenuhi kapasitas SVA Theatre ini. Pendapat pengunjung sangat antusias dan positif. Ragamnya besar sekali, mulai dari pengunjung yang ingin melihat apa itu film Indonesia hingga orang penggiat film professional. Pada siang hari sebelum pembukaan malamnya, Indonesian Film Festival dan KJRI mengadakan acara khusus untuk masyarakat perfilman NYC di New York Film Academy, bekerja sama dengan City of New York Mayor’s Office of Media and Entertainment, dengan berbagai universitas, dan dengan kalangan Permias NYC.

Memang moment Agustus 17 – 19, 2017 sangat tepat sekali untuk digabungkan dengan Dirgahayu Indonesia yang ke-72. Mari kita simak laporan video-nya, dengan berbagai wawancara dengan Bapak Abdulkadir Jailani, dengan Sandiaga Uno yang kebetulan datang ke New York City, dan juga dengan Manhattan Borough President Gale M. Brewer!

Sukses terus Indonesian Film Festival! ( Aryo Wicaksono)