KabariNews – Java Jazz Festival (JJF) 2017 ini menyedot penonton yang tak sedikit. Beberapa pengunjung yang ditemui Kabari mengaku rutin tiap tahun menonton acara ini. “Saya ke sini udah tiga kali. Saya ke sini mau nonton banyak sih, ada Armand Maulana, Eva Celia, ada Barasuara,” ujar Christinandita.

Sementara penonton lain, Astria mengaku datang ke JJF untuk menonton tampilan musisi luar negeri. “Ada artis Internasional juga kan, itu lebih nambah wawasan,” katanya.

Seneng banget ya, karena setahun sekali ini kan. Salah satu festival jazz terbesar di Asia, jadi harus banget didatengin, musisinya banyak baik dari Indonesia maupun Internasional,” kata Karina, penonton JJF.

Tak hanya kalangan biasa, para selebriti pun datang untuk melihat aksi para musisi lokal maupun internasional.
“Saya tiap tahun ke java jazz, saya seneng dengan gelaran ini, karena java jazz ini merupakan satu wadah bagi kita penikmat musik untuk tiap tahun memiliki kesempatan untuk melihat performance baik artis-artis atau seniman dalam negeri maupun internasional, jadi ya pasti seneng,” kata penyanyi pendatang baru, Chikita Rosemarie.

Pelantun lagu Kembali ini, pada JJF kali ini ingin menonton Anthony Strong, Babel Gilberto, dan Sergio Mendes. Selain Chikita, Dewa Budjana, gitaris band GIGI juga tidak melewatkan event tahunan ini. “Festival yang ditunggu-tunggu masyarakat, bukan hanya penggemar jazz,” kata Budjana.

Menurutnya, gelaran musik jazz yang dihadirkan setiap tahun ini sudah menjadi gaya hidup. “Memang gelaran ini jadi gaya hidup, walaupun kadang-kadang belum tentu ngerti jazz, tapi itu tidak apa-apa,” imbuhnya. Bagi Budjana, musik jazz adalah musik yang penuh dengan improvisasi. (Kabari1008)