Debut Tuson Sate di Luckyrice Food Extravaganza New York City, menjadi langkah panjang Tuson Sate mempromosikan kuliner Indonesia

Satu posri sate (ayam/sapi), ditambah potongan lontong dan siraman saus kacang ternyata tidak hanya disukai warga Tanah Air, pada gelaran acara kuliner tahunan bergengsi di Amerika, kuliner khas Indonesia ini pun laris manis, bahkan menjadi best-seller.

Sungguh senang rasanya Kabari berkesempatan hadir dalam acara kuliner bergengsi di New York City, the Luckyrice Food Extravaganza Fall 2017 yang digelar di hotel Mandarin Oriental Colombus Circle New York pada September lalu. Tak hanya mencicipi kelezatan sate yang fenomenal di New York, Kabari pun sempat berbincang dengan Sumarni pemilik gerai street food Tuson Sate.

Siapa mengira, sate bisa terkenal di New York. Tersohornya sate ternyata tidak hanya karena pernah disebut oleh mantan presiden AS, Barack Obama sebagai makanan favoritnya semasa kecil saat tinggal di Indonesia, tapi keuletan Sumarni juga berperan. Selama 16 tahun Sumarni merintis bisnis sate, karena itu tak heran gerainya yang tersebar di beberapa kota di New York City ramai pengunjung. Sumarni juga kerap mengikuti festival kuliner untuk mempromosikan sate.

Luckyrice merupakan acara festival kuliner tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan masakan dan minuman Asia. Seperti gelaran sebelumnya, di tahun ketiga Fall Food Extravaganza masih menjadi ajang yang paling dinantikan. Tak hanya itu saja, gelaran ini juga menjadi ajang bergengsi para pengusaha kuniler di New York untuk masuk dalam 30+ New York food/ drinks vendors.

Beruntung Tuson Sate berhasil masuk menjadi salah satu vendor. Tuson Sate laris manis, dan hanya dalam satu jam, ratusan porsi sate milik Sumarni ludes diborong pelanggan. Tak hanya menyediakan sate, Sumarni juga membuat banyak panganan khas Indonesia yang tak kalah lezat, diantaranya martabak, pastel dan berbagai jenis kue kering lainnya.

Belasan tahun menjalankan bisnis kuliner di negeri Paman Sam bukanlah hal mudah, Kabari pun tertarik untuk mengupas dibalik kesuksesan Tuson Sate. Di sela-sela perbincangan, Sumarni mengatakan bahwa banyak kisah unik dalam perjalanan menjalankan usaha kulinernya.

Kerja keras Sumarni mengenalkan sate di New York patut diacungi jempol. Dan meski sudah terkenal ia tidak lantas puas. Sumarni membawa Tuson Sate ke berbagai acara besar, bahkan ia pun masih aktif mempromosikan sate di berbagai tempat di New York, karena itu tak heran jika brandnya kerap didaulat untuk mengisi di berbagai acara penting, salah satunya untuk jamuan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang belum lama ini berkunjung ke Amerika. Deretan acara penting lainnya pun sudah masuk dalam jadwal Tuson Sate, seperti bulan November mendatang Sumarni diminta oleh New York Police Departement (NYPD) untuk turut serta dalam acara tahunan Soup Kitchen, yakni acara tahunan yang diselenggarakan untuk membantu kalangan yang kurang mampu/ tunawisma di New York.

Penasaran bagaimana sepak terjang Sumarni dalam merintis Tuson Sate? Simak wawancara eksklusif Kabari dengan Sumarni, lebih lengkap silakan saksikan video di bawah ini :