KabariNews – Pria bernama lengkap Najib Sulhan. Najib berbahagia karena baru meraih prestasi sebagai guru berprestasi nasional tingkat SD dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Laki-laki kelahiran Gresik 28 Desember 1967.

Najib yang menjadi guru SD Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya ini mengatakan bahwa prestasi merupakan suatu kewajiban. “Dari kecil saya bercita-cita ingin menadi guru, makanya ketika  kuliah, sejak semester 3 telha menjadi guru. Setelah lulus, saya pernah menjadi kepala sekolah 12 tahun, kemudian saya kembali lagi menjadi guru biasa.  Bolak balik menjadi guru ke kepala sekolah itu biasa. Karena prinsipnya hanya satu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam dunia berpendidikan,” kata Najib yang ditemui di PT Astra Internasional di Sunter, Jakarta Utara.

Teknik mengajar yang diajarkan  Najib,  pertama menanamkan motivasi kepada anak-anak untuk apa mereka belajar, karena dengan tahu tujuannya, tahu untuk apa  harus belajar, maka mereka akan belajar dengan sungguh-sungguh. Baginya motivasi adalah kata kuncinya.  “ seorang anak, ketika dia itu diberikan suatu motivasi jauh lebih bermakna dibandingkan diberikan materi yang banyak tapi tidak ada motivasi, dia kan mencari yang banyak belajar di luar ketika gurunya memberikan dorongan, itu yang kami lakukan,” terang Najib.

Tak hanya itu, Najib juga membiasakan berbicara dengan santun terhadap anak-anak. “Tidak pernah kami mencoba membentak ke anak-anak, “ Kata Najib.

Bagi pria yang suka menulis ini, ia telah menghasilkan 40 judul buku. Mulai dari buku pelajaran, buku motivasi anak dan buku sekolah elektronik. “Sikap yang bagus, karena dengan perilaku dan sikap yang bagus dia akan bisa mengembangkan diri menjadi anak yang bermoral, bermatabat dan cerdas,’ tukasnya

Jika guru memberikan contoh keteladanan dan komunikasi yang bagus, Najib yakin anak-anak juga bisa berperilaku dan berkomunikasi yang baik. (Asban/foto: Asban)