KabariNews – Pemilihan gubernur DKI Jakarta akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang. Masing-masing pasangan cagub berlomba-lomba meraih simpati publik.  Lembaga survey pun tidak ketinggalan melakukan survey untuk mengetahui hasil sementara siapa pasangan cagub yang unggul saat ini.

Menurut Pengamat Politik Hendri Satrio dari Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi),  calon petahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok dan Djarot Saiful Hidayat memiliki peluang besar untuk menang.

“Ahok sebagai petahana sampai hari ini masih memiliki peluang yang paling besar bahkan dari hasil survei kita, elektabilitas Ahok masih di atas dua pasangan calon yang lain,” ujar Hendri saat ditemui KabariNews di kantornya di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Namun Hendri menambahkan, Ahok akan makin meningkat elektabilitasnya jika ia mampu bertahan dan melewati kasus  hukum yang menjeratnya saat ini sehingga tingkat keterpilihannya makin naik. Namun, jika gagal maka akan sangat berpengaruh pada saat pemilihan nanti.

“Bila Ahok gagal atau tidak berhasil melewati satu tantangan ini maka bisa sangat diprediksi elektabilitas atau tingkat keterpilihan  akan turun atau akan jatuh. Sebagai petahana Ahok memiliki banyak kelebihan tetapi juga tentu saja banyak kelemahan, salah satu kelebihan yang bisa dia dapat adalah bagaimana dia bisa dengan lancar pastinya menyampaikan program-program yang pernah dilakukan tapi salah satu tantangan terberat bagi Pak Ahok menurut saya adalah bagaimana Basuki meyakinkan masyarakat Jakarta bahwa apa yang sudah dia lakukan memang prestasi dan bukan hanya kewajiban semata,” tambahnya.

hendri satrio_pengamatLebih lanjut Hendri menilai pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno serta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni tampil dengan ide yang mengeimbangi kepercayaan diri Ahok dan Djarot.

“Kalau kita lihat ajang debat kemarin, memang ajang ini merupakan panggung Mas Anies dan Mas Sandi. Ini sudah dua kali kita melihat bagaimana Anies dan Sandi memukau warga Jakarta dengan paparan paparan ciri khas mereka berdua.Pada saat pengambilan nomor urut misalnya Anies dan Sandi merebut hati masyarakat dengan gaya mereka di panggung, demikian juga kemarin pada saat dilakukan debat mereka juga sukses untuk merebut hati masyarakat dengan ciri khas mereka yang bicara runtut kemudian juga bicara santun. Kalau bicara peluang antara Mas Anies dan Mas Agus dari berbagai hasil survei nampaknya Mas Agus masih di atas Mas Anies,” tutupnya. (Kabari1006/foto:1006)