Direktur Jenderal Imigrasi Teuku ‘Agam’ SjahrizalKabariNews – Direktorat keimigrasian terus berbenah dan meningkatkan kualitasnya. Belum lama ini Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, Teuku ‘Agam’ Sjahrizal dalam kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat mengatakan, sasaran utama jabatan yang diembannya di Direktorat Keimigrasian adalah bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kalau di imigrasi, peningkatan kulitas itu seperti pemberian pelayanan pasport bagi Warga Negara Asing untuk izin tinggal yang jenisnya bermacam-macam dan bagaimana meningkatkan pelayanan publik di kantor perwakilan” kata Sjahrizal kepada Kabari di Amerika Serikat.

Sjahrizal menambahkan, peningkatan kualitas ini juga dilakukan melalui pelayanan publik dan Direktorat Keimigrasian telah menerapkan sistem melakukan online untuk semua pelayanan publik. “Sifatnya melalui elektronik, jadi tahun 2008 kita sudah melalui elektronik. Direktorat keimigrasian melakukan lompatan yang sangat jauh, dengan melakukan seperti itu, ketiga direktorat keimigrasian selalu membuka diri untuk menerima semua keluhan dari masyarakat yang juga dilakukan dengan online” tuturnya.

Bagaimana perkembangan kerjasama keimigrasian antara Indonesia dan Amerika Serikat? Sjahrizal menjelaskan saat ini hubungan kerjasama keimigrasian antara Indonesia dan Amerika Serikat tidak terlalu intens.

“ Dulu pernah dalam hal capacity building, mengenai peningkatan kualitas daripada pejabat, tetapi kalau dengan negara lain, Direktorat Imigrasi bekerja sama dengan Australia, Belanda, German, Korea Selatan dan negara-negara lainnya. Terutama sekarang ini kita intens dengan Australia karena kepentingan mereka cukup besar. Titik berat kerjasama ada pada capacity building, data sharing, dan ketiga kerja sama dalam manajemen borders artinya ada garis mayanya dari yang sifatnya legal maupun yang illegal” pungkasnya.(1009)