KabariNews – Sejumlah masyarakat Indonesia di Washington D.C  menggelar aksi Indonesia Peduli menuntut keadilan atas putusan pengadilan yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lantaran kasus penodaan agama.

Sebagai bentuk peduli terhadap situasi di tanah air saat ini, Kurnia Hutapea masyarakat Indonesia di Amerika melakukan aksi peduli untuk memberi dukungan terhadap Ahok, diketahui aksi tersebut terencana berawal dari informasi di social media (sosmed) serta pemberitaan media di tanah air.

“Melihat di media sosial , di surat kabar begitu banyaknya gelombang-gelombang aksi serupa yang dilakukan masyarakat Indonesia diseluruh dunia dukungan terhadap bapak Basuki Tjahaja Purnama dan NKRI jadi dalam minggu kemarin itu kita melihat terlalu banyak sekali flyer-flyer yang mengutarakan dukungan maupun simpatik terhadap keadaan Indonesia saat ini,  sehingga pada hari itu berkumpul untuk mengadakan acara serupa karena waktunya sangat mepet sekali akhirnya kita bergerak cepat, “ terang Kurnia saat wawancara dengan Kabari.

Melalui sahabatnya, Masjo Wahyudi yang dinilai cukup familiar dengan Washington D.C. Kemudian selang beberapa waktu bersama teman-teman lainnya, Kurnia membuat flyer lalu disebarkan melalui Facebook dan mendapatkan sambutan yang luar biasa, alhasil ratusan peserta aksi membanjiri lapangan terbuka di kota tersebut.

Selain Kurnia, Bill Kadarsuman yang memiliki profesi sebagai pengacara di Amerika, pun turut hadir serta melibatkan diri dan bergabung dengan kumpulan peduli Indonesia.

“Sebenarnya saya tidak kenal dengan pak Kurnia sebelumnya, waktu itu, dua hari sebelum ada acara tersebut, saya dapat email dari seseorang yang isinya menunjukan jadwal – jadwal  seluruh kota di Amerika dimana akan ada rally unjuk rasa dan salah satunya saya melihat ada unjuk rasa di Washington DC dan ada nama pak Kurnia,” ujar Bill.

Dari informasi tersebut, akhirnya Bill menghubungi Kurnia melalui sambungan telepon  dan meminta informasi mengenai kegiatan aksi tersebut serta menyampaikan rasa keinginannya untuk bisa bergabung umtuk mengikuti aksi tersebut.