KabariNews –  Setiap orang pasti ingin awet muda. Lalu bagaimana caranya? dr Haryani Dipl.Cib.Acp dari Klinik Tiara Estetika mengatakan jika awet muda, itu berarti mencegah proses menua. “Caranya? Kita harus menjaga pola makan yang sehat. Nah pola makan yang sehat itu, kita harus batasi makanan yang manis, seperti mengandung gula, menghindari gluten kayak kue, roti, mie, dan lain-lain. Kita harus banyak makan sayur dan buah-buahan. Banyak minum air putih sebanyak 2,5 – 3 liter sehari. Dan harus banyak olahraga. Olahraga itu harus rutin. 3-5 kali dalam seminggu,” ucap dr Haryani yang ditemui KabariNews di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Yang tak kalah penting adalah managemen stres, berpikir positif dan menikmati hobi serta mengkonsumsi suplemen.

Salah satu suplemen yang dianjurkan adalan vitamin C. “Vitamin C, salah satu anti oksidan. Bagus sekali untuk detoks tubuh. Jadi menangkal radikal bebas. Menjaga stamina kita dan menghilangkan racun-racun dalam tubuh. Vitamin C juga akan mencerahkan wajah,” terangnya.

Dokter spesialis anti aging ini selalu menekankan perawatan dari dalam tubuh. “Jadi pola makan yang sehat. Jadi kita jangan ngemil kue, roti, mie gitu ya. Kita harus batasi. Gorengan dibatasi, daging jangan berlemak. Kita harus banyak makan buah dan sayur. Dan olahraga wajib. Karena manfaat olahraga itu sangat bagus dan jangan stres,” imbuhnya.

Kalau perawatan dari luar agar tetap awet muda harus disesuai dengan usia. “Kita lakukan facial untuk membersihkan kulit. Juga lakukan treatment untuk mencerahkan dengan microdemabrasi, mengencangkan dengan radio frequency. Kedua treatment ini yang aman dan tidak melukai.  Bisa juga tanam benang untuk mengencangkan wajah,” ujar wanita yang tetap cantik di usia 54 tahun ini.

Salah satu rahasia wanita asal Cikampek, Jawa Barat ini tetap kinclong di usia kepala 5 ini, karena Haryani menerapkan pola makan sehat. “ Saya jarang ngemil roti. Sekali-sekali saya masih makan. Saya aktif bergerak, saya olahraga 3-4 kali seminggu. Saya yoga, zumba, aerobic, kadang-kadang dansa,” katanya tersenyum.

Lanjut Haryani, kurang tidur dan bekerja serta beristirahat yang tidak seimbang bisa menyebabkan penuaan. “Olahraga itu sangat penting sekali. Banyak orang belum sadar bahwa olahraga itu banyak manfaatnya. Jadi selain membuat aliran darah kita lancar , olahrga membuat kita bugar, sehat dan mood kita happy,” tutup Dokter yang selalu tampil ceria ini. ((Kabari1009/foto&video:1006)