KabariNews – Veronica Tan  Adalah istri dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Veronica lahir 6 September 1977. Wanita cantik ini menikah dengan Ahok tanpa proses pacaran. Saat itu, Vero, sapaan akrabnya baru berusia 19 tahun.

Vero yang menyelesaikan pendidikan dari jurusan Arsitek, Universitas Pelita Harapan ini selama 20 tahun setia mendampingi Ahok.

Di setiap penampilannya, Vero selalu tampil dengan kesan tenang, minim ekspresi, bahkan terkesan dingin. Bahkan

dalam tiga kali debat Pilgub DKI Jakarta, ia hadir menyaksikan penampilan suaminya, ekspresi tenang Veronika selalu tertangkap kamera. Begitu kontras dengan ekspresi istri calon Gubernur lain seperti Annisa Pohan yang begitu ekspresif saat memberi semangat untuk suaminya Agus Yudhoyono.

Beberapa waktu lalu, Kabari menemui Veronica di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Ini merupakan posko pemenangan paslon Badja.

Suasana Rumah Lembang pagi itu sangat ramai. Para pendukung, simpatisan hingga relawan hadir di Rumah Lembang.

Terlihat di kerumunan orang, Veronika, istri Ahok serta Happy Farida, istri Djarot.

Bagi Vero yang juga merupakan ketua tim penggerak PKK DKI Jakarta, bahwa setiap provinsi harus memiliki kota layak anak. “Semua kota yang memiliki wadah layak anak harus memastikan sekelilingnya. Juga memiliki toilet yang bagus, punya library, anak-anak punya sertifikat lahir. Mereka sekolah, imunisasi dan segala macam di dalam 31 indikator khususnya untuk anak. Anak-anak itu asalkan diberikan wadah baik mereka akan sangat bisa berkembang, tinggal kita arahkan saja,” ujar Veronica.

Menurut ibu tiga anak ini, untuk mencapai kota layak anak harus diciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Tak hanya fokus pada persoalan anak, sebagai kaum hawa, Vero sangat peduli pada kaumnya. Karena itu, Vero memiliki harapan pada kaum perempuan. “Berharap agar kaum perempuan bisa sejahtera dan mandiri,” terang Vero. ( Kabari 1008)