KabariNews mendapat kesempatan langka untuk meng-interview secara khusus salah satu tokoh besar jurnalistik Indonesia, yaitu tak lain adalah Ibu Yuli Ismartono.

Ibu Yuli Ismartono ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia dengan prestasi beliau mewawancarai dan meliput berbagai tokoh dunia, seperti Aung San Suu Kyi, Pol Pot dan masalah regional di Cambodia, hingga menjadi pemimpin redaktur utama dari majalah TEMPO. Ibu Yuli kali ini mendapat kesempatan untuk memimpin suatu panel discussion atas undangan Columbia University untuk membahas masalah yang sangat populer dan berbahaya: perkembangan trend fake news, fake media, dan juga penyalahgunaan dunia jurnalistik (terutama di Southeast Asia, di Indonesia) dengan trend terbaru digital dalam menyebarkan berbagai berita – lebih ke arah opini – yang ada hubungannya dengan masalah ekonomi, politik di Indonesia.

Tentu saja, ada berbagai perbincangan mengapa kalangan muda jurnalistik di dunia bisa saja tergiur untuk mengikuti praktik jurnalistik semacam ini, karena imbalan dan pengaruh finansial yang lumayan besar sekali. Bisnis fake news, web traffic di dunia bisa mendatangkan uang sebesar $20,000 USD per bulan buat oknum-oknum yang pintar sekali mengakali sistem internet news dan web traffic.

Mari kita simak perbincangan ekstensif dengan Ibu Yuli Ismartono tentang berbagai hal seputar jurnalistik Indonesia (dan dunia). Beliau menekankan pentingnya beberapa hal: a) pendidikan digital literacy buat kalangan muda Indonesia (semakin muda semakin bagus), untuk mengetahui perbedaan antara sumber yang terpercaya ataupun yang palsu, b) pendidikan nalar dan logic yang lebih dalam untuk bisa mengetahui perbedaan antara fakta dan kejadian dengan opini atau analisis orang lain (yang tentunya selalu ada dan tidak ada salahnya memberikan opini), c) peraturan yang penting dan tegas dari pemerintah Indonesia untuk membuat hal fake news dan praktik jurnalistik semakin jelas, aman, dan bertanggungjawab. ( Aryo Wicaksono)

Selengkapnya, mari simak video KabariNews ini, dari New York City!