KabariNews – Tinggal di Amerika dengan status penduduk tetap, biasanya hanya dibolehkan jika Anda memiliki Green Card atau kartu hijau. Banyak yang mengeluh memang, untuk mendapatkan Green Card harus melewati serangkaian persyaratan rumit yang memakan banyak waktu dan biaya. Nah tidak ada salahnya coba program yang satu ini, dengan berinvestasi Anda bisa mengembangkan bisnis sekaligus bisa tinggal di Amerika. Program EB-5 memungkinkan Anda dan keluarga untuk bekerja, tinggal dan berbisnis di suatu negara yang Anda pilih. Visa investor imigran ini dirancang untuk pengusaha dan investor internasional yang bersedia menginvestasikan sejumlah uang untuk bisnis baru yang akan membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru di Amerika.

Program ini memungkinkan individu dan keluarga untuk mendapatkan Green Card dengan cara berinvestasi untuk bisnis. Cara ini tentunya lebih mudah dibandingkan mengajukan permohonan Green Card. Program Visa EB-5 merupakan program pemerintah AS yang saat ini masih berjalan dan banyak diminati.

Keuntungan Program Visa EB-5

  • EB-5 menawarkan kemudahan untuk mendapatkan Green Card
  • Anda bebas tinggal, bekerja, belajar, berinvestasi dan mendapatkan pensiun di Amerika
  • Anak-anak bisa belajar di sekolah-sekolah berkualitas dengan biaya yang sama dengan warga AS
  • Anda tidak harus mengelola bisnis dan pekerjaan, karena Negara Bagian Washington-lah yang akan melakukannya.
  • Anda dapat terus memiliki dan mengoperasikan bisnis Anda sendiri di negara Anda sendiri.

Berniat memperdalam dan terjun langsung ke dalamnya, simak yang berikut :

Access the USA adalah Pusat Regional EB-5 yang terbentuk pada 2009. Tujuannya yaitu dikhususkan bagi para investor Asia. Di AUSA, kebutuhan para investor menjadi bagian utama, yaitu fokus pada proyek-proyek di Negara Bagian Washington, dengan komitmen kuat untuk membiayai proyek-proyek infrasutruktur lokal guna meningkatkan ekonomi Washington dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Banyak pengetahuan lokal yang dimiliki AUSA, selain benar-benar memahami proyek-proyek dimana bisa berinvestasi di dalamnya, AUSA pun berkomitmen untuk memberikan kenyamanan bagi para investornya.

Berbeda dengan pusat regional lainnya yang merencanakan invetasi di bidang real estate, AUSA justru menawarkan dana obligasi municipal berkualitas tinggi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Keseluruhan program investasi EB-5 berbasis imigrasi yang dirancang untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur yang dilindungi oleh pemerintah yang menjamin disetujuinya Green Card.

Keuntungan yang ditawarkan AUSA

Kesempatan untuk mendapatkan Green Card. Jika I-526 Anda ditolak, semua uang invetasi dan biaya akan dikembalikan. Keamanan investasi melalui obligasi negara yang berkualitas tinggi dan dilindungi pemerintah. Sederhananya, keluasan yang mudah melalui pasar obligasi sekunder bisa cair dalam jangka waktu 5 tahun. Ada pakar gratis yang akan membantu Anda dan keluarga untuk memilih tempat tinggal.

Mengenal Program EB-5

Program Visa EB-5 diperkenalkan di tahun 1900-an sebagai satu jalan bagi para warga negara asing untuk mendapatkan status penduduk tetap (Green Card) dengan membayar $ 500.000. Di bawah program EB-5 investor yang perspektif dapat berinvestasi di Regional Centre yang tersertifikasi, untuk mengembangkan proyek yang didesain untuk mendukung pembangunan lokal dengan menyediakan New Money di kawasan. Agar dapat menjadi kualifikasi Visa EB-5, para invesrtor harus menciptakan paling sedikit 10 lapangan kerja baru di kawasan. Meskipun para investor tidak disyaratkan mampu berbahasa inggris, mereka harus merupakan investor terakreditasi dengan aset pribadi senilai lebih dari $ 1.000.000 tidak termasuk tempat tinggal.

Keputusan baru yang ditandatangani oleh Kongres AS tahun 2011 dirancang untuk meningkatkan, secara sementara jumlah aplikasi EB-5 yang diterima. Para investor harus bertindak cepat untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan sementara dari jumlah visa EB-5 yang tersedia.

Mengenai Proses Investasi

Agar proses Visa EB-5 dengan AUSA dapat dimulai, Anda harus melakukan Perjanjian Kemitraan Terbatas (Limited Partnership Agreement) dan Perjanjian Pendaftaran (Subscription Agreement) di dokumen penawaran (Offering Documents). Anda kemudian harus mengirim dokumen ini bersama-sama dengan Kontribusi Modal Anda dan Biaya Administrasi (Administrative Fee) (bersih dari biaya bank atau pengiriman) kepada Agen Jaminan (Escrow Agent) dan AUSA.

Begitu dikeluarkannya jaminan (escrow) kepada Kemitraan Terbatas untuk pembelian obligasi, Anda akan diakui sebagai Mitra Terbatas dari Kemitraan Terbatasa dan, kemudian proses aplikasi Green Card dimulai. Setelah investasi Anda dibuat dan obligasi telah dibeli, aplikasi I-526 dapat didaftarkan oleh pengacara imigrasi (Immigration Attorney) untuk mensahkan bahwa investasi Anda telah memenuhi status EB-5. Persetujuan petisi biasanya akan memakan waktu sekitar enam bulan : jika petisi I-526 Anda ditolak, semua investasi dan biaya sindikasi akan dikembalikan kepada Anda.

Begitu I-526 telah disetujui, Anda akan dapat mengajukan aplikasi Green Card. Saat investor tinggal di AS, tidak ada wawancara yang diperlukan dan persetujuan biasanya akan diberikan selama satu tahun. Total waktu yang diperuntukan dari investasi ke Green Card biasanya 1 ½ tahun berdasarkan estimasi perjanjian. Dengan proses invetasi AUSA, investasi Anda akan dikembalikan dalam jangka waktu lima tahun dengan menjual obligasi municipal ke pasar sekunder.