Beberapa faktor yang dapat menjadi penghalang dan berkurangnya sistem kekebalan tubuh diantaranya seperti stres, sulit tidur, merokok, kebiasaan makan, kurang olah raga dan kondisi medis lainnya. Kondisi ini dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa.
Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan enak, ada beberapa makanan yang juga diketahui dapat menjadi penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh. Dan makanan yang yang harus anda hindari seperti dikutip dari Livestrong tersebut di anataranya adalah :
1. Daging Merah

Makanan ini adalah sumber utama dari lemak jenuh, yang jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan resiko kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit lain yang berkaitan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh.
Pakar dari klinik Cleveland menyarankan orang untuk mengurangi atau menghindari sumber dari lemak jenuh seperti (hotdog, sosis, daging babi asap, iga dan daging merah).
2. Mentega dan Margarin

Margarin yang mengandung lemak tak jenuh diketahui juga bisa merusak kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh Anda. Direktur dari Yale Prevention Research Center di Connecticut AS mengatakan, lemak tak jenuh berkontribusi menyebabkan inflamasi. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh tak dapat menghasilkan perlindungan yang tepat dan baik untuk tubuh. Karena alasan itu, gantilah mentega dan margarin dengan minyak sayur seperti zaitun dan kanola untuk perkuat sistem kekebalan tubuh Anda.
3. Produk Susu Tinggi Lemak
Produk susu olahan yang mengandung kadar lemak tinggi merupakan sumber tambahan dari lemak jenuh. Klinik Cleveland menyarankan agar kita memilih susu, Youghurt, keju atau makanan lain yang kadar lemaknya rendah dalam rangka untuk menghasilkan manfaat bagi kekebalan tubuh itu sendiri.
4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Mengkonsumsi gula secara berlebihan hingga 8 sendok makan per hari dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan kuman hingga 40 persen. Dampak ini dapat langsung dirasakan 30 menit sejak dikonsumsi hingga lima jam kedepan. Asupan gula bisa datang dari makanan seperti permen, sereal penuh warna, sirup, selai, jely, kue dan biskuit.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37061

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini.

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :