pemilu 2014

Serentak dilakukan di seluruh wilayah Amerika Serikat , warga negara Indonesia di negara tersebut sudah mencoblos untuk pemilihan umum legislatif pada Sabtu (5/4/2014). Joutje Kaunang, WNI yang sudah  tinggal selama 28 tahun  di Amerika Serikat yang kebetulan ikut berpartisipasi dalam pencoblosan pemilu legislatif di sana mengatakan kepada Kabarinews.com, suasana berlangsung tertib dan lancar, seperti yang dilihatnya di salah satu TPS (Tempat Pemilihan Suara) yang bertempat di KJRI New York, 5 East 68th Street, New York.

Joutje Kaunang mengatakan WNI disana  yang memilih  ada yang  datang langsung ke KJRI, ada pula yang melalui via Post.  Proses pemilihan suaranya sendiri dilakukan dari  pagi  hingga jam 10 malam waktu New York. “untuk di New York-nya ini baru kali pertama kali saya mencoblos, walau saya juga pernah jadi PPLN (Panitia Pemilu Luar Negeri), tetapi itu 15 tahun yang lalu” kata dia

Hanya saja menurut pantauannya, para pemilih yang datang langsung ke KJRI New York  menurutnya tidak serempak. Joutje mengatakan mungkin karena para pemilihnya sedang bekerja jadi tidak serempak datangnya. Namun pihak PPLN bersedia untuk menunggu hingga jam 10 malam, setelah itu TPS pun ditutup,” tutur dia.

Di Amerika Serikat sendiri terdapat 6 TPS yang posisinya berada di kantor perwakilan RI yang berada di Amerika. Pemilu legislatif untuk warga Indonesia di Amerika memang diselenggarakan empat hari lebih dulu dibandingkan dengan di Indonesia. Selanjutnya penghitungan suara akan dilakukan pada Rabu (9/4), bersamaan dengan surat suara yang disampaikan melalui pos. Penghitungan suara hasil pemilu melalui pos – termasuk suara keseluruhan dari TPS-TPS – diharapkan selesai pada 15 April. (1009)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62823

Untuk melihat artikel Amerika / Exclusive lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :