KabariNews – Memang untuk tampil penuh dengan rasa percaya diri tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang Anda merasa kurang yakin sehingga penampilan Anda terkesan canggung dan serba ragu. Mungkin Anda merasa takut ditolak, takut salah atau takut dianggap lancang. Untuk itu sebaiknya Anda kenali keresahan yang mengikis rasa percaya diri anda lalu belajar mengatasinya.

Start awal

Mulailah untuk membagi pengetahuan Anda dari ide-ide, waktu serta bakat maka Anda akan tampak percaya diri. Bila Anda bersikap hangat dan kooperatif maka akan lebih dihargai atau dihormati di mana pun Anda berada. Cobalah untuk lebih terbuka karena dapat menciptakan kesetiaan yang membuat diri Anda merasa lebih berharga.

Baiknya minta tolong

Bagi kaum perempuan cenderung sering melakukan terlalu banyak pekerjaan sehingga tidak bisa melakukan apa pun dengan cara yang sebaik-baiknya. Meminta tolong bukan merupakan bukti bahwa Anda lemah, tapi justru bisa membuat Anda lebih efisien.

Kesenangan semangat

Mendelegasikan tanggungjawab di tempat kerja pada dasarnya dapat meningkatkan kinerja yang akhirnya menimbulkan rasa senang dengan diri serta kemampuan Anda. Melakukan suatu pekerjaan dengan lebih baik jika dapat konsentrasi pada hal-hal yang benar Anda sukai.

Wawasan itu perlu!!

Tingkatkan wawasan seluas mungkin sehingga Anda bisa mengungkapkan pandangan Anda dengan lebih jelas dan yakin. Pelajarilah bidang yang Anda sukai juga bisa mendorong untuk membentuk opini ketimbang hanya menegaskan fakta yang sudah ada atau sekedar mengomentari hasil observasi orang lain. Bekali diri Anda dengan berbagai informasi, sehingga bisa memasuki ruang rapat direksi atau rapat dengan klien dengan penuh percaya diri karena tahu Anda bisa melontarkan ide-ide atau pembicaraan cerdas dengan siapa pun yang Anda temui.

Open minded

Cobalah untuk open minded terhadap berbagai kritikan baik itu yang positif maupun negatif karena merupakan cara terbaik untuk mempelajari diri sendiri serta membuat kemajuan. Jangan menerima kritikan sebagai serangan terhadap pribadi, tetapi gunakan sebagai informasi yang ada untuk menjadi lebih baik di bidang dimana Anda mendapat kritikan baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan personal Anda.

Percaya diri untuk mencapai maksimal

Setiap prestasi sekecil apa pun akan membuat Anda merasa diri anda berharga. Menerima tantangan baru merupakan bagian dari cara manusia mengembangkan ketrampilannya. Jika Anda menemukan diri Anda menolak tugas atau aktivitas yang berat karena takut gagal, selalu ingatkan diri sendiri bahwa Anda tidak harus menjadi yang terbaik. Tapi selalu berusaha dengan sebaik-baiknya dan Anda akan kaget menemukan banyak bakat yang sebelumnya Anda tidak tahu Anda memilikinya. Latihlah diri dengan mengolah ketrampilan Anda dengan memulai langkah kecil sehingga tidak tampak terlalu menakutkan.

Confidence

  • Tingkatkan kemampuan Anda dengan melakukan sesuatu yang bisa dikuasai dan membuat Anda merasa lebih berwenang. Hal ini merupakan cara paling efektif untuk menguatkan rasa harga diri dan mengekspos bakat Anda.
  • Tanggapan positif yang Anda dapatkan akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Persiapkan diri untuk lebih baik untuk menghadapi sesuatu yang tidak biasa Anda alami.
  • Coba atur kegiatan ini dengan teratur untuk menjaga agar rasa percaya diri Anda tetap tinggi. (foto : www.inmagine.com)